Selamat datang di choliknf1998.blogspot.com, blog ini pindahan dari choeliknf75.blogspot.com

Minggu, 07 Oktober 2012

5 Cara untuk Mengusir Gangguan Perut Kembung

Perut kembung disebabkan karena terlalu banyak udara di dalam usus yang membuat Anda merasa tidak nyaman. Jika perut kembung terjadi, hindari makan makanan yang sulit dicerna yaitu yang mengandung laktosa, fruktosa, fruktan, gula alkohol, dan galactan.

Seperti dilansir Prevention, Kamis (04/10/2012) pelajari 5 tips berikut ini untuk membantu meringankan gejala perut kembung:

1. Jangan minum susu
Jika Anda mengalami perut kembung setelah minum susu, mungkin Anda mengembangkan intoleransi laktosa. Jangan minum susu terlebih dahulu dan cobalah untuk mengonsumsi makanan dengan manfaat yang hampir sama tetapi rendah laktosa seperti keju, yoghurt, produk susu bebas laktosa, atau mengambil enzim laktase.

2. Pilih-pilih makan buah
Buah baik untuk pencernaan karena vitamin dan seratnya, tetapi jika Anda kembung hindari makan buah beri, anggur dan jeruk. Buah-buahan ini mengandung glukosa yang hampir sama dengan gula, meskipun lebih alami karena lebih mudah dicerna dan dapat memperparah kembung.

Pilihlah buah-buahan seperti melon, apel, dan pir yang sedikit lebih sulit dicerna dan lebih nyaman di perut.

3. Kurangi makanan bertepung
Pilihlah makanan yang ramah di perut dari bahan seperti beras, jagung, gandum, atau kentang daripada makanan dari tepung putih yang membuat perut kurang nyaman.

4. Waspadai pemanis buatan
Sorbitol, xylitol, dan manitol adalah pemanis yang biasanya ditemukan dalam soda dan permen karet bebas gula. Hindari makan makanan yang mengandung pemanis buatan tersebut karena dapat memperparah perut kembung. Sebaliknya produk makanan yang dibuat dengan aspartam stevia lebih aman untuk perut kembung.

5. Batasi konsumsi kacang-kacangan
Kacang-kacangan yang kaya akan galactan seperti kacang kedelai, buncis, lentil, dan kecambah dapat membuat perut kesulitan untuk mencernanya. Sebaliknya, Anda dapat mengambil kacang rebus yang sebelumnya telah direndam semalaman atau mengambil obat enzim Beano di apotek.

Sumber : DetikHealth


Jangan Lupa Share 5 Cara untuk Mengusir Gangguan Perut Kembung ke Temenmu :)
Share/Bookmark

Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon laporkan apabila ada gambar rusak, link mati atau salah penulisan sumber di kolom komentar dibawah ini.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More