Selamat datang di choliknf1998.blogspot.com, blog ini pindahan dari choeliknf75.blogspot.com

Senin, 12 November 2012

10 Kebiasaan yang Dapat Merusak Sistem Imun

10 Kebiasaan yang Merusak Sistem Imun | Choliknf1998.blogspot.com
Ada banyak kebiasaan buruk yang tidak Anda sadari dan merusak sistem imun. Hal itu pun membuat Anda mudah terserang penyakit. Seperti apa tepatnya kebiasaan yang mampu merusak sistem kekebalan tubuh? Simak selengkapnya seperti yang dilansir dari Prevention berikut ini.
Tidak bersosialisasi
Kesibukan sering membuat Anda jarang berkumpul dengan teman. Padahal menikmati waktu libur sejenak dan menemui sahabat bisa membuat Anda merasa lebih baik. Jangan malah menghindari sosialisasi karena alasan sibuk karena kebiasaan itu bisa merusak sistem imun Anda.
Suka begadang
Jam berapa jadwal tidur Anda di malam hari? Sebaiknya jangan begadang dan penuhi kebutuhan tidur 7-9 jam per hari. Sebab suka begadang dan kurang tidur berpengaruh buruk bagi sistem kekebalan tubuh.
Mudah putus asa
Perilaku memang cukup susah diubah, terutama jika Anda adalah tipe orang yang mudah putus asa. Namun Anda harus berusaha untuk selalu berpikiran positif. Sebab apa yang ada dalam otak Anda cukup mempengaruhi sistem kekebalan tubuh.
Membiarkan masalah
Jika Anda bertengkar dengan pasangan atau teman, segera selesaikan masalah itu. Sebab membiarkan masalah berlarut-larut hanya akan membebani pikiran dan pada akhirnya merusak sistem imun secara perlahan.
Stres
Inilah salah satu pemicu utama perusak sistem kekebalan tubuh. Untuk menghindarinya, sebisa mungkin tenangkan diri sendiri ketika gejala stres sudah mulai muncul.
Meminjam barang
Lebih baik Anda memakai ponsel, pensil, dan segala barang yang sering Anda gunakan yang Anda miliki. Jangan membiasakan diri meminjam barang. Pasalnya barang tersebut adalah salah satu sarang kuman penyakit yang menganggu sistem imun Anda.
Malas berolahraga
Tidak masalah sebenarnya jika Anda tidak berolahraga. Tetapi setidaknya Anda harus aktif bergerak setiap hari. Jangan tergantung pada kendaraan bermotor saat pergi ke tempat terdekat. Lebih baik berjalan kaki demi memperkuat sistem kekebalan tubuh.
Perokok pasif
Anda mungkin tidak merokok, tetapi coba lihat sekeliling Anda. Apakah teman-teman Anda merokok? Jika iya, Anda patut waspada. Sebab menjadi perokok pasif pun mampu merusak sistem imun dalam tubuh.
Tergantung antibiotik
Antibiotik hanya berfungsi jika Anda mengalami infeksi bakteri. Pemakaiannya pun tidak boleh berlebihan. Jadi jangan sembarangan tergantung pada antibiotik atau efeknya bisa sangat buruk terhadap sistem imun.
Jarang tertawa
Apakah Anda orang yang terlalu serius dan jarang tertawa? Jika iya, berita buruk bagi Anda. Sebab jarang tertawa juga berperan dalam mempercepat kerusakan sistem imun.
Itulah kebiasaan yang merusak sistem kekebalan tubuh. Jangan sampai Anda melakukannya jika tetap ingin hidup sehat dan terhindar dari penyakit.
Sumber : Merdeka.com


Jangan Lupa Share 10 Kebiasaan yang Dapat Merusak Sistem Imun ke Temenmu :)
Share/Bookmark

Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon laporkan apabila ada gambar rusak, link mati atau salah penulisan sumber di kolom komentar dibawah ini.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More