Selamat datang di choliknf1998.blogspot.com, blog ini pindahan dari choeliknf75.blogspot.com

Selasa, 02 Oktober 2012

7 Fakta Menarik Tentang Kolesterol dalam Tubuh

Headline
Kebanyakan dari kita menganggap bahwa kolesterol merupakan musuh utama yang bisa menyebabkan bobot tubuh bertambah dan sebagai penyumbang beberapa penyakit jika konsumsinya berlebihan.

Menurut pendapat dr. Samuel Oetoro, MS, Sp.GK. dari Universitas Indonesia, tepatnya Departemen Gizi Fakultas Kedokteran, kolesterol merupakan jenis lemak yang amat rumit yang ada dalam tubuh yang terbagi menjadi tiga kategori yaitu LDL, HDL dan Trigliserida.

Banyak orang berasumsi bahwa kolesterol sangatlah berbahaya bagi tubuh, namun kolesterol juga memilki peran penting dalam tubuh kita asalkan dengan jumlah kadar kolesterol normal.

Nah, untuk mengenal tentang kolestrol lebih dalam, berikut beberapa fakta yang menarik untuk diketahui.

1. Kolesterol dibagi menjadi dua
Kolesterol jahat dan kolesterol baik. Kolesterol baik akan mengangkut kembali kolesterol ke hati dan jaringan lainnya sehingga mencegah pengendapan di arteri. Untuk meningkatkan kolesterol baik, Anda bisa mengonsumsi jus jeruk dan susu kedelai.

2. Kolesterol berasal dari makanan hewani
Jika Anda menganggap bahwa kolesterol bisa saja lahir dari semua jenis makanan baik hewani ataupun nabati, maka anda salah. Ya, setelah diteliti lebih lanjut ternyata Kolesterol ini hanya berasal dari makanan yang berasal dari produk hewani.

Bagaimana dengan Nabati (tumbuhan)? Makanan dari nabati rata-rata pasti tidak mengandung kolesterol, kecuali hanya sejenis asam lemak yang tidak jenuh.

3. Kolestrol banyak terdapat dalam telur
Telur adalah sumber yang baik untuk protein dan lemak tak jenuh. Tapi mengonsumsi telur secara berlebihan akan menyebabkan kolesterol masuk dalam aliran darah Anda. Jika Anda memiliki tingkat kolesterol yang tinggi, sebaiknya Anda tidak mengkonsumsi telur.

4. Tidak selamanya kolesterol itu buruk dan berbahaya
Banyak orang menganggap sesuatu yang berhubungan dengan kolesterol adalah hal yang buruk dan harus dijauhi, namun tahukah anda bahwa tidak semua kolesterol itu buruk dan berbahaya?

Ada kolesterol yang justru sangat baik untuk tubuh dan tidak boleh dibuang. Kolesterol sendiri dibagi menjadi 3 yaitu LDL (Low Density Lipoproteins) merupakan kolesterol buruk, HDL (High Density Lipoproteins) merupakan kolesterol baik, dan Trigliserida

5. Cara alami jitu turunkan kolestrol
Mengurangi tingkat kolesterol dengan cara alami seperti olahraga dan menghindari jenis makanan pemicunya merupakan langkah terbaik dibanding Anda mengonsumsi pil penurun tingkat kolesterol.

6. Kolesterol dari tubuh kita sendiri ternyata sehat
Sebenarnya tubuh kita ini mampu untuk menghasilkan kolesterol sendiri untuk tetap sehat. Nah penyakit kolesterol yang bermunculan ini tidak lain karena ada asupan tambahan berupa makanan yang mengandung lemak dan kolesterol tinggi sehinggameningkatkan kadar kolesterol dalam darah.

7. Kolestrol pada wanita jauh lebih tinggi
Beberapa penelitian sempat menemukan Fakta Unik tentang Kolesterol yang cukup mengejutkan yang ternyata kolesterol baik (HDL) lebih banyak dimiliki oleh seorang wanita dibandingkan pria.
Penelitian ini masih terus dilanjutkan untuk mengetahui apakah ini valid ataukah bisa berubah suatu saat nanti sesuai dengan kondisi.
Sumber : Inilah.com


Jangan Lupa Share 7 Fakta Menarik Tentang Kolesterol dalam Tubuh ke Temenmu :)
Share/Bookmark

Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon laporkan apabila ada gambar rusak, link mati atau salah penulisan sumber di kolom komentar dibawah ini.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More