Selamat datang di choliknf1998.blogspot.com, blog ini pindahan dari choeliknf75.blogspot.com

Selasa, 02 Oktober 2012

Ilmuwan: Kelelawar Punya Fobia Cahaya Bulan

detail berita
MEXICO CITY - Ilmuwan asal Meksiko meneliti perilaku kelelawar yang ada di beberapa belahan dunia. Mereka menemukan bukti bahwa kelelawar memiliki fobia (ketakutan) terhadap cahaya bulan. 

Dilansir BBC, Senin (1/10/2012), studi terbaru mengungkapkan, fobia pada hewan mamalia bersayap ini membuatnya menghindari cahaya bulan. Kelelawar pun ketakutan dan bersembunyi di tempat yang gelap.  

Selain itu, studi ini juga menemukan adanya penurunan aktivitas kelelawar di malam hari yang cerah (akibat cahaya bulan), ketimbang kelelawar yang tinggal dan mencari makan di tempat-tempat gelap. Temuan ini diterbitkan dalam jurnal Mammalian Biology.

Studi ini juga melibatkan penelitian tentang bagaimana hewan-hewan nokturnal (aktif di malam hari) berperilaku dan berinteraksi dengan cahaya bulan. "Bukti bahwa aktivitas kelelawar menurun dengan meningkatnya intensitas cahaya bulan adalah bersifat kontradiktif. Jadi, itulah mengapa kami putuskan untuk melakukan penelitian," jelas Romeo Saldana-Vazquez, ahli biologi dari National Autonomous University of Mexico.

Ia mengatakan, pengaruh cahaya bulan terhadap aktivitas kelelawar belum direvisi, meskipun terdapat informasi yang dikumpulkan selama 20 tahun di berbagai belahan dunia. Ilmuwan menggambarkan data tentang 26 spesies dari 11 studi dan mengamati aktivitas kelelawar di lintang dan habitat yang berbeda serta fase bulan yang berbeda pula.

Analisis tersebut menyimpulkan bahwa lunar fobia, adalah umum atau sering terjadi pada kelelawar. Analisis juga menunjukkan bahwa penurunan aktivitas kelelawar di bawah cahaya bulan mengalami perbedaan, yang bergantung pada jenis habitat.

"Habitat di mana cahaya masuk lebih mudah menyebabkan sebagian besar aktivitas kelelawar menurun, ketimbang kelelawar yang mencari makan di tempat gelap," tuturnya. 

Menurut penelitian, spesies yang mencari makan di atas air dan di hutan, menunjukkan kecenderungan fobia yang lebih parah ketimbang di habitat yang terlindungi. Para ilmuwan meyakini bahwa fobia ini terjadi, karena di alam terbuka, cahaya bulan dapat membuat kelelawar lebih mudah terlihat oleh predator.

Sumber : Okezone


Jangan Lupa Share Ilmuwan: Kelelawar Punya Fobia Cahaya Bulan ke Temenmu :)
Share/Bookmark

Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon laporkan apabila ada gambar rusak, link mati atau salah penulisan sumber di kolom komentar dibawah ini.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More