Selamat datang di choliknf1998.blogspot.com, blog ini pindahan dari choeliknf75.blogspot.com

Kamis, 01 November 2012

5 Tempat Ibadah Paling Kuno yang Pernah Ditemukan

Pada jaman dahulu kala manusia sudah mengenal yang namanya tuhan dan dewa sehinga mereka membuat bangunan untuk melakukan persembahan atau tempat ibadah.

Sampai saat ini tempat tempat ibadah yang digunakan masyarakat kuno pun masih ada yang berdiri walaupun ada salah satu tempat ibadah yang tidak digunakan lagi akibat sudah berumur tua. 

1. Göbekli Tepe - Turki
5 Tempat Ibadah Paling Kuno yang Pernah Ditemukan | Choliknf1998.blogspot.com 
Göbekli Tepe adalah tempat ibadah yang terletak 15 km sebelah timur laut kota Şanlıurfa (Urfa) di Turki tenggara. Situs ini terdiri dari dua puluh struktur melingkar tersebar di puncak bukit. 

Yang tersisa saat ini hanyalah pilar batu kapur yang besar dihiasi dengan desain abstrak ukiran hewan. Sejauh ini ukiran dari ular, kalajengking, burung, babi hutan, rubah dan singa telah ditemukan. 

Tempat ini kini sedang dalam penggalian oleh arkeolog Jerman dan Turki. Kuil ini dianggap sebagai kuil tertua yang pernah ada di dunia.

2. Hypogeum - Malta
5 Tempat Ibadah Paling Kuno yang Pernah Ditemukan | Choliknf1998.blogspot.com 
Hypogeum adalah bangunan yang benar-benar kuno. Dibangun pada tahun 3500 SM, Hypogeum menjadi satu-satunya kuil prasejarah yang dibangun di bawah tanah. Hypogeum telah digunakan secara beragam melalui sejarahnya, dan telah berubah menjadi kuburan di masa lalu. 

Hypogeum adalah campuran dari gua-gua alam dan gua galian yang lebih dari tiga tingkat. Di Hypogeum terdapat sebuah ruangan yang dapat memantulkan suara (gema), yang apabila kita berteriak akan terdengar ke seluruh Hypogeum. 

Mengunjungi Hypogeum tidak bisa sembarangan, dengan alasan pemeliharaan terhadap lukisan yang berada di dinding. Hanya 80 pengunjung yang diizinkan setiap harinya.

3. Pantheon - Roma
5 Tempat Ibadah Paling Kuno yang Pernah Ditemukan | Choliknf1998.blogspot.com 
Pantheon adalah sebuah bangunan yang dikonstruksikan pada tahun 27 SM sebagai kuil berbentuk bulat di pusat kota Roma. Pembangunan kuil ini diselesaikan pada masa pemerintahan Kaisar Hadrian (118 SM-28 M) pada tahun 126 M. 

Hadrian membangun kuil ini untuk penyembahan terhadap dewa-dewa Romawi. Nama Pantheon berasal dari bahasa Yunani yang berarti Rumah Semua Dewa. 

Kuil ini digunakan sebagai gereja dari tahun 609 sampai 1885 dan kemudian menjadi gereja dan tempat pemakaman bagi pahlawan nasional Italia. Tokoh-tokoh terkenal yang dimakamkan di sini adalah Raja Emmanuel I dan pelukis Renaissance, Raphael.

4. Gua Ajanta - India
5 Tempat Ibadah Paling Kuno yang Pernah Ditemukan | Choliknf1998.blogspot.com 
Gua Ajanta di Maharashtra, India, adalah monumen gua berusia abadyang berdiri sejak 2 SM, terdiri dari lukisan dan skulptur yang dianggap sebagai karya besar seni religius Buddha. 

Ketika dilihat dari luar, Gua Ajanta menyerupai area pemukiman yang menempel pada sisi bukit melingkar. Namun, di saat Anda melihat ke dalam, pesona yang terlihat justru ukiran batu manusia dan juga pilar-pilar yang besar layaknya sebuah istana candi. 

Dengan adanya pembuktian ini, menandakan bahwa kehidupan kuno di India memiliki nilai religi dan karya seni yang tinggi, terlepas pengaruh politik dan ekonomi pemerintah. 

Gua ini terletak di luar desa Ajinṭhā, distrik Aurangabad, Maharashtra. Sejak tahun 1983, Gua Ajanta merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO.

5. Borobudur - Indonesia
5 Tempat Ibadah Paling Kuno yang Pernah Ditemukan | Choliknf1998.blogspot.com 
Borobudur adalah nama sebuah candi Buddha yang terletak di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Lokasi candi kurang lebih 100 km di sebelah barat daya Semarang dan 40 km di sebelah barat laut Yogyakarta. 

Candi ini didirikan oleh para penganut agama Buddha Mahayana sekitar tahun 800-an Masehi pada masa pemerintahan wangsa Syailendra.

Candi Borobudur memiliki struktur dasar punden berundak, dengan enam pelataran berbentuk bujur sangkar, tiga pelataran berbentuk bundar melingkar dan sebuah stupa utama sebagai puncaknya. 

Selain itu tersebar di semua pelatarannya beberapa stupa. Sepuluh pelataran yang dimiliki Borobudur menggambarkan secara jelas filsafat mazhab Mahayana. 

Bagaikan sebuah kitab, Borobudur menggambarkan sepuluh tingkatan Bodhisattva yang harus dilalui untuk mencapai kesempurnaan menjadi Buddha.

8 Fitur Mengagumkan dari Windows 8

8 Fitur Mengagumkan dari Windows 8 | Choliknf1998.blogspot.com 
Windows 8 sudah resmi diluncurkan. Mungkin Anda sempat melihatnya pada tayangan iklan di televisi. Sistem operasi ini menjadi perbincangan hangat, bahkan sejak sebelum diperkenalkan secara resmi. Alasannya, ini adalah upaya pertama Microsoft membuat satu sistem operasi yang dapat berjalan untuk PC ataupun tablet. Apa lagi keunggulannya?

1. Start Tersembunyi
Bila selama ini Anda menggunakan sistem operasi Microsoft, pasti tombol ‘Start’ di pojok kiri bawah layar merupakan salah satu bagian yang paling familiar. Namun pada Windows 8, tombol ini ternyata disembunyikan. Selain hal tersebut, ternyata banyak perubahan lain yang dibawa Windows 8.

2. Warna-warni
Alasan lainnya adalah banyaknya perubahan radikal yang disertakan dalam sistem operasi versi consumer preview ini yang telah dapat diunduh. Yang paling ramai diperbincangkan adalah desain antar-muka (interface) berupa Metro, yang serupa dengan tampilan pada Windows Mobile.

Pada start screen berlatar hitam ditampilkan kumpulan aplikasi atau profil dari teman dalam kontak pengguna dalam kumpulan kotak berwarna-warni. Anda dapat mengatur warna apa yang diinginkan atau memilih aplikasi apa yang ingin ditempel pada start screen ini.

3. Seret saja langsung tertutup
Dengan tampilan Metro, banyak fungsi dalam komputer yang berubah banyak dari fungsi sebelumnya. Untuk keluar dari suatu aplikasi, misalnya, tak lagi harus mengklik tanda silang di ujung kanan atas layar. Tinggal menyeret dan membuangnya ke bawah layar.


Untuk berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain juga tak perlu melakukan dengan mengklik tab pada taskbar. Perangkat berlayar sentuh dapat melakukannya hanya dengan menggeser aplikasi dari ujung layar. Sedangkan untuk PC dengan mengklik kursor pada ujung kiri atas layar.

4. Charm
Salah satu fitur yang paling fundamental dalam Windows 8 adalah ‘Charm’, yang terdapat dalam berbagai aplikasi dan memiliki beberapa pilihan yang dapat dijalankan, seperti search, share, atau setting.


Charm dapat diaktifkan dengan mengarahkan kursor ke bagian ujung kanan layar atau menggesernya ketika menggunakan layar sentuh. Saat membuka file foto, Charm dapat diaktifkan dan pilih menu share untuk langsung membagi file ini melalui jejaring sosial maupun email.


Dalam sistem operasi ini Microsoft juga menyertakan Internet Explorer 10 dalam versi Metro dan versi desktop. Versi Metro tampil dalam satu layar penuh yang bersih dari berbagai toolbar dan dapat kembali ke halaman sebelumnya dengan cara menyeret halaman ke kanan atau ke kiri.


Dengan fitur Charm, yang juga tertanam pada aplikasi ini, fungsi pencarian membandingkan hasil pencarian antara Internet Explorer dan aplikasi lain. Contohnya, bila dimasukkan kata “Jakarta” hasil pencarian pada browser menunjukkan berbagai tautan mengenai kata itu. Sedangkan pada aplikasi Weather, keadaan cuaca di Jakarta bisa terlihat.

5. Picture Password
Windows 8 juga menghadirkan fitur ‘Picture Password’, yaitu cara baru membuka kunci pada layar. Untuk menggunakan fitur ini, yang harus dilakukan adalah menyiapkan foto, lalu menyimpan pola berupa garis atau lingkaran di atasnya. Untuk mengaktifkan, tinggal menggambar pola yang sama di atas gambar tersebut.



6. Ada ruang belanja
Microsoft menyadari bahwa saat ini perangkat yang dapat mengakses berbagai aplikasi merupakan daya tarik tersendiri. Karena itu, mereka menyertakan Windows Store, yang menyediakan berbagai aplikasi dan game yang dapat diunduh semudah pada versi smartphone.



Windows Store adalah tool aplikasi online yang memungkinkan pengguna mengunduh aplikasi secara gratis maupun secara berbayar.


"Ini pertama kali sepanjang sejarah Microsoft, kami punya Windows Store dalam sistem operasi kami,” ujar Presiden Direktur Microsoft Indonesia Andreas Diantoro, disela-sela peluncuran Windows 8 di Jakarta, baru-baru ini.


Pengguna Windows 8 kini dapat mengunduh aplikasi lokal maupun internasional melalui Windows Store.

7. Layar Sentuh
Selain Windows Store, Windows 8 memungkinkan penggunanya menggunakan layar sentuh, papan tombol, maupun mouse.


“Windows 7 kebanyakan menggunakan keyboard dan mouse. Di Windows 8, kami memberikan empowerment pada costumer kami untuk bias touch, keyboard, dan mouse,” jelas Andreas.



8. Ukurannya Tidak besar
Windows 8 disebutkan dapat dijalankan pada perangkat dengan prosesor 1 GB dan memori 1 GB.



"Pada dasarnya, semua yang pakai Windows 7 sudah bisa. Windows 8 size-nya lebih kecil dari 7. Mudah-mudahan dari orang-orang yang masih menggunakan XP, migrasi ke Windows 7 dan Windows 8,” ujar Andreas.

3 Tips Sehat untuk "Si Workaholic"

3 Tips Sehat untuk "Si Workaholic" | Choliknf1998.blogspot.com
Kesehatan adalah sebuah hal yang tak ternilai. Begitu sakit, baru ketahuan betapa berharganya kesehatan yang prima. Sayangnya, kesehatan seringkali terbengkalai dan tidak dirawat oleh orang yang menghabiskan sebagian besar waktunya untuk bekerja alias workaholic

Umumnya, workaholic tak punya waktu untuk memasak sendiri makanannya, kadang pula tak ingat untuk makan. Begitu pun dengan latihan fisik. 

Gaya hidup ala workaholic sudah dialami banyak orang. Meski bukan berarti harus berhenti bekerja serta-merta, namun, penting untuk berusaha menyeimbangi dengan gaya hidup sehat. 

Berikut ini tipsnya:

1. Buat prioritas dan susun daftar
Langkah pertama adalah menentukan hal-hal yang paling penting untuk Anda. Buat daftar berisi 3 hal yang paling penting untuk Anda lakukan setiap hari. 

Contoh; Pertama, makan malam bersama keluarga. Kedua, kerjakan proyek pekerjaan. Tiga, olahraga. Fokus dalam mengerjakan ketiga hal ini. 

Lakukan nomor 1 terlebih dulu, jangan mengacaukan urutan daftarnya. Membuat daftar adalah salah satu kunci kesuksesan. Hal ini akan memicu produktivitas, mengurangi kebiasaan lupa, dan mengoptimalkan hari. 

2. Bawa bekal makan siang ke kantor
Bila Anda menghindari makan siang supaya berat badan bisa berkurang, maka penting untuk diketahui, membawa bekal makan siang adalah salah satu kuncinya, bukan melewati jam makan. 

Bila ada satu waktu Anda tak bisa membawa makan siang, cobalah untuk menyiapkan makanan ringan yang sehat untuk dibawa ke kantor. 

Bekal makanan ini selain penting untuk memastikan membawa makanan yang sehat, juga mencegah Anda melewatkan waktu makan, menjaga level energi, juga menghindari godaan membeli makanan yang tak sehat. 

Salah satu camilan sehat yang bisa Anda simpan dalam waktu lama adalah kacang-kacangan. Kacang bisa membantu mengganjal rasa lapar cukup lama. Selain itu, buah-buahan segar, sayuran mentah, telur rebus, dan yoghurt bebas lemak adalah pilihan lainnya. 

3. Gunakan pedometer
Tak ada alasan seorang workaholic tidak bisa memastikan diri untuk berjalan kaki. Golnya adalah untuk berjalan kaki antara 10-12 ribu langkah setiap hari. Ini penting untuk kesehatan. 

Bila Anda sudah mencapai angka itu, anggap sudah berhasil mencapai gol hari itu. Ini adalah cara termudah untuk mencoba tetap aktif sepanjang hari. Pedometer adalah alat motivasional yang hebat.

Sumber : BeritaSatu.com

10 Teknologi yang Menjengkelkan Penggunanya

10 Teknologi yang Menjengkelkan Penggunanya | Choliknf1998.blogspot.com
Ilustrasi Voice Recognition (VR). (Oddcast.com).
Siapa bilang teknologi semuanya mempermudah hidup manusia? Ada bentuk-bentuk teknologi yang hadir untuk memberi anda masalah kedua: bagaimana menjadi orang yang sabar, pemaaf, dan penuh pengertian. Berikut ialah daftar 10 teknologi yang banyak dipakai orang namun membuat sebal para penggunanya:

1. Voice Recognition (VR)
Anda: "Tutik"
VR: "Did you mean: Too Thick?
Anda: "Tutik"
VR: "Sorry, please try again..."
Anda: "d@*%&mph;#@!?*&%"
VR: "Did you mean d@*%&mph;#@!?*&% ?"

2. Alarm Mobil
Tentu anda pernah mendengar ini: alarm mobil yang berbunyi terus menerus, seperti lolongan anjing di tengah malam, dan seperti tidak ada yang peduli? Sebenarnya yang terjadi adalah orang yang bersangkutan tengah bergulat seru dengan remote control key yang ........ habis baterainya. Atau tengah terjadi korsleting listrik pada mobil tersebut. Entah karena debu atau kabel yang terbuka.Tidak ada jalan lain: cabut kabel aki. Mungkin anda berdoa dalam hati agar hal tersebut tidak terjadi pada diri anda.

3. Captcha
Meskipun tujuannya baik yakni untuk memfilter pengguna yang "bukan" manusia, tetapi hal ini membuat manusia yang asli jadi merasa terganggu. Setiap kali harus mengisi captcha (bahkan kata kunci pertama biasanya berupa captcha yang sulit dibaca/tidak mungkin dibaca), anda mungkin merasa disepelekan atau tak dipercaya. Tetapi fenomena captcha nampaknya masih akan tetap ada sampai ditemukan teknologi preventif. Salah satu idenya adalah mengganti captcha dengan game komputer singkat. Kalau anda menang, anda bisa masuk. Jika kalah, anda harus mengulang lagi. Jika anda draw, anda bisa mengisi captcha.

4. Kamera pada Tablet Komputer
Pernahkah anda melihat orang merekam konser dengan komputer tablet? Meskipun jarang terjadi (mungkin karena malu atau karena diteriaki orang di belakangnya) tetapi meletakkan kamera pada bagian belakang komputer tablet adalah teknologi yang ganjil dan terkesan dipaksakan. Agar hal ini tidak terjadi pada anda: jangan membeli tablet atau semprotlah lensa kamera belakang dengan cat hitam.

5. Weker
Memang kita sendiri yang mengeset alarm tersebut, namun tetap saja ketika kita dibangunkan, dan masih setengah sadar, kita biasanya akan menekan tombol "Bangunkan lagi saya nanti", dan siklus menjengkelkan ini terus berulang dan berulang.

6. Printer Inkjet
Harganya yang murah, membuat anda segera membelinya. Hanya untuk kecewa kemudian ketika mengetahui bahwa printer canggih tersebut harus di reset atau cartridgenya rusak. Tidak sedikit dari pengguna printer inkjet yang kemudian menjualnya dengan harga murah. Atau bahkan membuangnya begitu saja karena harga printer baru dengan biaya service yang ternyata tidak jauh berbeda. Di pasar loak anda mungkin pernah melihat ada pedagang spesialis printer bekas yang tumpukan printernya setinggi gunung. Tumpukan tersebut seperti ingin mengejek anda. Dan ini adalah bukti di lapangan bahwa perusahaan printer inkjet berhasil menjual produknya. Dengan sukses.

7. Remote Control
Masuknya remote control aspal yang berharga murah adalah solusi bagi sebagian orang yang punya anak kecil. (Karena punya anak kecil seringkali berarti remote control asli sering terjatuh dan kemudian pecah/rusak.) Meskipun dengan remote "baru" tersebut seringkali yang terjadi adalah anda menekan tombol, namun TV anda tidak bereaksi. Anda tekan sekali lagi tetap tidak ada reaksi. Ah, anda kemudian berpikir ide cemerlang untuk membeli baterai baru. Setelah terpasang, anda tekan sekali lagi remote tersebut. Hasilnya: tetap tidak ada reaksi dari TV anda. Kemudian anda membantingnya. Masalah-sementara-selesai. Oya, satu masalah lagi: Remote Control sering berpindah tempat tanpa permisi.

8. QR Code
QR Code adalah teknologi yang cerdas dan didesain dengan tingkat kerumitan yang tinggi. Namun mengubah-ubah posisi handphone untuk sekedar agar handphone anda membaca QR code adalah hal yang menjengkelkan. Masih lebih mudah membuka search engine, masukkan keyword, dst.

Sebelumnya anda harus mengunduh aplikasi pembaca QR Code untuk platform anda. Lalu membiarkan kamera handphone anda beberapa saat di atas barcode tersebut. Mirip ketika kasir supermarket menscan barang belanjaan. Setelah beep terdengar, anda bisa menuju website yang dimaksud dalam QR Code tersebut.

Bagi marketer, QR code sangat menarik. Karena ini memungkinkan mereka memberi promosi khusus yang tak terbaca oleh pemirsanya. Mirip beriklan di dinding bus antar kota yang melaju kencang. Bagi pemirsa, QR Code berarti lebih banyak kesempatan agar kode-kode semakin banyak dan untuk tak dipedulikan.

Dan pada akhirnya orang menyerah untuk kemudian kembali ke laptop. Bermain dengan search engine.

9. Knalpot
Di negara maju, hal ini tidak terlalu menjadi masalah karena aturan yang ketat dan sanksi yang benar-benar dijalankan. Namun di negara sedang berkembang, pemandangan "Kompor Berjalan" adalah hal yang sering ditemui. Begitu juga dengan aturan yang tak benar-benar serius.

Asap kendaraan yang bercampur dengan oli yang terbakar, ini tidak pernah menyenangkan, terlebih jika anda tepat berada di belakangnya. Electric car anyone?

10. VCD

Pernah menonton VCD yang kepingannya sudah tergores? Biasanya anda bisa memperolehnya di tempat persewaan VCD. Yang paling menjengkelkan adalah, jika adegan yang 'macet' tepat pada saat adegan yang seru dan ingin kita tonton. Salah satu solusinya adalah, mengkopi VCD tersebut ke dalam komputer, lalu membuang bagian yang rusak tersebut. (jika komputer masih bisa membacanya).

Sumber

Selasa, 30 Oktober 2012

5 Pertimbangan Sebelum Merenovasi Rumah

5 Pertimbangan Sebelum Merenovasi Rumah | Choliknf1998.blogspot.com
Merenovasi rumah bisa mendatangkan banyak keuntungan, bisa pula menciptakan kerugian di masa depan. Bila Anda melakukannya dengan benar, maka harga rumah bisa naik, bila salah, maka rugi. 

Supaya tidak salah, ketahui 5 pertimbangan sebelum merenovasi rumah berikut ini:


Bersabarlah
Bila Anda baru saja menempati rumah yang baru dibeli dari penghuni sebelumnya, amat besar kemungkinan Anda ingin sekali mengubah rumah tersebut supaya sesuai keinginan. Tapi, tunggu dulu. Berikan waktu sejenak untuk mencoba hidup dengan keadaan yang ada. Siapa tahu, setelah beberapa saat tinggal dalam keadaan apa adanya, keinginan untuk mengubah rumah itu berkurang atau bahkan hilang karena muncul rasa suka. Kecuali ada masalah yang sangat mendesak, cobalah hidup dengan keadaan seadanya, menahan diri dari mengubah desain terlalu banyak, bisa menghemat uang. 

Membuat karya sendiri
Kebanyakan pekerjaan renovasi rumah terkesan sangat sulit dan sebaiknya dilakukan oleh profesional. Namun, ada beberapa pekerjaan di rumah yang bisa Anda lakukan sendiri dan menghemat banyak. 

Tentu, supaya tidak merugi, ketahui dulu cara-cara renovasi rumah dari buku, internet, maupun tayangan renovasi rumah di televisi. Selain lebih puas, Anda juga jadi tahu apa saja yang perlu bantuan profesional dan cukup dengan tenaga sendiri. 

Ketahui batasan 
Mengerjakan sendiri beberapa proyek tidak selalu berarti menghemat, bahkan, bisa sebaliknya, menghabiskan banyak uang bila Anda melakukan kesalahan yang parah. Jangan mencoba melakukan renovasi rumah yang memang harus dilakukan profesional, apalagi bila alatnya pun susah dicari. 

Perhatikan tetangga
Nilai rumah Anda juga akan ditentukan oleh sekelilingnya. Bila Anda berniat menjual kembali rumah Anda, coba lakukan renovasi dengan membuat rumah sedikit lebih baik dari tetangga, tetapi tidak terlalu jauh. Contoh, Anda bisa ubah desain dapur menjadi bergaya modern apabila tetangga punya masih gaya lama, hal ini bisa membuat rumah Anda lebih tinggi dari tetangga. 

Hindari keinginan untuk membuat rumah bergaya desain terlalu personal
Bila Anda tipe orang yang membuat rencana hidup berkala, misal, 5 tahunan, dan belum ada rencana untuk masa pensiun, disarankan untuk tidak terlalu banyak menggunakan uang untuk renovasi rumah. Bukan berarti tidak boleh, tetapi, sebaiknya tahan hingga Anda sudah menemukan rumah yang ingin Anda dan keluarga tempati hingga masa pensiun. Ini akan lebih berarti untuk Anda dan nilai rumah yang akan dijual lagi. Bila sebuah rumah dibuat terlalu personal atau didesain sangat spesifik keinginan Anda, rumah itu akan sulit dijual kembali.

Sumber : BeritaSatu.com

Minggu, 28 Oktober 2012

9 Cara Agar Otak Selalu Fit

9 Cara Agar Otak Selalu Fit | Choliknf1998.blogspot.com
Menghapal lagu bisa meningkatkan performa otak.
Otak dapat berfungsi dengan baik jika kondisinya fit dengan terus dilatih. Anda bisa melakukan fitnes otak dengan berbagai kegiatan sederhana ini.

1. Melatih peripherial vision.
Tantang diri Anda untuk melihat dengan peripherial vision, yakni pandangan atau penglihatan yang mampu mengenali situasi di sekeliling/samping. Kemampuan ini sering disebut juga penglihatan luas, yakni mampu melihat berbagai hal yang berada jauh dari titik fokus penglihatan. Kemampuan ini harus dilatih dengan cara yang benar dan efektif, tidak bisa sembarangan. 

Penelitian menunjukkan seseorang yang terbiasa melatih peripherial vision, memiliki performa otak lebih tinggi. Para pengendara jarak jauh yang terbiasa melatih pandangan luasnya ini lebih terjaga saat menyetir dan kecil kemungkinannya mengalami kecelakaan.

2. Menghapal lagu.

Melatih kebiasaan mendengar dengan teliti akan berdampak baik pada kemampuan memahami sesuatu, berpikir dan mengingat. Anda bisa melatihnya dengan menghapal sebuah lagu, karena kegiatan ini membutuhkan fokus dan memori yang selalu aktif. Cara sederhana yang menyenangkan ini dapat meningkatkan performa memori Anda.

3. Belajar instrumen baru.
Cobalah memainkan instrumen musik yang belum pernah Anda sentuh sebelumnya. Memainkan instrumen baru membuat Anda belajar, dan proses ini membantu melatih berbagai fungsi otak, seperti mendengar, kontrol terhadap gerakan, dan menerjemahkan not menjadi musik (gerakan atau suara).

4. Jangan kecanduan dengan teka teki silang.
Mengisi teka teki silang bisa saja melatih otak Anda, namun jika Anda terlalu sering melakukannya bahkan nyaris kecanduan, ini justru menurunkan kemampuan kognitif. 

5. Berlatih dengan bola.
Anda bisa melatih otak dengan cara sederhana, melempar bola ke udara da menangkapnya. Orang yang menguasai teknik permainan ini memiliki visual yang baik, kordinasi serta respons tangan dan mata yang baik, sebagai dampak dari otak yang bekerja dengan baik.

6. Belajar menggunakan tangan yang lain.
Jika dalam kegiatan sehari-hari Anda menggunakan tangan kanan, maka latihlah tangan kiri Anda lebih sering. Begitu pun sebaliknya. Melatih tangan yang jarang digunakan akan mendorong kerja otak lebih baik lagi.

7. Jalan di permukaan yang tak rata.
Saat jalan kaki pilih permukaan yang tidak rata. Mungkin akan tidak nyaman bagi Anda, namun cara ini bisa meningkatkan sistem vestibular di bagian dalam telinga, yang punya peran penting terhadap keseimbangan. 

8. Bermain puzzle.
Kebiasaan membongkar pasang dalam permainan puzzle membantu otak Anda untuk selalu tetap fit.

9. Kembali menjadi anak-anak.
Berperilaku lah seperti anak-anak dengan memberikan perhatian terhadap berbagai benda di sekitar Anda. Seperti anak-anak yang sedang belajar hal baru, ia akan mencari tahu setiap detil dari benda yang baru dikenalnya. Cara ini akan membantu melatih otak Anda. Ketika Anda berhenti belajar, otak pun berhenti berkembang.

Sumber : KompasFemale

5 Penyebab Kegagalan dan Cara Mengatasinya

5 Penyebab Kegagalan dan Cara Mengatasinya | Choliknf1998.blogspot.com
Semua orang berusaha mendapatkan keinginan dan cita-cita mereka. Sebagian berhasil dan sebagian lagi gagal. Mengapa bisa demikian? Seringkali orang yang berhasil mampu mengenali penyebab kegagalan mereka dan mengatasinya. Berikut adalah beberapa penyebab kegagalan dan cara mengatasinya, seperti dilansir oleh Inc.com (15/10/2012).
1. Tujuan yang tidak menginspirasi
Ketika menetapkan tujuan, seringkali orang kemudian membayangkan 'benda' yang menjadi tujuan mereka. Misalkan rumah mewah, mobil, uang yang banyak, menulis buku, dan lainnya. Sayangnya benda-benda tersebut tak cukup untuk membuat Anda termotivasi. Benda saja tak mampu memberikan perasaan positif dan mendorong Anda untuk berhasil.
Cara mengatasinya: Ketika memikirkan tujuan, jangan bayangkan 'benda'-nya. Bayangkan perasaan Anda ketika mencapainya. Dengan begitu, Anda akan terus terinspirasi dan bersemangat untuk mengejar dan mencapai tujuan tersebut.
2. Takut gagal
Jika takut gagal, Anda tak akan mengambil risiko sebanyak yang diperlukan untuk mendapatkan tujuan Anda. Misalkan Anda tidak menerima telepon penting karena takut ditolak. Padahal dari telepon tersebut Anda bisa mendapatkan kenaikan jabatan, tentu dengan risiko yang sama besar. Atau ketika Anda tak mau berhenti dari kerja yang terlihat sudah 'mentok' dan membuka usaha sendiri karena Anda khawatir tak akan berhasil.
Cara mengatasinya: Putuskan sekarang juga! Jangan takut akan risiko yang bisa Anda terima. Camkan bahwa kegagalan hanya bersifat sementara. Terkadang risiko memang harus diambil untuk sampai ke tempat yang lebih tinggi. Perlakukan risiko tersebut sebagai batu loncatan dan pelecut agar Anda bangkit lebih tinggi.
3. Takut sukses
Meski terdengar aneh, faktanya beberapa orang memang memiliki rasa takut akan kesuksesan. Mereka takut jika kesuksesan tak membuat mereka kaya, mereka takut akan bangkrut setelah sukses, takut tak akan punya waktu untuk keluarga, dan lainnya. Pemikiran-pemikiran semacam ini secara tak sadar menyabotase motivasi seseorang. Alih-alih bersemangat mendapatkan kesuksesan, mereka malah menjauhinya.
Cara mengatasinya: Jangan dulu takut pada kesuksesan. Putuskan bahwa sukses atau tidak, Anda berencana untuk bahagia. Jangan fokus pada masalah yang bisa disebabkan oleh kesuksesan. Semuanya ada di tangan Anda. Ketika Anda memutuskan untuk sukses dan bahagia, maka Anda bisa mencapainya!
4. Waktu yang tak masuk akal
Ketika merencanakan tujuan dan hasil, pastikan Anda juga menentukan jangka waktu yang tepat. Anda tak mungkin memberikan waktu satu minggu untuk pekerjaan yang seharusnya dikerjakan dalam satu bulan. Tak hanya kegagalan, hal ini juga bisa melukai Anda dan menganggap diri Anda seorang yang tak becus. Padahal kesalahannya terletak pada waktu yang Anda tetapkan.
Cara mengatasinya: Jangan terlalu terpatok pada waktu dan kegiatan yang kaku. Jadwalkan 20 persen kegiatan yang bisa menghasilkan 80 persen, Selain itu, realistislah ketika menetapkan jadwal dan jangka waktu untuk tujuan Anda.
5. Khawatir pada 'lahan kering'
Ketika mengetahui lahan yang sedang digarap adalah lahan kering, seringkali orang menjadi patah semangat. Terutama ketika keadaan terlihat tidak mendukung dan tak ada cara untuk mencapai tujuan. Setelah beberapa waktu, kebanyakan orang akan menyerah dan gagal ketika menghadapi hal ini.
Cara mengatasinya: Seharusnya Anda semakin bersemangat ketika menemui lahan kering, bukannya menyerah. Lahan kering adalah tanda bahwa sebentar lagi Anda akan melakukan terobosan besar. Bersabarlah dan terus tekun berusaha. Percayalah bahwa sebentar lagi Anda akan sampai di tujuan!
Itulah lima penyebab kegagalan yang sering menimpa banyak orang dan cara mengatasinya. Selamat berjuang, dan jangan mudah menyerah!.
Sumber : Merdeka.com

5 Jenis Teman yang Harus Dihindari

5 Jenis Teman yang Harus Dihindari | Choliknf1998.blogspot.com
Semua orang tidak bisa hidup sendirian. Kita selalu membutuhkan bantuan orang lain, khususnya teman. Namun, memilih teman tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Ada beberapa jenis teman yang harus Anda hindari. Berikut adalah lima jenis teman yang harus dihindari, seperti dilansir Boldsky.

1. Genit
Ketika masih lajang, Anda mungkin masih dapat bergaul dengan teman yang genit. Tetapi setelah menikah, pasangan Anda pasti merasa keberatan dengan persahabatan kalian. Kenapa? Karena dia tidak ingin Anda menjadi seperti teman Anda.

2. Pembohong
Anda mungkin tidak tahu kapan ia berbohong di hadapan Anda. Namun ketika ia melakukannya kepada orang lain, itu membuat Anda bisa mengenalnya dengan baik. Kebohongan dapat mempengaruhi loyalitas dan kepercayaan seseorang dan itu tidak dapat diterima dalam sebuah hubungan persahabatan.

3. Egois
Semua orang tentu memiliki sikap egois. Tetapi, teman yang egois hanya akan mementingkan keuntungan dari persahabatan, yang mereka jalani. Apakah mereka ada sewaktu Anda mengalami masa-masa terburuk dalam hidup? Kalau tidak, itu berarti mereka bukan teman yang patut dipertahankan.

4. Tukang gosip
Wanita memang suka bergosip, namun memiliki teman yang disebut ratu bergosip pasti sangat melelahkan. Setiap kali Anda bercerita tentang keluh kesah padanya, ia akan membocorkannya pada orang lain. 

5. Friends with benefits
Friends with benefits sedang menjadi tren masa kini. Hubungan semacam ini biasanya dijalani oleh teman berlawanan jenis. Sebagian orang berpikir bahwa dengan begitu, mereka bisa menikmati cinta secara fisik dan menjalin persahabatan pada waktu yang bersamaan. Namun, ini hanya bersifat sementara dan tidak kekal. Lambat laun, Anda atau dia mungkin merasa bosan dan akhirnya memutuskan untuk berpisah.

Apakah Anda pernah memiliki jenis teman seperti di atas? Setujukah Anda bahwa mereka pantas untuk dihindari?.

Sumber : Merdeka.com

Ini Penyebab Internet di Indonesia Paling Lelet

Ini Penyebab Internet di Indonesia Paling Lelet | Choliknf1998.blogspot.com
Baru-baru ini situs Akamai merilis data mengenai koneksi internet di seluruh dunia. Dari data itu, Indonesia keluar sebagai negara yang memiliki kualitas "paling lemot" ketimbang negara-negara di kawasan Asia Tenggara (ASEAN).

Menanggapi data yang dikeluarkan tersebut, Pakar Telematika, Ruby Alamsyah berpendapat bahwa data yang dikeluarkan Akamai kurang obyektif karena hanya melihat dari presentase dari populasi pengguna internet di setiap negara. "Itu kan presentase dari keseluruhan pengguna internet, jelas saja Indonesia bila dari presentasi koneksi internet lebih rendah dengan negara lain karena jumlah penduduk Indonesia relatif cukup besar ketimbang Korea Selatan," jelasnya kepada Okezone Senin (22/10/2012).

Menurut Ruby, dengan jumlah penduduk Korea Selatan yang mencapai 48 juta jiwa dengan total penetrasi pengguna internet 40 juta lebih atau sekira 82,7 persen, maka pantas bila Negeri Gingseng menjadi negara yang memiliki presentase koneksi internet lebih cepat. 

Sementara itu, Indonesia dengan total penduduk 237 juta jiwa lebih dengan penetrasi internet hanya 22,4 persen atau sekira 55 juta pengguna per Desember 2011, maka tak heran jika secara presentase kecepatan koneksi internet Indonesia sangat rendah ketimbang dengan negara lain yang memiliki jumlah penduduk lebih kecil. 

"Pengguna internet di Tanah Air belum mencakup separuh dari total populasi pengguna, berbeda dengan negara lain yang lebih kecil populasinya seperti Korea Selatan dan Singapura, terlebih apabila dilihat dari penetrasi pengguna internet di negara itu," terangnya. 

Infrastruktur Tanah Air Belum Maksimal

Kurang maksimalnya sejumlah infrastruktur jaringan di Tanah Air sedikit-banyak berkontribusi terhadap kualitas jaringan Internet di Indonesia. Ruby pun menyoroti sejumlah infrastruktur seperti Fiber Optic (FO) yang masih idle (belum terpakai).

"Data yang dikeluarkan Akamai ada benarnya juga kalo soal speed. Namun yang harus digaris bawahi ialah banyaknya sejumlah infrastruktur internet di Indonesia yang belum dioptimalisasi dengan baik," paparnya. 

Misalnya, Ruby mencontohkan hanya daerah tertentu seperti Jakarta dan beberapa kota besar yang memiliki koneksi mumpuni, namun sayangnya di sejumlah lain seperti kota-kota kecil dan di pelosok yang belum terjangkau dengan internet.

"Infrastruktur telekomunikasi yang tidak terpakai harus dioptimalkan, kemudian sejumlah masalah dan isu terkait juga perlu dibenahi oleh pemerintah dan operator. Apabila program Universal Service Obligation (USO) di bidang telekomunikasi dan Palapa Ring rampung, maka konektivitas internet Indonesia dapat diandalakan dan penetrasi pengguna juga akan meningkat," katanya Optimis.

Untuk diketahui, USO merupakan program di bidang telekomunikasi yang dikampanyekan Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk wilayah-wilayah di Tanah Air yang belum terjangkau dengan teknologi informasi. Dalam praktiknya, Kominfo menggelar sejumlah program USO meliputi, Desa Berdering (menyediakan jaringan telefon), Desa Pintar (menyediakan jaringan internet), dan Radio Komunitas. Program USO dijalankan pemerintah guna mencapai masyarakat berbasis informasi pada 2025. Untuk program hingga 2014 adalah menjangkau layanan dasar di hampir tiga puluh empat ribu desa.

Sementara itu, Palapa Ring ialah proyek pembangunan jaringan serat optik nasional yang akan menjangkau 33 provinsi, 440 kota/kabupaten di penjuru Tanah Air dengan total panjang kabel laut mencapai mencapai 35.280 kilometer, dan kabel di daratan adalah sejauh 21.807 kilometer.

Serat optik sendiri meruapakan saluran informasya yang terbuat dari material kaca atau plastik, di mana saluran tersebut digunakan untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat lain. Kecepatan transmisi serat optik sangat tinggi, sehingga sangat bagus digunakan sebagai saluran komunikasi. Serat optik umumnya digunakan dalam sistem telekomunikasi serta dalam pencahayaan, sensor, dan optik pencitraan.
Sumber : Okezone

4 Keuntungan Mengunyah Makanan dengan Benar

4 Keuntungan Mengunyah Makanan dengan Benar | Choliknf1998.blogspot.com
Kita selalu disarankan untuk mengunyah makanan dengan benar. Namun, kita sering kali terlalu sibuk dengan pekerjaan sehingga makan terburu-buru. Mengunyah makanan dengan benar sangat penting bagi kesehatan, terutama pencernaan. Penasaran dengan manfaat lainnya? Berikut adalah lima keuntungan mengunyah makanan dengan benar, seperti dilansir Boldsky.

1. Membuat Anda cepat kenyang
Ketika Anda makan perlahan, otak mengirimkan sinyal yang membuat Anda merasa lebih kenyang. Hal ini mengurangi dorongan untuk makan secara berlebihan. Mengetahui kapan Anda harus berhenti makan bisa membantu penurunan berat badan mencegah kenaikan berat badan yang berlebihan.

2. Membantu pencernaan
Ketika mengunyah, air liur memecah partikel makanan dan melembutkannya. Hal ini membuat makanan mudah masuk ke sistem pencernaan. Enzim alpha amilase dan lipase lingual, yang diproduksi oleh kelenjar ludah, dapat membantu memecah karbohidrat dan lemak. 

3. Kebersihan mulut
Mengunyah dengan benar dapat membantu melawan bau mulut lho. Selain itu, air liur juga dapat membunuh bakteri berbahaya dan menghilangkan partikel makanan di sekitar gigi.

4. Produksi air liur
Mengunyah dengan benar dapat mendorong produksi air liur. Air liur dapat membantu melembutkan dan mengubah tekstur makanan. Selain itu, mengunyah juga membantu penyerapan nutrisi makanan yang diserap oleh air liur.

Mengunyah makanan dengan benar dapat mengurangi masalah pada sistem pencernaan Anda. Jadi, kunyahlah makanan Anda dengan benar sebelum menelan.

Sumber : Merdeka.com

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More