Selamat datang di choliknf1998.blogspot.com, blog ini pindahan dari choeliknf75.blogspot.com

Sabtu, 18 Agustus 2012

6 Sosok dan Peran Tersembunyi Dibalik Proklamasi Kemerdekaan

6 Sosok dan peran tersembunyi di balik Proklamasi Kemerdekaan 
Soekarno membacakan naskah proklamasi di teras rumah didampingi Mohammad Hatta. Naskah proklamasi hanya dicatat di atas secarik kertas.

Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia.
Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l, diselenggarakan dengan tjara seksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.
Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05
Atas nama bangsa Indonesia.

Soekarno/Hatta

Dalam teks itu, tahun yang digunakan bukan tahun masehi 1945 melainkan penanggalan tahun Jepang 2605. Karena itu ditulis tahun 05 saja.

“Pernyataan itu tidak dipahatkan di atas perkamen dari emas. Kalimat-kalimat itu hanya digoreskan pada secarik kertas. Seseorang memberikan buku catatan bergaris-garis biru seperti yang dipakai pada buku tulis anak sekolah. Aku menyobeknya selembar dan dengan tanganku sendiri menuliskan kata-kata proklamasi di atas garis-garis biru itu,” aku Soekarno dalam buku biografi yang ditulis Cindy Adams.

Soekarno sempat tidak percaya akhirnya Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya. Acara yang digelar sangat sederhana ini jauh dari angan-angan Soekarno soal proklamasi kemerdekaan yang lama telah diimpikannya. “Tidak seperti yang kuangankan. Tidak ada terompet yang ditiup. Tidak ada paduan suara merdu dari para bidadari. Tidak ada upacara keagamaan yang khusyuk. Tidak ada pelayan istana yang berpakaian indah. Acara ini juga tidak diliput besar-besaran oleh wartawan dan juru foto,” kenang Soekarno.

Namun, di luar Soekarno dan Hatta, ada beberapa nama tersembunyi di balik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Siapa saja mereka?

1. Frans Mendur dan Alex Mendur
Dua saudara Frans dan Alex Mendur adalah satu-satunya juru foto yang memotret peristiwa bersejarah proklamasi tanggal 17 Agustus 1945.
Usai proklamasi, tentara Jepang menangkap Alex Mendur, dan merampas kamera miliknya. Tapi beruntung Frans Mendur bisa lolos. Frans mengubur negatif film miliknya di bawah pohon. Pada tentara Jepang, Frans mengaku negatif fotonya sudah dirampas Barisan Pelopor. Saat itu Frans hanya memotret tiga kali, Soeharto yang membaca naskah proklamasi, dan dua foto pengibaran bendera. Saat itu plat foto Frans memang hanya tersisa tiga jepret.
Butuh perjuangan pula untuk mencetak karya foto itu dan menyebarkannya ke seluruh dunia. Tanpa usaha keduanya, proklamasi hanya akan berisi rangkaian kata tanpa bukti otentik berupa foto.

2. Surastri Karma Trimurti
SK Trimurti adalah wartawan dan tokoh pergerakan wanita yang ikut hadir saat proklamasi kemerdekaan. Bahkan dialah yang pertama kali didaulat massa untuk mengibarkan bendera merah putih.

Namun SK Trimurti menolak. Menurutnya lebih pantas jika seorang tentara yang mengibarkan bendera merah putih itu. Akhirnya seorang perwira PETA bernama Latief Hendraningrat terpilih untuk menaikkan bendera. SK Trimurti juga merupakan istri dari Sayuti Melik, pria yang berjasa mengetik teks proklamasi.

3. Abdul Latief Hendraningrat
Latief Hendraningrat tentara PETA berpangkat shodanco mengerek bendera merah putih untuk pertama kalinya setelah proklamasi. Saat itu Latief berpakaian Perwira PETA dan menyandang samurai. Tak ada yang memerintahkan Latief, dia hanya mengambil inisiatif setelah SK Trimurti merasa tidak pantas mengerek bendera.

Dengan tangkas Latief menaikkan bendera merah putih buatan istri Soekarno, Fatmawati. Bendera yang dijahit dari seperai berwarna putih dan kain tenda tukang soto berwarna merah itu menjadi bendera pusaka. Berkibar di atas tiang bendera dari bambu yang dibuat tergesa-gesa.


Saat menaikkan bendera, Latief dibantu oleh Suhud, seorang anggota barisan pelopor.

4. Suhud Sastro Kusumo

Suhud ketika itu masih sangat muda. Sebagai anggota Barisan Pelopor, dia ikut hadir di Jl Pegangsaan Timur nomor 56 tanggal 17 Agustus 1945. Kala itu dia membantu Latief yang mengerek bendera. Suhud mengambil bendera dan memasangnya di tiang bambu yang telah dipersiapkannya.

Dalam foto karya Frans Mendur, Suhud berdiri membelakangi kamera. Dia mengenakan celana pendek. Belakangan seorang pria bernama Ilyas Karim mengaku dialah orang bercelana pendek itu. Namun sejumlah pakar sejarah menilai klaim Ilyas Karim tidak kuat. Apalagi tidak ada saksi mata yang melihat Ilyas Karim kala itu.

5. Muwardi
Muwardi adalah seorang dokter Kepala Barisan Pelopor Jawa. Dia membentuk Barisan Pelopor Indonesia yang bertugas menjaga keselamatan Soekarno dan Hatta.

Saat proklamasi, Muwardi membacakan teks pembukaan Undang-undang Dasar 1945 yang disusun oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI). Setelah Muwardi membacakan pembukaan UUD 1945, baru Soekarno menyampaikan pidato dan membacakan naskah proklamasi.
Namun peristiwa pembacaan pembukaan UUD 1945 ini tidak banyak dipublikasikan. Begitu juga dengan pidato wakil Walikota Jakarta Soewirjo saat proklamasi.

6. Sayuti Melik
Semua sudah mengenal Sayuti Melik sebagai orang yang mengetik naskah teks proklamasi. Tapi peran Sayuti tak cuma mengetik saja. Bersama para pemuda dari Asrama Menteng 31, dia berusaha menyebarkan berita soal kemerdekaan Indonesia.

Banyak aksi nekat dari para pemuda, terutama wartawan, penulis atau penyiar berita yang akhirnya membuat berita soal proklamasi Indonesia bisa diketahui seluruh dunia.


Aksi nekat para pemuda ini sangat berisiko karena jika ketahuan Jepang, mereka akan langsung dihukum mati.

Sumber

5 Pantai Cantik yang Tersembunyi di Dunia

Traveling ke pantai yang bersih, sunyi, sepi dan tenang menjadi dambaan kebanyakan orang. Sayangnya, hampir semua pantai cantik telah ramai dikunjungi turis dari berbagai belahan dunia. Tapi tahukah Anda masih ada 5 pantai cantik yang tersembunyi di dunia?

Diintip dari The Travelers Zone, Kamis (16/8/2012), berikut adalah 5 pantai tersembunyi paling cantik di dunia, karena akses lokasi yang cukup sulit:

1. Pantai Mughsayl, Oman

5 Pantai Cantik yang Tersembunyi di Dunia - choliknf1998.blogspot.com 
Pantai tersembunyi pertama yang harus Anda ketahui adalah Pantai Mughsayl di Kota Salahah, Oman. Pantai ini memiliki pasir yang bersih dan halus. Di sekelilingnya, turis bisa melihat ada perkebunan kelapa dan pisang yang jarang ada di pantai lain.

Jika melihat ke arah laut, turis bisa langsung terhipnotis dengan jernihnya air laut, yang berkombinasi apik dengan pasir kuning keemasan. Pantai Mughsayl semakin indah dengan adanya tebing tinggi di sekeliling, lengkap dengan gunung batu yang berdiri kokoh. Biasanya, turis yang datang ke tempat ini menghabiskan waktu dengan bersantai, berjemur sambil menikmati semilir angin.

2. Pantai Nha Trang, Vietnam

5 Pantai Cantik yang Tersembunyi di Dunia - choliknf1998.blogspot.com 
Pantai Nha Trang adalah tempat yang tepat untuk beristirahat. Pantai yang berada di Nha Trang, Vietnam ini memiliki alam bawah laut yang cantik. Banyak pelancong yang datang menghabiskan waktu dengan menyelam. Mereka menikmati kecantikan terumbu karang dan ikan aneka warna di laut Nha Trang Beach. 

Tidak hanya itu, Nha Trang Beach juga memiliki pasir yang putih. Ombaknya juga tenang, jadi asyik untuk dijadikan tempat berenang untuk Anda.
Sayangnya, pantai cantik ini masih sepi dikunjungi wisatawan karena lokasinya yang jauh. Inilah yang menjadi penghalang wisatawan untuk datang.

3. Pantai Clifton, Afrika Selatan

5 Pantai Cantik yang Tersembunyi di Dunia - choliknf1998.blogspot.com 
Pantai cantik tidak hanya dimiliki Oman dan Vietnam, tetapi juga dimiliki Afrika Selatan. Pantai Clifton di Cape Town merupakan salah satunya. 

Pantai tersembunyi ini memiliki pasir putih dengan bibir pantai yang dihiasi bebatuan granit. Pantai semakin tampak cantik dengan air laut yang jernih. Habiskanlah waktu di pantai ini dengan duduk santai dan berjemur. Sempurna!

4. Pantai Cable, Australia Barat

5 Pantai Cantik yang Tersembunyi di Dunia - choliknf1998.blogspot.com 
Ini dia pantai yang begitu mengangumkan dan cantik dengan bibir pantai yang panjang, Pantai Cable namanya. Terletak di Kota Broome, Pantai Cable menawarkan wisata pantai dengan pesisir yang panjang. Sekitar 12 mil atau 19 km, pasir putih nan lembut terhampar di Pantai Cable. Air laut biru jernih memberikan sentuhan indah di Pantai Cable.

Ada banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan saat berada di pantai ini. Ombaknya yang cukup tinggi asyik untuk olahrga surfing. Jika ingin sekadar menikmati pemandangan, berkelilinglah dengan jalan kaki atau menggunakan kendaraan.

5. Pantai Isola Bella, Italia

5 Pantai Cantik yang Tersembunyi di Dunia - choliknf1998.blogspot.com 
Italia memang terkenal dengan pantainya yang cantik. Tapi tahukah Anda pantai cantik yang belum banyak diketahui wisatawan? Pantai Isola Bella jawabannya. Pantai ini berada di kawasan Sisilia Timur. 

Berada di Pantai Isola Bella, pelancong langsung disuguhkan dengan pemandangan cantik Gunung Etna. Tidak hanya itu, pantai ini semakin eksotis dengan adanya kerikil kecil dan air lautnya yang jernih. Kesimpulannya, Pantai Isola Bella merupakan pantai yang tepat untuk liburan Anda.

Itulah 5 pantai cantik yang keberadaannya cukup tersembunyi karena akses yang sulit. Jika Anda salah satu pecinta wisata pantai, jangan sampai lewat berkunjung ke salah satu pantai ini, Ya!.

Sumber : DetikTravel

Meski di Bawah Tanah, Hotel ini Tetap Mewah

Hotel Silvermine Chamber, Swedia 
Hotel Silvermine Chamber merupakan hotel bintang tiga yang berada di Swedia, tepatnya di bawah tanah kota Sala, 120 kilometer dari ibukota Swedia, Stockholm.

Di hotel ini Anda bisa tidur di kedalaman 155 m di bawah tanah. Meski dingin dan sedikit gelap, namun sensasinya tak bisa disangkal. Menginap di hotel ini merupakan pengalaman unik dan berharga.


Hotel ini berada dalam kawasan pertambangan Silvermine Chamber, salah satu pertambangan terbaik dunia yang dijaga kondisinya. Hal tersebut menjadi alasan mengapa hotel bertempat di kedalaman pertambangan yang nyaman ini. Di antara tata letaknya yang menyerupai labirin terdapat kamar-kamar yang bisa di tempati untuk dua orang.



Hotel Silvermine chamber
Sumber foto: Gizmag.com.
Hotel Silvermine Chamber juga dilengkapi dengan fasilitas bar dan restoran, ruangan konferensi, parkir gratis (di atas permukaan tanah), akses internet, dan penitipan binatang peliharaan. Yang paling menarik adalah pengalaman menghabiskan malam di kedalaman bawah tanah. Karena jaringan telepon genggam tidak mendapatkan sinyal, hotel menyediakan sebuah sistem komunikasi menggunakan radio yang akan menghubungkan Anda dengan staf hotel.

Berada dalam hotel mungkin membuat Anda terputus dengan dunia di atas. Namun, justru inilah pengalaman menariknya karena adrenalin Anda akan terpacu. Biaya kamarnya berkisar antara Rp1.230.000 hingga Rp3.075.000.

Sumber : Okezone
Baca juga : 10 Hotel Mewah yang Bertema Unik

7 Benda yang Ternyata Terbuat dari Hewan

Anda menghindari produk hewani? Sayangnya, Anda tidak akan benar-benar bisa melakukannya. Kenapa? Beberapa produk yang sering kita gunakan sehari-hari terbuat dari hewan. Namun, Anda mungkin tidak menyadarinya sama sekali. Berikut adalah tujuh hal mengejutkan yang terbuat dari hewan, seperti dilansir Boldsky.


1. Sabun

7 Hal mengejutkan yang terbuat dari hewan 
Sebagian besar sabun terbuat dari minyak esensial seperti kelapa dan almond. Tetapi, ada beberapa produk sabun yang terbuat dari lemak hewan seperti sapi atau babi. Lemak ini dicampurkan dengan sodium hidroksida untuk membuat busa sabun.

2. Pasta gigi

7 Hal mengejutkan yang terbuat dari hewan 
Glycerine dapat ditemukan dalam lemak hewan dan nabati. Ini adalah salah satu bahan utama dalam membuat pasta gigi. Jadi, Anda harus benar-benar jeli mana pasta gigi yang non-nabati.

3. Produk kosmetik

7 Hal mengejutkan yang terbuat dari hewan 
Lipstick dan cat kuku biasanya terbuat dari produk hewani lho. Meski begitu, tak menutup kemungkinan beberapa produk terbuat dari nabati.

4. Shampo dan kondisioner

7 Hal mengejutkan yang terbuat dari hewan 
Ada lebih dari selusin bahan kimia dalam shampo atau kondisioner yang mungkin terbuat dari produk hewani. Jadi, telitilah sebelum membeli!

5. Gula

Abu yang dimurnikan dari tulang hewan digunakan oleh beberapa perusahaan sebagai filter untuk menyempurnakan gula.

6. Plastik

7 Hal mengejutkan yang terbuat dari hewan 
Meskipun polimer biasanya dibuat dari bahan baku minyak bumi, beberapa perusahaan plastik menggunakan aditif yang berasal dari hewan untuk meningkatkan kualitas plastik.

7. Pelembut kain

7 Hal mengejutkan yang terbuat dari hewan 
Kebanyakan dari kita menggunakan pelembut kain setelah mencuci pakaian. Tahukah Anda dari mana asal pelembut pakaian itu? Lemak kuda, domba atau sapi digunakan di dalamnya. Elemen hewan yang digunakan dalam pelembut pakaian dikenal sebagai lemak amonium klorida dimetil yang dihidrogenasi.

Bagi Anda yang mengaku vegetarian tulen, hindari produk yang terbuat dari hewani. Namun, bukan berarti produk dari hewan tidak baik untuk kesehatan. Anda hanya harus lebih berhati-hati dalam membeli.
Sumber : Merdeka.com

15 Fakta Luar Biasa Tentang Tubuh Manusia

15 Fakta paling luar biasa tentang tubuh manusia
Ilustrasi DNA.
Tuhan menciptakan tubuh manusia dengan berbagai kemampuan yang luar biasa. Apalagi jika dibanding makluk bumi lainnya seperti tumbuhan dan hewan. Bahkan, banyak hal yang kadang sulit diterima akal sehat kita. Ingin tahu apa saja fakta menarik di balik tubuh manusia? Berikut adalah fakta-fakta luar biasa tentang tubuh manusia, seperti dilansir Odd Stuff Magazine.
  • 1. Satu miliar sel dalam tubuh berganti setiap jam.
  • 2. Mata manusia dapat membedakan 500 jenis warna abu-abu. 
  • 3. Hati manusia dapat menciptakan tekanan yang bisa menyemprotkan darah sejauh 9 m. 
  • 4. Mata berukuran sama sejak manusia lahir, tetapi hidung dan telinga tidak pernah berhenti tumbuh.
  • 5. Jenggot adalah rambut yang paling cepat tumbuh pada tubuh manusia.
  • 6. Mata bayi tidak menghasilkan air mata hingga bayi berumur sekitar enam sampai delapan minggu. 
  • 7. Orang berkulit lebih gelap mengalami proses penuaan lebih lama dibanding mereka yang berkulit putih.
  • 8. Darah manusia melakukan perjalanan sejauh 60.000 mil (96.540 km) per hari untuk beredar ke seluruh tubuh.
  • 9. Jantung wanita berdetak lebih cepat daripada jantung pria. 
  • 10. Dalam satu hari, jantung manusia berdetak sampai 100.000 kali. 
  • 11. Rambut terbuat dari materi yang sama seperti kuku.
  • 12. Manusia menggunakan 5-53 pasang otot wajah untuk tersenyum.
  • 13. Satu dari 20 orang memiliki tulang rusuk ekstra. 
  • 14. Kecepatan batuk mencapai 96,5 km per jam. 
  • 15. Tulang paha manusia lebih kuat dari beton.
Betapa banyak mukjizat yang diberikan Tuhan pada manusia. Tidak hanya akal pintar, Tuhan juga memberikan manusia kemampuan luar biasa untuk hidup dan beradaptasi. Thanks to God!.
Sumber : Merdeka.com

10 Hal Penghancur Hubungan Asmara

Saat bertemu pasangan, Anda merasa bahwa dia adalah orang yang tepat. Namun ada hal yang bisa menghancurkan hubungan Anda. Apa saja itu? Temukan jawabannya seperti yang dilansir dari Your Tango (14/08/2012) berikut ini.
Kritikan
Anda jarang dipuji, sebaliknya banyak kritikan dari pasangan yang dilayangkan pada Anda. Saat Anda protes, dia bilang Anda tak bisa menerima masukan. Jika hal ini terjadi, hubungan Anda artinya ada di ujung tanduk.
Waktu
Masa awal pacaran atau menikah, Anda dan pasangan sering menghabiskan waktu bersama. Namun semakin lama, mencari waktu untuk bertemu saja susah dilakukan. Lantas apa yang bisa dipertahankan dari hubungan seperti ini?
Dukungan
Hubungan asmara yang kuat identik dengan dukungan yang diberikan masing-masing pasangan. Sayangnya kalau Anda atau pasangan sudah tidak tertarik memberikan dukungan, perpisahan bisa menjadi kemungkinan terburuk bagi hubungan Anda.
Marah
Hal sepele mungkin bisa memancing emosi pasangan. Tetapi kalau marah itu terus-terusan terjadi dan memicu rasa stres, artinya hubungan Anda sudah hancur.
Kontrol
Siapa yang suka diatur-atur? Bahkan orang tua pun tetap membebaskan anaknya untuk memiliki pilihan. Kalau pasangan Anda berubah suka mengontrol segala tindakan Anda, ada baiknya untuk segera mengakhiri hubungan asmara.
Prinsip
Banyak pasangan suami istri yang bercerai karena alasan perbedaan prinsip. Prinsip ini berkaitan dengan status pekerjaan, seks, atau yang lain. Jadi jika Anda belum menikah, pastikan Anda memiliki prinsip yang sama dengan pasangan.
Komunikasi
Kalau masalah waktu juga dialami oleh pasangan hubungan jarak jauh, hal itu tidak masalah selama mereka tetap menjalin komunikasi. Sebab tidak adanya komunikasi pun mampu memicu hancurnya sebuah hubungan.
Keuangan
Uang memang tidak bisa membeli kebahagiaan. Namun masalah keuangan adalah hal krusial yang sensitif bagi setiap pasangan. Berbagai keputusan tentang berakhirnya hubungan tak jarang disebabkan karena masalah yang satu ini.
Kecanduan
Apakah Anda punya pasangan yang kecanduan rokok, minuman beralkohol, atau bahkan obat-obatan terlarang? Jika iya, hati-hati akan hal itu. Sebab masalah kecanduan pada hal buruk juga bisa menghancurkan hubungan.
Kepercayaan
Apa artinya sebuah hubungan tanpa kepercayaan? Masalah kepercayaan ini pun identik dengan perselingkuhan. Maka saat Anda sudah tidak bisa mempercayai pasangan, pilihan terbaik bagi hubungan Anda adalah mengakhirinya.
Nah, itu dia sepuluh hal yang menghancurkan hubungan asmara. Selama Anda menjalin cinta dengan pasangan, pastikan tidak ada satu hal tersebut di atas yang menghalangi jalan kebahagiaan Anda.
Sumber : Merdeka.com

5 Cara untuk Menghemat Baterai iPhone

Lima Cara Menghemat Baterai Iphone
Ketahanan baterai ponsel pintar saat ini belum bisa mengimbangi perkembangan aplikasi. 

Tidak heran kalau kebanyakan ponsel pintar hanya mampu bertahan lima hingga enam jam saja jika dipakai secara maksimal. 

Karena Iphone juga masuk ke dalam kategori ponsel pintar, kasus yang sama juga sering terjadi dan kalau Anda merupakan pengguna gadget tersebut. 

Berikut ini ada lima tips agar baterai tetap awet walaupun digunakan secara terus menerus. 

1. Atur pencahayaan layar 
Sama seperti notebook, kalau cahaya layarnya tidak diatur maksimal, baterai akan lebih hemat. Cara mengatur pencahayaan dapat dilakukan di menu Settings pada pilihan Brightness

2. Gunakan wifi 
Mengandalkan jaringan operator untuk internetan sangat tidak disarankan. Terutama di Indonesia dimana sinyal tidak pernah stabil. 

Iphone akan berusaha keras untuk mencari sinyal terkuat sehingga menguras tenaga. Karena itu, sebaiknya gunakan wi-fi jika memungkinkan.

3. Blokir akses GPS
 

Kalau Anda menggunakan banyak aplikasi dengan pengaturan GPS, Iphone akan bekerja lebih keras untuk memastikan lokasi tempat Anda berada. Biasanya aplikasi yang membutuhkan GPS ialah jejaring sosial. 

Karena itu biasakanlah memperbarui status tanpa menghidupkan GPS.

4. Matikan fitur Fetch dan Push
 

Dua fitur tersebut biasa ditemukan di ponsel pintar manapun. Dengan mengaktifkan keduanya, Anda tidak perlu repot-repot untuk melakukan pembaruan aplikasi secara manual ataupun memeriksa email melaluibrowser

Dampaknya, Iphone akan terus mengunduh data sehingga memakan energi.

5. Notifikasi
 

Banyak aplikasi yang mengeluarkan notifikasi seperti jejaring sosial ataupun surat elektronik. 

Pilihlah yang penting agar tidak semua aplikasi berbunyi dan membuat suara berisik tiap menitnya.
Sumber : MediaIndonesia.com
Baca juga : 10 Tips Menghemat Baterai Smartphone Android

5 Cara Mengetahui Karakter Pria dari Ponselnya

Dalam hal bahasa tubuh, perempuan mungkin lebih terlihat berekspresif. Itulah mengapa mereka senang memperlihatkan sisi romantisnya pada sang kekasih. Namun tidak begitu dengan pria, terkadang mereka adalah sosok pria yang tidak ekspresif atau bahkan karakternya cenderung misterius.

Karakter pria seperti ini memang bisa membuat penasaran, karena banyak hal yang tidak diperlihatkan olehnya. Jika Anda memiliki pasangan seperti ini dan ingin mencari tahu lebih dalam, coba perhatikan kebiasaannya dalam menggunakan ponsel. Berikut adalah beberapa kebiasaan, seperti yang dilansir oleh Cosmoplitan, yang bisa membantu Anda mengintip hal lain mengenai sifat yang dimilikinya.

1. Suka bergonta-ganti ponsel
Jika pasangan Anda adalah tipe pria yang suka bergonta-ganti ponsel mengikuti produk terbaru yang sering muncul di pasaran, sudah bisa ditebak bahwa ia adalah tipe pria yang boros. Karena ponsel terbaru yang sering ia beli adalah produk yang lebih canggih dan pastinya mahal. Ia juga termasuk pria yang memiliki gengsi yang cukup tinggi, karena ia senantiasa berusaha untuk menunjukkan bahwa ia selalu mengikuti tren terbaru.

2. Memilih ponsel berwarna cerah
Ketika pasangan memilih varian warna yang paling menarik padangannya, itu menunjukkan bahwa ia adalah tipe pria yang cenderung suka ketika menjadi pusat perhatian. Selain berani untuk mengekspresikan dirinya, ia juga merupakan tipe pria yang terbuka. Namun karakter iini juga tidak jarang lebih mementingkan dirinya sendiri.

3. Menggunakan pouch pelindung ponsel
Pria ini memiliki sifat yang protektif, karena bisa dilihat dengan mudah dari kebiasaannya dalam menjaga barang yang dimilikinya. Selain itu, ia juga tidak suka memamerkan ponselnya di depan umum. Maka jangan heran pula jika ia juga cenderung lebih tertutup.

4. Ponselnya berisi banyak aplikasi dan games
Jika Anda melihat terdapat banyak aplikasi dan games yang di-install dalam ponselnya maka ia cenderung berjiwa muda dan tidak pernah lelah dalam mencari cara untuk bersenang-senang. Ia juga termasuk tipe pria yang selalu ingin tahu dan mencoba hal baru dan memanfaatkannya dengan maksimal. Anda bisa memanfaatkan sifatnya untuk selalu bisa menjaga hubungan yang dijalin tidaklah membosankan dan selalu menyenangkan.

5. Masih memakai ponsel kuno
Pria dengan tipe seperti ini cenderung kaku dan bersifat konservatif. Ia tidak mudah terpengaruh dengan gengsi dan tidak terlalu membutuhkan fitur yang bisa ia dapatkan dari teknologi terbaru, selama ponselnya masih bisa digunakan. Di samping hal tersebut, ia memiliki sisi baik dengan kesetiaan yang dimilikinya, tidak hanya untuk barang maupun juga dengan pasangannya.
Pria yang cenderung misterius memang suka membuat perempuan penasaran, namun dengan mengintip beberapa kebiasaan tadi mungkin Anda suda bisa menebak beberapa hal mengenai si pria.

Sumber

5 Isu Masa Depan Dunia yang Harus Disadari

Ilustrasi global warming.
Lima isu masa depan dunia merupakan artikel yang ditulis oleh Tom Rubenoff dalam blog pribadinya Tomrubenoff.hubpages.com, dari sudut pandang seorang warga Amerika. Akan tetapi artikel yang mengulas isu dunia yang harus disadari oleh orang Amerika, ini juga relevan bagi kita.

Orang Amerika menikmati salah satu standar hidup tertinggi di dunia, dilindungi oleh militer terkuat di dunia, dan budaya populer yang paling berpengaruh di dunia. Sehingga dapat dikatakan Amerika adalah bangsa yang paling kuat di bumi. Namun demikian, Amerika menghadapi lima isu penting yang harus disadari, karena jika diabaikan akan secara drastis mempengaruhi cara hidup mereka, diantaranya:

1. Kemajuan Cina
Menurut Robert J. Samuelson, seorang kolumnis The Washington Post, sekitar tahun 2025 perekonomian China akan melebihi Amerika. Seiring China telah menyadari kekuatannya, maka ia akan membuat aturan dan praktek yang dapat diterima yang akan memegang ekonomi dunia. Di masa depan, Cina akan menjadi pesaing tangguh dalam menghadapi sumber daya dunia yang semakin berkurang. Karena semakin berkurangnya sumber daya alam, hal ini akan berpotensi terhadap persaingan dalam mempengaruhi negara yang dianggap berbahaya. Saat ini militer China menimbulkan sedikit ancaman terhadap Amerika Serikat saat ini, namun karena alasan sumber daya dan keinginan tertentu,  hal itu bisa berubah. Amerika harus menjalin diplomatik dengan China pada setiap bidang untuk terus meningkatkan kerjasama antara China dan seluruh dunia.

2. Pemanasan Global
Perubahan iklim mungkin tidak akan mempengaruhi tanaman di Amerika di masa mendatang, namun akan mempengaruhi produksi pangan di negara berkembang, menyebabkan kehancuran kelaparan dan penyakit di seluruh dunia. Karena berbagai negara mengalami tekanan masalah tersebut, maka ketidakstabilan politik mungkin terjadi. Pemanasan global dapat membuat dunia menjadi tempat yang berbahaya.

Sesuai dengan gaya hidupnya, orang Amerika menghasilkan gas rumah kaca yang tidak proporsional di dunia. Mereka harus peduli tentang masalah ini dan perlu melakukan gaya hidup yang lebih bijak untuk mengurangi karbon untuk mengurangi pemanasan global.

3. Berkurangnya Persediaan Minyak
Ada sebuah teori yang disebut, "Peak Oil," yang menunjukkan  bahwa produksi minyak dunia akan segera mencapai puncak, dan setelah itu pasokan minyak akan semakin berkurang. Situs web AftertheOilCrash menyatakan bahwa jika pasokan minyak terlalu pendek, katakanlah berkurang sepuluh persen dalam memenuhi permintaan, maka ekonomi berbasis minyak seperti Amerika Serikat akan segera hancur.

Apakah teori ini benar atau tidak, implikasi dari ketergantungan Amerika pada minyak Timur Tengah yang cukup serius, dan Amerika harus berpikir untuk memecahkan ketergantungan ini. 

Orang Amerika (dan kita juga) perlu menggunakan minyak lebih sedikit. Kita dapat melakukan ini dengan berjalan kaki atau bersepeda dan menggunakan kendaraan untuk hal-hal penting saja, membeli kendaraan dan peralatan lain yang hemat energi. Tapi sebagai orang Amerika yang dikenal di seluruh dunia sebagai "bangsa yang dapat berbuat" harus dapat membangun dan menempatkan pengetahuan, keahlian, dan energi untuk memecahkan  masalah ini. Melalui riset dan inovasi menemukan cara-cara baru dan lebih baik untuk menangani energi.

4. Berkurangnya Persediaan Air
BBC melaporkan bahwa dua puluh persen manusia  di planet ini tidak memiliki akses terhadap air bersih, dan bahwa pada tahun 2020 kita akan membutuhkan air 17% lebih banyak dari saat ini untuk mengairi tanaman dan mencukupi bahan makanan populasi bumi. USA Today melaporkan bahwa pada tahun 2050 kekurangan air akan mempengaruhi empat miliar orang. Film, Flow, mendokumenkan gerakan yang dilakukan oleh perusahaan besar dunia untuk mengendalikan semua sumber air murni sehingga mereka dapat menjualnya kembali kepada publik.

Amerika harus memimpin dalam merintis hak asasi manusia terhadap akses air bersih. Setiap manusia harus memiliki udara untuk bernapas, air untuk minum, dan makanan untuk dimakan. Sebagai negara yang paling kuat di bumi, kita harus mendorong, mengajar, dan mempersiapkan dunia untuk hemat menggunakan air sehingga masa depan manusia tidak hancur. Orang Amerika kita harus belajar bahwa setiap tetes air murni sangat berharga untuk disiasiakan, dan kita harus berperilaku dengan pantas.

5. Ledakan Populasi
Semakin penduduk, semakin banyak energi yang mereka perlukan, limbah air, gas-gas rumah kaca dan limbah lain akan semakin banyak dihasilkan. Biro Sensus Amerika Serikat memprediksi bahwa populasi dunia, jika terus meningkat pada tingkat ini, akan mencapai sembilan miliar pada tahun 2040. Menurut National Institutes of Health, pasokan makanan harus ditingkatkan sebesar 4% setiap tahun untuk mengimbangi pertumbuhan ini. Negara berkembang tentu saja menghadapi masalah terbesar dalam hal ini, karena banyak yang sudah tidak menghasilkan makanan yang cukup untuk memberi makan penduduknya. Kondisi sanitasi yang tidak memadai, akan menimbulkan penyakit dan penderitaan, dan masalah ini akan semakin buruk jika jumlah penduduk terus meningkat.

Orang Amerika (dan kita juga) harus mengajarkan kepada anak-anak kita dan kita harus mengajarkannya kepada dunia,  bahwa pertumbuhan penduduk perlu dikurangi. Ada pertimbangan untuk tidak bereproduksi, namun mengingat hak untuk bereproduksi adalah sesuatu yang sangat mulia, maka kita harus melakukan pertimbangan secara bijaksanan terhadap kelangsungan hidup kita. Kita berdoa semoga Tuhan memberikan kita kebijaksanaan yang kita butuhkan.

Sumber

5 Khasiat Madu untuk Kesehatan

Meski mengandung kadar gula yang tinggi, namun madu memiliki berbagai khasiat positif bagi kesehatan. Baru-baru ini penelitian mengungkap manfaat madu untuk meredakan batuk balita di malam hari. 

Selain meredakan batuk dan membuat tidur lebih tenang, berikut adalah beberapa khasiat madu yang menganggumkan.

1. Antibiotik oles
Penelitian menunjukkan beberapa penyakit kulit, seperti luka bakar, tergores, hingga bekas jahitan operasi, memberikan respon pada "terapi madu" yang dioleskan di bagian luka. Kandungan alami madu berupa hidrogen perioksida yang diproduksi dari enzim lebah diduga bekerja seperti antibiotika alami sehingga punya daya menyembuhkan.

2. Mengurangi gatal 
Kandungan anti-inflamasi dalam madu terbukti membantu mengurangi rasa gatal dan iritasi akibat gigitan nyamuk.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh
Madu sangat kaya akan polifenol, jenis antioksidan yang membantu melindungi sel dari kerusakan radikal bebas, yang bisa memicu penyakit kanker dan penyakit jantung.

4. Meredakan gangguan pencernaan
Dalam penelitian tahun 2006 yang dipublikasikan dalam BMC Complementary and Alternative Medicine, para peneliti menyimpulkan bahwa mengganti gula dengan madu dalam makanan yang diproses akan meningkatkan mikroflora dalam usus. Tetapi penelitian itu baru dilakukan pada tikus laboratorium.

5. Mengobati jerawat
Menurut penelitian awal, madu jenis Manuka dan Kanuka efektif mengatasi jerawat vulgaris, yakni gangguan kulit yang disebabkan oleh inflamasi dan infeksi folikel pilosebaceous di wajah, punggung, atau dada.

Sumber

Asal-usul Mudik

Dari mana kata "mudik" bermula. Bagaimana asal-usulnya? Sesekali, menarik juga memahami sebuah kata yang akhirnya menjadi budaya di negeri ini. Boleh jadi, satu-satunya tradisi unik yang dilakukan hampir seluruh orang dalam satu negara, sekaligus sebagai fenomena mengagumkan di mata dunia.

Setiap ahli punya opini sendiri tentang makna kata "mudik". Kita akan lihat bersama beberapa pandangan tersebut. 


Mudik dari Betawi? 

Dalam pergaulan masyarakat Betawi terdapat kata "mudik" yang berlawanan dengan kata "milir". Bila mudik berarti pulang, maka milir berarti pergi. 



Kata "milir" merupakan turunan dari "belilir" yang berarti: pergi ke Utara. Dulu, tempat usaha banyak berada di wilayah Utara - lihat sejarah Batavia dan Sunda Kelapa. Karena itulah kata "mudik" bermakna: Selatan.

Sehubungan dengan kata ini, pendapat lain mengungkapkan bahwa kaum urban di Sunda Kelapa sudah ada sejak abad pertengahan. Orang-orang dari luar Jawa mencari nafkah ke tempat ini, menetap dan pulang kembali ke kampungnya saat hari raya Idul Fitri tiba. Karena itulah, kata "mudik" dalam istilah Betawi juga mengartikan "menuju udik" (pulang kampung).



Mudik, budaya Agraris? 

Ada pula pendapat mengatakan mudik merupakan tradisi primordial masyarakat petani Jawa. Mereka sudah mengenal tradisi ini bahkan jauh sebelum Kerajaan Majapahit berdiri. 


Biasanya tujuan pulang kampung untuk membersihkan pekuburan dan doa bersama kepada dewa-dewa di kahyangan untuk memohon keselamatan kampung halamannya yang rutin dilakukan sekali dalam setahun. 

Tradisi 'nyekar' masih terlihat hingga kini. Kebiasaan membersihkan dan berdoa bersama di pekuburan sanak keluarga sewaktu pulang kampung masih banyak ditemukan di daerah Jawa. 

Mudik ada sejak nenek moyang? 
Bagaimana dengan pernyataan bahwa mudik telah ada sejak zaman nenek moyang? Beberapa ahli mengaitkan tradisi mudik ada, karena masyarakat Indonesia merupakan keturunan Melanesia yang berasal dari Yunan, Cina. Sebuah kaum yang dikenal sebagai pengembara. Mereka menyebar ke berbagai tempat untuk mencari sumber penghidupan. 

Pada bulan-bulan yang dianggap baik, mereka akan mengunjungi keluarga di daerah asal. Biasanya mereka pulang untuk melakukan ritual kepercayaan atau keagamaan. Pada masa kerajaan Majapahit, kegiatan mudik menjadi tradisi yang dilakukan oleh keluarga kerajaan. Sejak masuknya Islam, mudik dilakukan menjelang Lebaran. 

Mudik dalam kajian bahasa Arab 
Untuk menguatkan akar mudik berkaitan dengan tradisi islami, beredar pula argumen makna mudik dalam kajian ala timur-tengah. 

Kata "mudik" seperti istilah arab untuk "badui" sebagai lawan kata "hadhory". Sehingga dengan sederhana bisa diambil kesimpulan bahwa mudik, adalah kembali ke kampung halaman.

Mudik dari akar kata “adhoo-a” yang berarti “ yang memberikan cahaya atau menerangi”

Ini bisa dipahami dengan mudah, bahwa mereka para pemudik itu secara khusus memberikan ‘cahaya’ atau menerangi kampung-kampung halaman mereka. 



Mudik dari akar kata “adhoo-‘a”, yang berarti “ yang menghilangkan “ 

Selanjutnya, mudik berasal dari bahasa arab yang berarti : orang yang menghilangkan. Hal ini juga akan mudah kita tangkap, bahwa mereka pemudik itu adalah orang-orang perantauan yang dipenuhi beban perasaan kerinduan, dan kesedihan karena jauh dari orangtua, keluarga atau kampung halamannya. Karenanya mereka melakukan aktifitas mudik , dalam rangka ‘menghilangkan’ semua kesedihan tersebut.


Mudik dari akar kata “adzaa-qo” yang berarti “ yang merasakan atau mencicipi “ 
Orang yang mudik ke kampung halaman pastilah mereka yang ingin kembali ‘merasakan dan mencicipi’ suasana kampung tempat kelahiran.

-----------------------------

Nah, sekarang saya akan menyarikan apa yang pernah ditulis oleh budayawan, sastrawan, guru besar Jakob Sumardjo. Buat kamu yang belum mengenalnya dan ingin berkenalan dengan tulisannya, coba dulu baca yang paling populer "Olenka". Ia juga populer sebagai kolumnis yang kerap dimuat di koran-koran nasional.


Kata "mudik" mengartikan "hulu".
Pada zaman pramodern hanya dikenal komunikasi sosial lewat sungai. Hampir semua hunian tua di Indonesia selalu berada di tepi sungai. Karena sungai merupakan sarana komunikasi dan transportasi yang vital, maka dikenal adanya istilah arah hulu dan hilir, mudik dan muara.


Pada waktu itu, kalau orang mengatakan mau mudik, jelas artinya mau pergi ke hulu. Dan kalau mau ke hilir, berarti mau ke arah muara. Orang yang menuju ke hulu dapat berarti “naik”, “munggah”, “pulang”, “ke hutan”, “ke kebun”, “ke bukit”, “ke kampung”. Sedangkan orang yang menuju ke hilir dapat berarti pergi, “keluar”, “ke pasar”, “merantau”, “kerja”.

Dengan demikian arah hulu lebih bermakna “perempuan” dan hilir bermakna “lelaki”. Perempuan adalah hulu adalah rumah adalah kampung halaman. Lelaki adalah hilir adalah luar adalah asing, atau rantau.


Dengan pola pikir yang demikian itu, munggah dan mudik maknanya sama, yakni kembali ke ibu, ke kampung halaman, ke nenek moyang, ke asal adanya, ya kembali ke fitrahnya. Begitulah kesadaran kolektif bangsa ini sejak zaman dahulu kala, yakni tidak pernah melupakan jati dirinya, asal usulnya, nenek moyangnya, kampung halaman tempat ia dilahirkan. Manusia Indonesia, khususnya di Pulau Jawa, dalam hubungan munggah dan mudik ini, selalu ingat asal usulnya, indungnya, sangkan paran atau asal dan tujuan hidup ini. 

Mengapa identik dengan Lebaran? 

Di zaman purba Indonesia ada upacara setiap tahun yang bermakna manunggal dengan nenek moyang sebuah komunitas. Sisa-sisa upacara demikian masih lestari dalam bentuk bersih desa, ngalaksa, seren taun, ngarot dan banyak lagi. 



Dalam upacara-upacara semacam itu dilakukan penyatuan manusia sebagai mikrokosmos dengan alam sebagai makrokosmos dan arwah nenek moyang berupa mitos-mitos sebagai metakosmos. 


Rangkaian upacaranya mulai dari mandi bersama (bersih badan), pantang dan puasa, ziarah kubur, seni pertunjukan yang mementaskan kisah mitologi nenek moyang pendiri wilayah, dan akhirnya makan bersama atau kenduri. Tempatnya bisa di tanah lapang, di balai desa, di leuwi, di mata air, di kuburan desa.

Dalam upacara-upacara tahunan semacam itulah seluruh penduduk kampung kumpul bersama, tua atau muda atau kanak-kanak. 



Upacara menyatukan diri seluruh penduduk kampung dengan makrokosmos dan metakosmos ini, dapat bermakna sangkan-paran atau kembali menyatu dengan yang asal. Mereka sedang munggah atau mudik. Kembali ke indung asal kehidupan ini. Kembali ke Sang Pencipta dengan seluruh warga yang masih hidup maupun yang sudah meninggal. 



Ketika agama Islam dipeluk oleh bangsa Indonesia, maka sisa-sisa ritual primordial ini tidak dilenyapkan karena sudah merupakan bagian dari arketip budayanya. Kalau tidak melakukan, mereka merasa ada yang hilang dari bagian dirinya sebagai kelompok. 

Padanan untuk itu adalah bulan puasa bagi umat Islam, atau puncaknya pada hari Lebaran. Tradisi manusia Indonesia untuk nyekar atau menebar bunga di kuburan nenek moyang, mandi bersama di pantai atau di sungai desa, mengirim makanan bagi sanak saudara, yang semua itu dilakukan sebelum bulan puasa, adalah inkulturisasi Islam terhadap budaya sebelumnya.

Jumat, 17 Agustus 2012

Jasad, Band Death Metal dari Bandung

 
Rasanya akan basi jika membahas Jasad hanya dari kacamata musik mereka. Itu karena musik yang mereka mainkan sudah tak punya lagi celah untuk dikritisi. Waktu dan jam terbang telah mengantar Jasad pada level musikalitas di atas rata-rata sehingga apa pun yang mereka rilis sudah menjadi jaminan kualitas.
Jasad sekarang bukan hanya dikenal sebagai band pengusung brutal death metal garda depan. Jasad adalah ikon suksesnya sebuah akulturasi antara budaya barat dan lokal. Merekalah yang meretas konvensi menyelipkan unsur budaya Sunda di antara kebrutalan dan kebisingan metal. Tak heran bila Jasad dianggap bukan hanya tonggak penting scene Bandung Underground. Jasad juga jadi tiang pancang sebuah dekonstruksi kecenderungan di mana memakai atribut budaya lokal adalah juga sebuah kebanggaan.
Banyak literatur yang beredar di dunia maya menyebutkan Jasad didirikan tahun 2000. Namun, Jasad sebenarnya sudah ada sejak 1990. Formasi awal Jasad terdiri dari Yuli, Tito, dan Faried. Tahun 1992, mereka mengalami pergantian personel setelah Faried keluar. Dengan formasi kedua yang terdiri dari Yuli, Tito, Hendrik, dan Abut, mereka merilis dua singel yang direkam secara live, yakni Life ‘n Die dan Fuckin’ Education.
Line up Jasad kembali berubah pada 1994. Yayat, Yadi Behom, dan Dani masuk menggantikan Hendrik, Tito, dan Abut. Praktis hanya Yuli satu-satunya personel asli yang masih tersisa. Dengan line up Yadi Behom (vokal), Yayat (gitar), Yuli (bas), dan Dani (drum), Jasad mengeluarkan EP C’est La Vie yang dirilis Palapa Records. Mini album tersebut berisi tiga lagu yakni Belenggu, Riuh, dan Technological Principal. Lagu yang terakhir disebut tercantum dalam kompilasi paling bersejarah, Independent Rebels yang dirilis tahun 1997.
Jasad ditinggalkan Yadi Behom pada 1998. Setahun kemudian giliran Yayat yang cabut. Sebagai gantinya, Jasad menggamit Man dari Injected Sufferaged dan Ferly dari Forgotten. Dengan formasi Man (vokal), Ferly (gitar), Yuli (bas), Dani (drum), Jasad berkibar sebagai salah satu band death metal paling berpengaruh di tanah air.
Sempat merilis EP Ripping the Pregnant, mereka akhirnya melakukan pencapaian luar biasa saat mengeluarkan album bertajuk Witness Of Perfect Torture pada 2001. Album ini dirilis Rottrevore Records dan kemudian dirilis ulang Forever Underground.
Nama Jasad sendiri dicetuskan Yuli, sang basis. Yuli mengaku nama itu ia dapat ketika suatu saat melihat seseorang mengenakan baju bertuliskan Jasad. Nama itu kemudian ia jadikan band yang dibentuknya.
Line up Man, Ferly, Yuli, dan Papap, sanggup bertahan salama satu dekade. Memasuki tahun 2011, Jasad melakukan pergantian personel di posisi drum. Itu pun karena terpaksa setelah Papap mengalami kecelakaan yang cukup parah. Jasad kemudian menggelar audisi.
Dulu ketika Yuli memilih nama Jasad karena alasan ingin memberi kesan seram tapi tetap dalam bahasa Indonesia. Namun, sekarang mereka punya makna sendiri untuk nama band mereka. “Bagi saya Jasad bisa berarti jang sadayana atau jang sadunia,” seloroh Man.
Bahkan sejak 2008, Man mengartikan nama Jasad dengan akronim yang lebih edan yakni: Jarang Ada Satria Abadi di Sini’,” jelas Man
Apa pun, banyak parameter yang bisa dijadikan penanda bahwa Jasad sangat layak ditahbiskan sebagai band death metal paling berpengaruh untuk scene bawah tanah. Bukan hanya di Bandung, tapi juga tanah air.
Discography:
1. Life ‘n Die dan Fuckin Education (Singel, Self Released, 1992)
2. C’est La Vie (Mini Album, Palapa Records, 1996)
3. Technological Principle (Kompilasi Independent Rebels, Independent Records, 1997)
4. Ripping the Pregnant (Demo, 2001)
5. Witness of the Perfect Torture (Album, 2001)
6. Demo 2005 (Demo, 2005)
7. Annihilate the Enemy (Album, 2005)
8. Rottrevore Death Fest (Split DVD dengan Forgotten, Siksakubur dan Disinfected, 2006)
9. Kujang Rompang (Kompilasi Panceg Dina Galur, Pieces Records, 2009)
10. Promo Demo 2010 (Demo, 2011).
Baca juga:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More