Selamat datang di choliknf1998.blogspot.com, blog ini pindahan dari choeliknf75.blogspot.com

Jumat, 16 November 2012

5 Alasan Kenapa Jagoan Selalu Kalah Sebelum Menang

5 Alasan Kenapa Jagoan Selalu Kalah Sebelum Menang | Choliknf1998.blogspot.com
Ilustrasi jagoan.
Berikut ini adalah 5 alasan kenapa jagoan selalu kalah sebelum menang, Selamat menyimak:

1. Menunjukkan Kalau Musuhnya Gak Sembarangan
Menurut kamu Star Wars bakal sekeren itu kalau Darth Vader ternyata cemen dan langsung mati sekali habeg? Ya nggak lah. Semakin hebat musuhnya, maka semakin besar kans untuk terjadinya pertarungan maha epik yang serunya tujuh turunan di akhir cerita. Ini tentunya bakal bikin kamu lebih betah nonton.

2. Memberi Kesempatan Transformasi Karakter
Jadi ceritanya si karakter jagoan ini adalah manusia biasa-biasa aja yang gak punya kelebihan apa-apa. Kemudian dia dihadang penjahat, dan... kalah mengenaskan. Nah, ini memberikan kesempatan bagi si karakter tokoh utama tersebut untuk bertansformasi jadi jagoan beneran. Apakah dengan cara belajar samurai dengan Hattori Hanzo, disengat laba-laba antah berantah, kesamber petir di laboratorium yang benuh dengan zat-zat kimia misterius, atau mendadak mendapat wahyu yang membuat kamu merasa jadi utusan semesta.

3. Underdog Biasanya Lebih Disenangi
Kenapa? Karena ini fantasi semua orang banget. Kamu yang sehari-harinya loser, tiba-tiba bisa jadi jagoan yang keren banget, mengalahkan penjahat, dan disukai banyak cewek. Menyentuh hati dan sanubari penonton yang adalah orang kebanyakan. Kalau dari awal jagoannya udah ekslusif gitu, apa-apa hebat, rasanya kurang greget. Kurang bisa di-relate, begitu.

4. Supaya Lebih Dramatis
Ini perlu, dong. Untuk memainkan emosi penonton emang harus ada adegan sang tokoh utama ditimpa kemalangan terlebih dahulu. Semakin babak belur wajahnya, maka penonton pun akan semakin berempati. Apalagi kalau ditambah dengan rumahnya dibakar, binatang kesayangannya disembelih, dan gadis pujaan hatinya disiksa sampai amnesia. Wuih! Makin besar semangat sang jagoan kita untuk mengalahkan sang penjahat.

5. Pesan Moral
Jagoan juga harus kalah dulu supaya ceritanya ada pesan moralnya. Ini supaya kamu-kamu yang di rumah, yang selama ini selalu kalah dalam apa pun, bisa nonton filmnya dan bilang... OMG, mungkin masih ada harapan bagiku untuk menjadi orang hebat! Berakit-rakit dahulu berenang-renang ke tepian, mamen. Bersakit-sakit dahulu, memenangkan pertarungan kemudian! *tepuk tangan buat jagoan.

Sumber

Kamis, 15 November 2012

Ini Dia Hewan Berkaki Terbanyak di Dunia

Ini Dia Hewan Berkaki Terbanyak di Dunia | Choliknf1998.blogspot.com
Illacme plenipes, hewan berkaki terbanyak di dunia.
Nama kaki seribu mungkin layak disandang hewan bernama Latin, Illacme plenipes, ini. Hewan ini pertama kali ditemukan pada tahun 1928 memiliki kaki mencapai 750 buah.

Meski memiliki ratusan kaki, panjang makhluk ini hanya sekitar 3 centimeter. Hewan ini baru ditemukan lagi oleh entomolog dari Universitas Arizona, Amerika Serikat, Paul Marek, di dekat Silicon Valley, baru-baru ini.

Marek dan koleganya kemudian mempublikasikan temuan ini dalam jurnal ZooKeys, Rabu 14 November 2012. Marek mengupas tuntas deskripsi makhluk ini, termasuk anatomi anehnya.

Umumnya, kata Marek, spesies kaki seribu hanya memiliki antara 80-100 kaki terpisah. Namun, Illacme plenipes ini benar-benar paling mendekati nama julukannya. Betinanya bisa memiliki kaki mencapai 750 buah, sementara yang jantan lebih dari 550. Bukan hanya, dia juga memiliki sutra yang bisa menutupi badannya sehingga mirip seperti pakaian.

Mareka mencari makhluk aneh ini dengan membongkar bebatuan di kawasan sekitar San Fransisco, Amerika Serikat, antara 2005 sampai 2007 lalu. Ada 17 spesimen yang dikumpulkannya.

Karena hidup jauh di bawah tanah, kaki-kakinya ada yang berevolusi memiliki cakar. Cakar ini diduga sebagai alat untuk bisa bergantung di bebatuan.

Artropoda ini juga memiliki antena yang masif jika dibandingkan dengan ukuran tubuhnya. Mulutnya juga memiliki kemampuan melubangi dan menghisap jaringan tanaman.

Sumber : VIVAnews

7 Manfaat Mengejutkan dari Buah Apel

7 Manfaat Mengejutkan dari Buah Apel | Choliknf1998.blogspot.com
Apel, buah yang familiar dan mudah ditemukan di sekitar kita ternyata memiliki banyak manfaat mengejutkan bagi kesehatan. Mau tahu apa saja? Ini dia, seperti dilansir oleh Third Age (12/11/2012).


1. Sistem pencernaan
Serat pada buah apel mampu mencegah penyakit yang berkaitan dengan sistem pencernaan, seperti konstipasi atau diare. Hal ini karena serat dalam apel membantu menyerap air dalam usus dan membuat sistem pencernaan lancar.
2. Kesehatan gigi
Menggigit dan mengunyah apel mampu merangsang produksi air liur dalam mulut. Hal ini akan mengurangi kemungkinan gigi keropos dan menurunkan tingkat bakteri dalam mulut.
3. Sistem kekebalan tubuh
Apel merah mengandung antioksidan yang disebut quercetin. Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa quercetin mampu meningkatkan kekebalan tubuh, terutama ketika Anda sedang depresi.
4. Katarak
Penelitian jangka panjang menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi diet buah kaya antioksidan seperti apel memiliki risiko terkena katarak 10 - 15 persen lebih sedikit.
5. Risiko Alzheimer
Sebuah penelitian pada tikus menunjukkan bahwa mengonsumsi jus apel mampu mencegah penuaan otak. Tikus dalam penelitian yang mengonsumsi apel menunjukkan hasil tes yang lebih baik dalam hal kemampuan kognitif.
6. Kanker
Peneliti di Cornell University telah mengidentifikasi beberapa senyawa bernama triterpenoids yang terdapat pada kulit apel. Senyawa ini diketahui mampu menghambat pertumbuhan sel kanker lever, usus besar, dan payudara. Penelitian sebelumnya menemukan bahwa ekstrak buah apel mampu menurunkan jumlah dan ukuran tumor pada tikus. Apel yang tinggi serat juga diketahui mampu menurunkan risiko kanker usus besar.
7. Diabetes
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa anita yang mengonsumsi setidaknya satu apel sehari memiliki kemungkinan 28 persen lebih sedikit untuk terkena diabetes tipe-2 dibandingkan wanita yang tidak mengonsumsi apel. Hal ini dikarenakan oleh serat pada apel yang bisa mengontrol tingkat gula darah.
Itulah beberapa manfaat mengejutkan apel bagi kesehatan. Apel adalah buah yang mudah didapatkan dan terjangkau. Jadi, tak ada salahnya mulai membiasakan diri mengonsumsi buah ini setiap hari.
Sumber : Merdeka.com

4 Fakta Ilmiah Tentang Tidur

4 Fakta Ilmiah Tentang Tidur | Choliknf1998.blogspot.com
Tidur adalah cara terbaik untuk memulihkan energi tubuh. Namun, sebagian orang kerap mengalami gangguan tidur, terutama insomnia. Efeknya, mereka akan mengalami kesulitan tidur dan bangun lebih dini. Untuk meningkatkan kualitas tidur Anda, maka kenali empat fakta ilmiah tentang tidur versi Live Science.

1. Kurang tidur hanyalah mitos
National Sleep Foundation pernah meneliti apakah benar manusia mengalami kurang tidur. Faktanya, studi itu menemukan bahwa tidak ada perubahan waktu tidur, jika dibandingkan data 40 tahun lalu.

2. Seiring dengan bertambahnya usia, kita perlu mengurangi waktu tidur
Tahun lalu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bahwa pekerjaan shift malam dapat menyebabkan masalah tidur. Sebaliknya, penelitian terbaru menunjukkan bahwa seiring dengan bertambahnya usia, manusia perlu mengurangi waktu tidur.

3. Tipe tidur
Ada beberapa tipe tidur yang harus Anda kenali, seperti tidur polyphasic, monophasic dan biphasic. Tidur polyphasic mengacu pada praktek tidur yang dilakukan lebih dari dua kali dalam sehari, sedangkan biphasic dilakukan sebanyak dua kali (siang dan malam). Terakhir, tidur monophasic dilakukan sekali dalam 24 jam, terutama saat malam.

4. Pergi tidur saat lelah
Ketika Anda merasa lelah, lekaslah pergi tidur. Itulah cara terbaik untuk memulihkan tubuh dari kelelahan. Ikuti pedoman tidur sehat di bawah ini!
  • Pergi tidur di waktu yang sama setiap malam.
  • Sisihkan cukup waktu untuk tidur minimal 7 malam setiap malam.
  • Menghindari kafein, makanan berat atau pedas, dan alkohol. Minimal empat sampai enam jam sebelum waktu tidur.
  • Memiliki kegiatan rutin yang dilakukan sebelum tidur.
  • Matikan lampu atau suara yang bisa menganggu ketika tidur.
  • Olahraga rutin setiap hari. Tetapi, jangan lakukan itu sebelum tidur.
Masalah tidur bukan hal sepele yang bisa Anda abaikan. Kurang tidur bisa menyebabkan berbagai risiko kesehatan, terutama penyakit jantung. Hindari kebiasaan begadang di malam hari!.

Selasa, 13 November 2012

8 Kota yang Penduduknya Wanita-wanita Cantik

8 Kota yang Penduduknya Wanita-wanita Cantik | Choliknf1998.blogspot.com
Saat traveling ke sebuah kota, Anda akan bertemu penduduk setempat yang cantik dan tampan. Di 8 kota ini, para traveler akan menemukan wanita-wanita yang katanya paling cantik sedunia. Kota apa saja ya?

Jangankan pria, traveler wanita seringkali terperangah melihat wanita lain yang rupawan. Eits, bukannya apa-apa, ciri khas seperti inilah yang menambah pengalaman Anda saat traveling. Tiap kota punya karakteristik penduduk masing-masing. Dari warna kulit, bentuk mata, sampai perilaku dominan.

Dari situs Travelers Today yang dikutip DetikTravel, Kamis (8/11/2012), ada 8 kota yang punya penduduk wanita paling cantik di dunia. Berteman dengan mereka, tentu saja bisa!

1. Kiev, Ukraina
Wanita-wanita Ukraina punya ciri-ciri fisik dan perilaku yang bisa bikin iri para traveler wanita. Mereka tinggi, langsing, berkulit putih, berambut pirang, dan bermata biru. Tak hanya cantik, para wanita di Kiev juga pintar. Mereka sangat ramah kepada wisatawan.

Saat musim panas, para wanita ini biasa berjemur di pesisir Laut Hitam. Mereka mengenakan bikini dan berjemur di pinggiran pantainya. Bergabung dengan mereka, boleh juga!

2. Stockholm, Swedia
Sebagai ibukota Swedia, Kota Stockholm dibanjiri wanita cantik ala Skandinavia. Mereka tinggi, cenderung kurus, berkulit putih dan sangat ramah. Para wanita Swedia juga terkenal pintar. Pokoknya saat berkunjung ke Stockholm, wanita-wanita ini akan mencuri perhatian Anda. Mereka juga senantiasa membantu saat wisatawan kebingungan arah.

3. New York, AS
New York adalah 'melting pot'. Suku bangsa dari berbagai belahan dunia berbaur di Kota Liberty ini. Tak heran populasinya juga sangat banyak. Tapi ada satu ciri khas yang melekat pada Kota New York: wanita-wanita cantiknya.

Selain cantik, wanita-wanita di New York juga stylish. Ke manapun mereka pergi, gayanya hampir selalu bak model. Anda bisa menemui mereka di Brooklyn atau Meatpacking District. Semoga dampak topan Sandy cepat rampung dan New York kembali normal ya.

4. Buenos Aires, Argentina
Situs Travelers Today mendeskripsikan Buenos Aires sebagai kota dengan wanita tercantik di Amerika Selatan. Bayangkan saja, para wanita Buenos Aires mengalahkan wanita-wanita asal Brazil, Venezuela, dan Colombia.

Tubuh mereka tinggi, berkulit gelap, dan punya selera fesyen yang tinggi. Datanglah ke Buenos Aires dan temukanlah wanita cantik untuk mengajari Anda berdansa Tango!

5. Moskow, Rusia
Wanita-wanita di Moskow hampir mirip dengan wanita di Kiev. Mereka berkulit putih bersih, tinggi, langsing, dan punya rahang kotak yang membuat wajah mereka tampak 'ningrat'. Rambut mereka pirang dan cokelat, mata mereka biru!

Perbandingan antara wanita dan pria di Moskow adalah 4:1. Bayangkan Anda berjalan-jalan di kota, dikelilingi para 'dewi' yang seperti baru turun dari khayangan! Tapi hati-hati, para wanita Moskow bisa sangat intimidatif. Namun bagi traveler wanita, mereka bisa ramah dan bisa jadi teman yang baik.

6. Tel Aviv, Israel
Tel Aviv adalah kota yang dibanjiri pria tampan dan wanita cantik. Para wanitanya berkulit cokelat, dengan mata indah yang jenaka. Bisa dibilang, Tel Aviv adalah kotanya anak muda. Kehidupan malam di sini berlangsung hingar bingar. Anak-anak muda menari di pinggir pantai, serta memenuhi klub-klub malam.

Mereka yang usianya di atas 18 tahun biasanya masuk tentara. Wanita Israel adalah wanita yang kuat dan pintar!

7. Amsterdam, Belanda
Orang Belanda terkenal dengan pemikiran yang terbuka dan selera humor yang tinggi. Sama seperti Tel Aviv, kota ini juga punya banyak 'stok' pria tampan dan wanita cantik! Cobalah susuri kanal-kanal di Amsterdam untuk mencari para wanita cantik ini. Ssst, mereka biasanya lebih tinggi 12-17 cm dari para pria lho!

8. Montreal, Kanada
Montreal di Kanada terkenal sebagai kota multikultural. Kota ini punya banyak universitas dengan mahasiswa asal berbagai negara. Tak hanya itu, mereka juga sering menggelar beragam pertunjukan di pusat budaya setempat.

Dari musik sampai teater, berbagai pertunjukan ini digelar sepanjang tahun. Jelajahilah kotanya, jangan lupa sempatkan menonton pentas budaya dan musik karya warga Montreal. Temukan wanita-wanita cantik untuk mengajari Anda bicara bahasa Prancis dengan logat seksi mereka!.

Sumber : DetikTravel

5 Mitos Cinta Paling Populer

5 Mitos Cinta Paling Populer | Choliknf1998.blogspot.com 
Mitos cinta kadang-kadang terlihat konyol dan tak masuk akal. Anehnya, masih ada saja yang percaya dengan mitos tersebut. Mengapa kita harus mempercayainya? Anda adalah orang yang bertanggung jawab atas kehidupan cinta Anda. Bukan orang lain. Berikut adalah lima mitos cinta terpopuler versi Allwomenstalk.

1. Kita hanya memiliki satu kesempatan untuk mencintai seseorang
Semua orang berhak mendapatkan kesempatan untuk mencintai seseorang. Kita tentu pernah merasakan sakit ketika diselingkuhi pasangan. Namun, akankah kita menyerah dan berhenti mencintai yang lain?

2. Sepasang kekasih tidak pernah bertengkar
Mencintai seseorang bukan berarti kita tidak akan pernah berselisih paham dengannya. Suatu hari, Anda pasti tidak sependapat dengan pemikirannya dan berdebat mengenai itu. Mungkinkah sepasang kekasih tidak pernah bertengkar sama sekali?

3. Cemburu adalah nama lain dari cinta
Cemburu mungkin bisa berarti cinta atau sebaliknya. Sikap posesif tidak dapat diartikan sebagai cinta, melainkan ego. Sebagian orang terkadang tidak bisa membedakan antara obsesi dan cinta.

4. Mengatakan "Aku cinta kamu" sesering mungkin
Anda mungkin akan terkejut jika tahu berapa banyak orang yang percaya mitos tersebut. Rasa cinta tidak harus selalu disampaikan dengan kata-kata. Namun pada kenyataannya, masih banyak orang percaya bahwa itu harus selalu dikatakan secara lisan. 

5. Cinta itu gairah dan tindakan
Cinta itu misteri yang tidak akan pernah terpecahkan. Tidak ada yang tahu dari mana cinta tumbuh dan layu. Cinta bukan hanya romantisme belaka, tetapi juga pengabdian, rasa hormat, dan kepedulian.

Percayakah Anda dengan kelima mitos cinta di atas? Ataukah Anda pernah merasakan satu di antaranya?.

Sumber : Merdeka.com

Senin, 12 November 2012

Arti Pemindahan Tali Toga Ketika Wisuda

Arti Pemindahan Tali Toga Ketika Wisuda | Choliknf1998.blogspot.com
Toga wisuda. (Sbx-osu.com).
Pemindahan tali toga saat wisuda. Ketika wisuda setiap mahasiswa pasti memakai toga. Tetapi anda semua pada tau gak mengapa pada saat wisuda itu tali toga disampirkan di kepala sebelah kiri, lalu kemudian oleh rektor dipindah ke bagian kanan.

Toga merupakan simbol yang menyatakan bahwa mahasiswa telah lulus dan siap untuk terjun ke masyarakat. Tali toga yang awalnya disampirkan di kepala sebelah kiri lalu kemudian oleh rektor dipindah ke bagian kanan.

Tali toga di sebelah kiri maksudnya adalah selama menjadi mahasiswa, bagian otak yang dipakai mahasiswa kebanyakan adalah otak kiri. Dimana otak kiri itu hanya berhubungan dengan bahasa atau hafalan. Nah, dipindahkannya tali toga dari kiri ke kanan itu dimaksudkan agar setelah lulus para sarjana tidak hanya menggunakan otak kiri, tetapi harus lebih banyak menggunakan otak kanan. Dimana otak kanan ini berhubungan dengan daya imajinasi, kreativitas, dan inovasi seseorang. Hal ini berhubungan dengan jenis pekerjaan yang harus dipilih para lulusan.

Diharapkan setelah lulus, mereka tidak hanya menggunakan otak kiri yang "hanya mengandalkan bekerja pada orang lain" namun "harus mampu berpikir kreatif, imajinatif dan inovatif" yang menggunakan otak kanan dalam menciptakan pekerjaan bagi diri mereka sendiri. Jadi,ini dimaksudkan agar para lulusan dapat berwirausaha secara baik.

Dengan demikian, marilah kita para sarjana berusaha membangun sistem wirausaha yang kuat untuk menguatkan struktur perekonomian bangsa agar lebih merata, serta mengurangi pengangguran yang merajalela di negeri kita tercinta ini.

10 Kebiasaan yang Dapat Merusak Sistem Imun

10 Kebiasaan yang Merusak Sistem Imun | Choliknf1998.blogspot.com
Ada banyak kebiasaan buruk yang tidak Anda sadari dan merusak sistem imun. Hal itu pun membuat Anda mudah terserang penyakit. Seperti apa tepatnya kebiasaan yang mampu merusak sistem kekebalan tubuh? Simak selengkapnya seperti yang dilansir dari Prevention berikut ini.
Tidak bersosialisasi
Kesibukan sering membuat Anda jarang berkumpul dengan teman. Padahal menikmati waktu libur sejenak dan menemui sahabat bisa membuat Anda merasa lebih baik. Jangan malah menghindari sosialisasi karena alasan sibuk karena kebiasaan itu bisa merusak sistem imun Anda.
Suka begadang
Jam berapa jadwal tidur Anda di malam hari? Sebaiknya jangan begadang dan penuhi kebutuhan tidur 7-9 jam per hari. Sebab suka begadang dan kurang tidur berpengaruh buruk bagi sistem kekebalan tubuh.
Mudah putus asa
Perilaku memang cukup susah diubah, terutama jika Anda adalah tipe orang yang mudah putus asa. Namun Anda harus berusaha untuk selalu berpikiran positif. Sebab apa yang ada dalam otak Anda cukup mempengaruhi sistem kekebalan tubuh.
Membiarkan masalah
Jika Anda bertengkar dengan pasangan atau teman, segera selesaikan masalah itu. Sebab membiarkan masalah berlarut-larut hanya akan membebani pikiran dan pada akhirnya merusak sistem imun secara perlahan.
Stres
Inilah salah satu pemicu utama perusak sistem kekebalan tubuh. Untuk menghindarinya, sebisa mungkin tenangkan diri sendiri ketika gejala stres sudah mulai muncul.
Meminjam barang
Lebih baik Anda memakai ponsel, pensil, dan segala barang yang sering Anda gunakan yang Anda miliki. Jangan membiasakan diri meminjam barang. Pasalnya barang tersebut adalah salah satu sarang kuman penyakit yang menganggu sistem imun Anda.
Malas berolahraga
Tidak masalah sebenarnya jika Anda tidak berolahraga. Tetapi setidaknya Anda harus aktif bergerak setiap hari. Jangan tergantung pada kendaraan bermotor saat pergi ke tempat terdekat. Lebih baik berjalan kaki demi memperkuat sistem kekebalan tubuh.
Perokok pasif
Anda mungkin tidak merokok, tetapi coba lihat sekeliling Anda. Apakah teman-teman Anda merokok? Jika iya, Anda patut waspada. Sebab menjadi perokok pasif pun mampu merusak sistem imun dalam tubuh.
Tergantung antibiotik
Antibiotik hanya berfungsi jika Anda mengalami infeksi bakteri. Pemakaiannya pun tidak boleh berlebihan. Jadi jangan sembarangan tergantung pada antibiotik atau efeknya bisa sangat buruk terhadap sistem imun.
Jarang tertawa
Apakah Anda orang yang terlalu serius dan jarang tertawa? Jika iya, berita buruk bagi Anda. Sebab jarang tertawa juga berperan dalam mempercepat kerusakan sistem imun.
Itulah kebiasaan yang merusak sistem kekebalan tubuh. Jangan sampai Anda melakukannya jika tetap ingin hidup sehat dan terhindar dari penyakit.
Sumber : Merdeka.com

7 Fakta Tentang Bintang yang Mungkin Belum Anda Ketahui

7 Fakta Tentang Bintang yang Mungkin Belum Anda Ketahui | Choliknf1998.blogspot.com
Sun, Salah satu bintang yang terdekat dengan bumi,
 sumber: Wikipedia

Langit merupakan hal yang paling menarik untuk diamati. Banyak inspirasi yang muncul dari pengamatan langit, dan manusia tidak perbah kehabisan ide untuk melakukan eksplorasi langit, setiap hari selalu saja ditemukan pengetahuan baru. Tidak akan ada habisnya ilmu pengetahuan tentang langit, mungkin selama kehidupan manusia di bumi, kita akan selalu mencari rahasia-rahasia langit yang belum terungkap.

Tentang rahasia langit dan benda-benda yang terkandung di dalamnya, ada benda langit yang paling sering diamati manusia yaitu bintang. Di semesta ini terdapat bermilyar bintang yang seperti matahari kita. Namun ukuran dan sifat-sifatnya banyak yang memiliki perbedaan dan ciri-ciri khusus. Setelah mengumpulkan dari berbagai sumber, kali ini saya punya beberapa fakta menarik tentang Bintang yang akan saya coba uraikan disini.

Fakta-fakta tersebut adalah:

1. Sebenarnya hanya sedikit sekali jumlah bintang yang dapat kita lihat dengan mata telanjang, selebihnya tidak dapat kita lihat karena jaraknya jauh dan tidak cukup cerah. Dari seluruh bintang yang terlihat ternyata berukuran lebih besar dan lebih terang dari matahari. Lebih dari 5.000 bintang memiliki cahaya yang lebih terang yaitu skala lebih dari magnitudo 6, hanya segelintir bintang yang sangat samar memiliki  ukuran yang sama dengan kecerahan matahari, sisanya semua lebih besar dan lebih cerah. Hanya 50 bintang yang paling terang yang terlihat oleh mata manusia dari Bumi, dan bintang yang paling cerah adalah bintang Alpha Centauri, 1,5 kali lebih cemerlang dari Matahari kita.

2. Bila ada yang mengatakan pada Anda bahwa ia telah menghitung jutaan bintang hanya melihat dengan mata telanjang, segeralah tinggalkan dia, karena apa yang dikatakannya itu suatu kebohongan. Faktanya, Anda tidak mungkin dapat melihat jutaan bintang di malam yang gelap sempurna sekalipun. Anda tidak dapat melihat satu juta bintang di permukaan mana saja di bumi. Pada malam yang benar-benar luar biasa cerah tanpa awan, tanpa bulan dan tanpa cahaya pengganggu sama sekali, seseorang dengan penglihatan yang sangat baik, mungkin hanya dapat melihat 2000-2500 bintang pada satu waktu.

3. Mitos warna merah dari sebuah api adalah warna area yang paling panas, ternyata salah. Warna merah merupakan suhu terendah di mana benda dipanaskan dapat bersinar dalam cahaya tampak. Bila panas terus ditingkatkan perubahan warna menjadi putih dan akhirnya menjadi biru. Jadi bintang merah yang Anda lihat di langit yang terkesan "keren" adalah bintang yang paling tidak panas, bintang-bintang biru adalah bintang yang terpanas.

4. Pada dasarnya semua bintang adalah benda hitam. Secara fisika, sebuah benda hitam adalah obyek yang menyerap 100 persen dari semua radiasi elektromagnetik (cahaya, gelombang radio dan sebagainya). Seperti sebuah oven bata dengan interior yang dicat hitam dan hanya memiliki sebuah jendela kecil. Semua cahaya yang bersinar melalui jendela diserap oleh interior oven dan tidak tercermin di luar oven. Ini adalah penyerap sempurna. Definisi ini sesuai dengan kondisi bintang yang sempurna memiliki sebuah peredam bintang yang sangat baik. Namun, jumlah energi yang diserap oleh bintang tidak sebanding dengan jumlah energi yang dipancarkan. Artinya, bintang adalah sebuah benda hitam yang bersinar dengan kecemerlangan yang besar. Dalam perbandingan terbalik terjadi pada Black hole sun, jumlah energi yang diserap adalah lebih besar, hal tersebut karena bobot bintang sangat masif.

5. Tidak ada bintang hijau, meskipun ada klaim dari pengamat bintang yang tampak hijau, termasuk Beta Librae (Zuben Eschamali). Sebagian besar pengamat tidak lah melihat hijau kecuali sebagai efek optik teleskop. Secara fisika ini dapat dijelaskan dengan teori spektrum yang melalui optik. Faktanya bahwa, bintang memiliki warna umum, dari suhu rendah ke suhu yang lebih tinggi, yaitu merah, oranye, kuning, putih dan biru. Jadi tidak ada bintang hijau.

6. Matahari adalah bintang "kerdil". Bagi kita yang terbiasa berpikir Matahari sebagai bintang "normal", mulailah berubah. Namun kabar baiknya adalah, bahwa matahari kita masih berusia muda. Secara umum ukuran bintang berdasarkan usia dimulai dari "kerdil," "raksasa" dan "super-raksasa" (supergiants). Tahapan selanjutnya adalah meluruh, supernova dan bintang mati. Jadi secara teknis, Matahari adalah bintang kerdil, yang terus mengembang.

7. Lubang hitam tidak "menghisap"? Banyak orang sering menggambarkan lubang hitam sebagai sebuah lubang yang menghisap dan memakan segala hal berada di sekitarnya. Dan itu merupakan kekhawatiran umum bagi manusia, menganggap Lubang hitam sebagai ancaman bagi keberadaan bumi nantinya bila berada terlalu dekat dengannya. Namun faktanya, untuk sejumlah alasan, lubang hitam pada umumnya tidak "mengisap." Ini bukan hanya perbedaan definisi, seperti dalam cara kerja sebuah penyedot debu, tidak sama dengan bagaimana lubang hitam menarik materi. Dalam penyedot debu, kipas menghasilkan vakum sehingga tekanan udara luar menjadi lebih besar, mendorong udara ke dalamnya, membawa bersama kotoran longgar dan debu. Dalam kasus lubang hitam, tidak ada proses hisap yang terlibat. Sebaliknya, materi ditarik ke dalam lubang hitam dengan daya tarik gravitasi yang sangat kuat. Dalam satu cara untuk memvisualisasikan itu, seperti jatuh ke dalam lubang. Gravitasi adalah kekuatan fundamental Alam dan semua materi memiliki itu. Ketika sesuatu ditarik ke dalam lubang hitam, proses ini lebih seperti ikan yang ditarik oleh pemancing. Perbedaannya mungkin terlihat sepele, tetapi dari sudut pandang fisika, hal tersebut merupakan hal yang fundamental. Jadi lubang hitam tidak mengisap.

Sumber

Menu-menu Makanan Pencegah Osteoporosis

Menu-menu Makanan Pencegah Osteoporosis | Choliknf1998.blogspot.com
Osteoporosis adalah penyakit pengeroposan pada tulang yang seringkali dialami wanita. Dewasa ini, penyakit ini semakin mengancam sekian banyak wanita. Jangan sampai Anda menjadi salah satunya.

Osteoporosis yang kerap menyerang wanita disebut dengan Osteoporosis senilis, disebabkan karena tubuh kurang asupan kalsium sehingga tidak ada keseimbangan antara kecepatan hancurnya tulang dan pembentukan tulang yang baru. Umumnya memang osteoporosis jenis ini menyerang wanita lanjut. Namun dewasa ini, dilaporkan bahwa wanita usia 50 tahunan sudah banyak yang mengalaminya.
Bagaimana mencegahnya?

Mencegah osteoporosis senilis adalah dengan mencukupi kebutuhan kalsium tubuh. Susu adalah penyedia kalsium yang tinggi dengan tambahan protein yang membuat tulang semakin kuat dan sehat. Namun ternyata tidak semua suka dan bisa minum susu. Alasannya, ada yang alergi, dan mungkin karena memang tidak suka pada rasanya.

Untuk Anda yang tidak bisa minum susu dan tidak suka susu, dapatkan tambahan kalsium dari menu-menu berikut ini:

Sayuran
Ternyata kalsium juga bisa dipetik dari sayuran, seperti brokoli, bunga kol, kubis, beet, dan lain sebagainya.

Kurma
Kurma adalah buah yang kaya akan kalsium sekaligus mangan. Yang sangat dibutuhkan oleh tulang untuk memperbaiki strukturnya.

Buah kaya vitamin C
Buah-buahan yang kaya vitamin C seperti jeruk, jambu, strawberry, nanas, apel, pisang dan sebagainya juga mengandung asupan kalsium yang bisa dimanfaatkan oleh tulang.

Telur
Nah, telur adalah menu hewani yang kaya mineral dan manfaat. Telur mengandung kalsium dan vitamin D alami.

Ikan-ikanan
Kandungan kalsium tinggi terutama pada ikan laut dalam seperti sarden, tuna, makarel, dan salmon. Kabarnya, semua menu ikan-ikanan laut dalam juga sekaligus bisa merawat kecantikan kulit.

Minyak ikan
Mengandung omega-3 yang ternyata dapat membantu mencegah osteoporosis, minyak ikan tak hanya dianjurkan dikonsumsi anak-anak saja. Anda juga boleh mengonsumsi minyak ikan untuk mencukupi kebutuhan omega-3.

Ada baiknya sejak dini Anda mengatur konsumsi makanan, terutama mineral-mineral penting seperti kalsium agar di kemudian hari Anda tak sampai mengalami kondisi kesehatan yang menurun.

Dengan kebutuhan kalsium yang tercukupi, Anda bisa mengatakan selamat tinggal pada osteoporosis.
Sumber : Vemale.com

Minggu, 11 November 2012

Mengapa Daun Teratai Tidak Basah Walau Terkena Air? Ini Jawabanya

Mengapa Daun Teratai Tidak Basah Walau Terkena Air? Ini Jawabanya | Choliknf1998.blogspot.com

Misteri bagaimana daun teratai yang superhidrofob tetap kering meski terapung di atas air telah dipecahkan oleh ilmuwan di China.

Bagian atas daun teratai yang terapung merupakan contoh permukaan hidrofob yang sudah dikenal, yang menumpahkan air yang jatuh di atasnya, dan prinsip ini telah digunakan sebagai sebuah model untuk teknologi seperti jendela yang membersihkan dirinya sendiri secara otomatis. Daun teratai ditutupi oleh permukaan kasar yang memiliki tonjolan-tonjolan berlilin, yang menyebabkan air membentuk gumpalan dan tergelincir jatuh dari daun. Sekarang Lei Jiang dari Akademi Sains China di Beijing dan rekan-rekannya telah menemukan mengapa, meski terapung di atas air, tidak ada sedikit airpun yang mengalir masuk ke dalam daun.

Mikroskop elektron menunjukkan bahwa, di dekat ujung daun, tonjolan-tonjolan berlilin digantikan oleh permukaan halus yang terdiri dari lipatan-lipatan dan alur-alur, sehingga mencegah aliran balik dari tetesan-tetesan air. Ini berarti bahwa daun tersebut 50% lebih tahan terhadap perendaman dibanding sebuah daun model yang memiliki permukaan halus.

Pinggir daun teratai membantu menjaga permukaannya tetap kering

Jiang menyebutkan bahwa, seperti permukaan daun teratai yang telah menjadi inspirasi untuk membuat permukaan-permukaan superhidrofob, apa yang ditemukan pada batas pinggir daun ini bisa dijadikan sebagai sebuah model dalam aplikasi seperti tabung atau saluran-saluran mikrofluida yang memerlukan pengaliran keluar atau penolakan arah aliran air.

Abraham Marmur, seorang profesor ilmu dan teknologi air di Technion-Israel Institute of Technology, Haifa, mengatakan bahwa "para peneliti ini seharusnya diberikan penghargaan atas temuannya yang telah membuka sebuah aspek baru dari daun bunga teratai".

5 Terobosan Ilmiah Terpenting

5 Terobosan Ilmiah Terpenting | Choliknf1998.blogspot.com

Manusia merupakan salah satu makhluk hidup paling rapuh. Manusia tidak punya kekuatan seperti semut yang bisa membawa barang berbobot beberapa kali lipat bobotnya, tidak punya telinga setajam anjing, tidak punya penglihatan setajam kucing, atau kulit sekokoh badak.

Tapi manusia punya satu yang tidak dimiliki hewan: otak. Dengan otak yang berkembang dan kemampuan untuk menggunakannya itulah manusia dapat bertahan hidup. Otak manusia yang menghasilkan berbagai penemuan-penemuan ilmiah. Beberapa penemuan tersebut sangat berguna bagi manusia, bahkan sepertinya manusia sulit hidup tanpa adanya temuan tersebut. Inilah lima di antaranya.

1. Api

Saat ini belum diketahui siapa yang pertama kali berhasil menggetahui cara membuat, mengendalikan, dan memanfaatkan api sekitar 790.000 tahun yang lalu. Tapi Nira Aplerson-Afil, anggota tim arkeologi Israel yang menemukan bukti paling awal penggunaan api oleh manusia, mengatakan bahwa api merupakan perkembangan penting untuk bertahan hidup.

Manusia-manusia purba menggunakan api untuk melindungi diri dari predator. Selain itu api juga jadi penghangat ketika temperatur turun drastis. Sebagai tambahan, api digunakan untuk memasak daging hewan dan tanaman.

Menurut Aplerson-Afil, api memberi pengaruh dalam penyebaran manusia. "Api memberi kepercayaan diri pada manusia purba sehingga mereka berani meninggalkan lingkungan dan tinggal di lingkungan baru," katanya kepada Science Daily pada tahun 2008.

2. Pertanian

Jika manusia tidak bertani, hingga saat ini manusia akan masih mengumpulkan makanan dari tumbuhan liar dan memburu hewan, cara primitif yang dilakukan 12.000 tahun yang lalu. Menurut analisis DNA dari beberapa makanan modern, perkembangan pertanian dimulai pada 9.000 hingga 10.000 tahun di daerah barat daya Asia.

Perkembangan bidang pertanian tidak terjadi sesaat, tapi merupakan proses dari beberapa perkembangan ilmiah dan teknis. Contohnya adalah perkembangan teknik irigasi, temuan rotasi tanaman serta pupuk. Perkembangan pertanian secara keseluruhan berlangsung selama ribuan tahun--bahkan mungkin masih berkembang sampai saat ini.

3. Pemurnian Air

Menurut laporan WHO pada tahun 2005, penyakit yang berkaitan dengan pencemaran air menyebabkan kematian 3,4 juta orang per tahun--jumlah yang lebih banyak dari kombinasi antara perang, terorisme, dan senjata pembunuh massal.

Kondisi tersebut pernah lebih buruk lagi. Selama beberapa abad di masa lampau, kolera membunuh ribuan orang, bahkan di negara-negara maju. Pada tahun 1854, ilmuwan John Snow menemukan bahwa kematian tersebut diakibatkan oleh mikroorganisme yang mencemari air. Ia lalu menganjurkan penggunaan klorin untuk membunuh mikroorganisme tersebut. Hasilnya: jumlah penderita penyakit turun drastis. Sejak saat itu, bahan kimia tambahan serta sistem penyaringan dikembangkan untuk membuat air lebih aman.

4. Antibiotik

Di akhir tahun 1920, fisikawan Dr. Alexander Fleming mencoba mengembangkan antibakteri. Saat itu, ia mendapati jamur yang mengontaminasi cawannya menghalangi pertumbuhan pa****n yang ditelitinya. 

Pada tahun 1929, Fleming menerbitkan artikel ilmiah berdasarkan temuannya itu. Salah satu siswanya, Dr. Cecil Paine, mendemonstrasikan efektivitas penisilin, obat yang dibuat dari jamur, melawan bakteri penyebab penyakit. 

Sejak temuan itu, penggunaan penisilin dan antibiotik lain berhasil mengurangi kematian dari beberapa penyakit. Di Swedia misalnya, tingkat kematian akibat infeksi saluran kelamin pada anak-anak menurun drastis--dari 1 diantara 1.000 pada tahun 1911 menjadi 1 di antara 100.000 kelahiran pada tahun 1970.

5. Pengawetan Makanan

Kemampuan mengawetkan makanan membuat seseorang bisa bertahan dari bencana alam atau bencana "buatan" yang mengganggu suplai listrik dan akses terhadap makanan.

Pengalengan ditemukan pada akhir abad ke-18 demi keperluan militer. Jumlah tentara Napoleon menurun akibat kelaparan dan kekurangan nutrisi. Pemerintah Prancis kemudian mengeluarkan sayembara: barangsiapa berhasil menemukan metode untuk menyediakan makanan bagi tentara akan memperoleh hadiah 12,000 franc.

Seorang koki pembuat permen dan bir asal Paris bernama Nicholas Apper punya ide untuk memasukkan makanan ke dalam botol yang disumbat gabus. Kemudian merebus botol itu dalam air hangat untuk mengeluarkan udara di dalam. Apper yakin udaralah penyebab membusuknya makanan.

Tentara Prancis menggunakan ide Appert untuk daging unggas, sayur, saus, dan beberapa makanan lain. Para tentara melaporkan, setelah empat bulan, makanan masih layak.

5 Pesepakbola yang Memperoleh Kartu Merah Tercepat di Dunia

5 Pesepakbola yang Memperoleh Kartu Merah Tercepat di Dunia | Choliknf1998.blogspot.com
Dunia sepakbola tak pernah lepas dari sensasi, di dalam maupun di luar lapangan. Berikut ulasan menarik seputar pemain yang memperoleh kartu merah tercepat sepanjang sejarah perkembangan sepakbola di seluruh pelosok dunia:


1. Lee Todd (2 detik)
Rekor penerima k (salah satu klub di Divisi Primer Wilayah Selatan Inggris), menjadi pemegang rekor selanjutnya. Dia mendapat kartu merah saat pertandingan baru berjalan tiga detik karena dianggap melakukan pelanggaran keras kepada pemain Bashley Chris Knowles. Peristiwa unik tersebut terjadi dalam salah satu laga Divisi Primer Wilayah Selatan Inggris 2008.

3. Preston Edwards (10 detik)
Preston Edwards merupakan penjaga gawang Ebbsfleet United, salah satu klub yang ikut serta dalam Conference South (divisi lima Liga Inggris). Edwards diusir wasit hanya 10 detik setelah kick off pertandingan saat memperkuat Ebbsfleet menghadapi Farnborough dua pekan lalu. Tak lama tanda kick off dibunyikan, pemain Ebbsfleet Ryan Blake mencoba melakukan backpass kepada Edwards. Akibat terlalu lemah, bola mampu direbut striker Farnborough, Kezie Ibe. Tak punya pilihan lain, Edwards lantas maju dan mencoba menghalau pergerakan Ibe. Alih-alih menyelamatkan gawangnya, Edwards justru menjatuhkan Ibe di dalam kotak penalti. Dia pun dinobatkan sebagai penjaga gawang yang menerima kartu merah tercepat sepanjang sejarah sepakbola.

4. Giuseppe Lorenzo (10 detik)
Rekor kartu merah tercepat juga diperoleh pemain Bologna, Giuseppe Lorenzo. Pada pertandingan Serie A Italia pada 1990, dia mendapat kartu merah saat pertandingan baru berjalan 10 detik. Lorenzo diganjar kartu merah setelah memukul salah satu pemain Parma.

5. Kevin Pressman (13 detik)
Setelah menyumbangkan nama Lee Todd, David Pratt, dan Preston Edwards dalam pemegang rekor penerima kartu merah tercepat, liga di Inggris juga menyumbangkan salah satu pemain lainnya, yakni penjaga gawang Sheffield Wednesday Kevin Pressman. Pressman dihukum dengan kartu merah langsung karena memegang bola secara sengaja di luar kotak penalti pada 2000 saat pertandingan baru berjalan 13 detik.
Sumber

6 Cara Alami untuk Kurangi Sakit Kepala

6 Cara Alami untuk Kurangi Sakit Kepala | Choliknf1998.blogspot.com
Ilustrasi sakit kepala. (Anadin.co.uk).
Perlahan sakit kepala akan mengganggu aktivitas, karena bukan tidak mungkin akan menyebabkan pikiran kurang fokus. Sebelum Anda mengambil tablet pereda nyeri kepala, ada beberapa langkah alternatif untuk mengenyahkannya. 

1. Kurangi stres. Stres merupakan salah satu penyebab sakit kepala. Selain menyingkirkan faktor stres itu sendiri, ada beberapa cara lain. Salah satunya adalah mandi air hangat. Ya, mandi air hangat dipercaya akan membuat otot-otot menjadi rileks. Selain itu, tambahkan minyak esensial, kemudian lakukan sedikit pemijatan di sekitar kepala. Lainnya, relaksasi dengan pergi ke tempat spa juga menjadi pilihan yang menyenangkan. 

2. Kompres panas atau dingin. Sensasi panas atau dingin cocok bagi sakit kepala yang sifatnya ringan (bukan migrain). Tempelkan kompres panas atau dingin di bagian yang terasa sakit, lalu biarkan selama 15 menit. Meskipun belum teruji secara ilmiah, namun para ahli menduga kompres dingin dapat memperlambat aliran darah dan mengurangi peradangan. Sementara kompres panas dapat meningkatkan aliran darah dan meredakan nyeri. 

3. Minum secangkir kopi. Untuk sakit kepala dalam skala ringan, meminum secangkir kopi justru bisa menjadi obat yang manjur. Kafein dalam kopi dapat menghambat adenosine, sejenis neurotransmiter yang dapat menyebabkan pembuluh darah melebar dan menciptakan tekanan. Hal ini juga befungsi sebagai penghalau reseptor otak yang menekan dan menyempitkan pembuluh darah. Mengkonsumsi kafein sesaat setelah sakit kepala juga datang dapat membantu meredakan rasa nyeri. Namun hal ini hanya berlaku bagi mereka yang jarang minum kopi maupun bagi mereka yang rutin mengkonsumsi tak lebih dari 1 cangkir dalam sehari. 

4. Teh peppermint. Penelitian telah menunjukkan bahwa teh peppermint dapat membantu meringankan perut mual dan setiap kejang otot dalam tubuh. Selain itu, perubahan neurokimia di otak akibat serangan sakit kepala juga dapat mempengaruhi bagian otak yang menciptakan rasa mual. Teh peppermint dapat meredakan semua keluhan itu. Namun bila Anda sedang hamil, sebaiknya tidak mengkonsumsi peppermint tanpa berkonsultasi dengan dokter Anda terlebih dahulu. 

5. Akupunktur. Teknik akupunktur dapat membantu melepaskan endorphin, penghilang rasa sakit alami dalam tubuh. Langkah ini dapat menghancurkan ketegangan sakit kepala kronis. 

6. Minum air secukupnya. Jangan pernah menganggap sepele dari segelas air putih. Dengan minum air, cairan yang berkurang dalam tubuh dapat segera terisi kembali. Rasa pusing Anda pun otomatis akan mereda.

Sumber : MediaIndonesia.com

10 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan

10 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan | Choliknf1998.blogspot.com
Lidah buaya  atau aloe vera bukan hanya sekadar tumbuhan penghias. Dalam beberapa industri rumahan, aloe vera dengan batang besar biasanya digunakan sebagai bahan baku pembuatan agar-agar kesehatan. Banyak manfaat yang bisa dipetik dari lidah buaya, seperti yangh dikutip dari Healthmeup, berikut di antaranya: 

1. Kandungan antibakteri dan antiseptik yang dimiliki gel pada lidah buaya mampu menjadi salah satu pengobatan alternatif dalam menyembuhkan luka seperti kulit yang mengelupas, luka teriris, luka gesekan benda, atan sengatan serangga. 

2. Bagi Anda yang memiliki banyak jerawat, lidah buaya bisa menjadi jenis pengobatan alami. Meskipun tidak bisa menyembuhkan secara total, mengaplikasikan gel lidah buaya pada kulit wajah bisa mengurangi tingkat peradangan pada kulit yang berjerawat. 

3. Untuk pengobatan luka bakar, lidah buaya juga memiliki peran. Sifatnya yang dingin dengan kandungan zat yang membantu meregenerasi kulit, akan memperbaiki sel kuit rusak dengan lebih cepat. 

4. Ingin mencerahkan kulit? Anda juga bisa mengaplikasikan lidah buaya pada kulit wajah Anda. Hanya cukup mengoleskan gel lidah buaya pada kulit, akan memberikan manfaat dalam meremajakan kulit dan memberi hidrasi. Gel pada lidah buaya juga akan melindungi kulit dari efek penuaan 

5. Serat yang ada di dalam lidah buaya juga membantu melancarkan pergerakan pencernaan. 

6. Anda memiliki masalah gatal-gatal di kulit seperti eksim, proriasis, dan gatal-gatal lainnya? Cobalah untuk mengaplikasikan gel lidah buaya di luka tersebut. Bukan tanpa sebab, lidah buaya memiliki kandungan antialergi yang bisa menghalau masalah gatal pada kulit. 

7. Lidah buaya membantu mendukung dan meredakan fungsi sistem imun ketika dibutuhkan, karena kandungan vitamin dan asam amino serta antioksidan. 

8. Bagi Anda yang memiliki masalah kulit alergi, dan gatal-gatal, mengoleskan lidah buaya ke kulit yang bermasalah juga bisa menjadi solusi. Pasalnya, gel pada lidah buaya bukan sekedar melawan bakteri, tetapi juga memiliki kandungan alergi. 

9. Tingginya asam lambung juga bisa diobati dengan lidah buaya. Resep rebusan lidah buaya menajdi obat ampuh dalam menenangkan saluran pencernaan. 

10. Terakhir, lidah buaya juga efektif untuk meningkatkan sistem imun saat tubuh sedang kurang fit, karena sifat modulator imun serta kandungan antioksidan yang melimpah.

Sumber : MediaIndonesia.com

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More