Selamat datang di choliknf1998.blogspot.com, blog ini pindahan dari choeliknf75.blogspot.com

Senin, 01 Oktober 2012

660 Juta Warga China Mudik

Seorang anak gadis mengusir kejenuhan dengan
melompat dari koper, kala antre di terminal bus jarak jauh
di Hefei, provinsi Anhui, China. Jutaan warga China 
merayakan libur 8 hari.
BEIJING – Tradisi mudik kala libur panjang tibatak hanya terjadi di Indonesia, China juga memiliki kebiasaan serupa. Sedikitnya, 660  juta warga memadati jalan-jalan di Negeri Naga ini. Tak hanya pulang kampung, paket wisata juga ludes pada ‘Golden Week’ tahun ini.

Bahkan meski puncaknya telah terjadi  Minggu (30/9/2012) kemarin yang merupakan hari pertama liburan delapan hari di China, hingga hari ini pun, Senin (1/10/2012) aliran manusia di berbagai moda transportasi masih terjadi.

Sekadar diketahui, libur delapan hari atau yang biasa disebut Golden Week  merupakan libur Festival Pertengahan Musim Gugur pada 30 September dan libur Hari Nasional selama tujuh hari(1-7 Oktober 2012). Pada Minggu saja, sudah ada pergerakan 85 juta orang di China.

Jumlah itu naik 13,3% dibandingkan tahun lalu, kata Kementerian Perhubungan China. Sebagian lonjakan itu disebabkan oleh kebijakan baru pemerintah. Pemerintah telah menerapkan kebijakan bebas biaya untuk sebagian besar jalan raya. Pembebasan biaya itu khusus selama masa liburan dan untuk kendaraan yang memiliki kursi kurang dari tujuh.

“Arus lalu lintas di jalan raya utama China telah mencapai puncaknya dari pukul 05.00,” kata He Jianzhong, Juru Bicara Kementerian Perhubungan. Ia mengatakan, rata-rata kecepatan kendaraan di bawah 80 kilometer per jam di jalan raya utama saat jumlah kenderaan bermotor meningkat 20% sampai 50% dari hari-hari biasa.

Di beberapa persimpangan jalan, kecelakaan mobil telah mengakibatkan kemacetan panjang dan memperlambat laju kendaraan.Hingga  hari ini masih terjadi antrean kendaraan di berbagai persimpangan di 24 ruas jalan raya di 16 provinsi China.

Diperkirakan pihak kereta api, maskapai penerbangan dan operator jalan tol akan melayani sekitar 82,5 juta orang yang akan bepergian utamanya selama libur Hari Nasional China yakni 1-7 Oktober 2012.

Puncak arus mudik atau bepergian ke tempat wisata di penjuru kota di China diperkirakan menurun pada Senin (1/10/2012) saat peringatan Hari Nasional ke-63 China.

Untuk masyarakat yang menggunakan kapal laut diperkirakan mencapai 1,6 juta orang. Sedangkan yang bepergian menggunakan kereta api mencapai 75 juta orang.

Khusus pada Hari Nasional China, jumlah penumpang kereta api mencapai sembilan juta orang atau naik sekitar 320.000 dari periode yang sama tahun lalu.

Terkait itu, pihak administrasi perkeretapian Beijing telah menyiapkan sekitar 31 KA untuk arus balik. Begitu pun pihak serupa di Provinsi Fujian, dan Yunnan yang banyak memiliki tempat wisata menarik, utamanya di Kunming.


Jangan Lupa Share 660 Juta Warga China Mudik ke Temenmu :)
Share/Bookmark

Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon laporkan apabila ada gambar rusak, link mati atau salah penulisan sumber di kolom komentar dibawah ini.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More