Selamat datang di choliknf1998.blogspot.com, blog ini pindahan dari choeliknf75.blogspot.com

Minggu, 09 September 2012

Pesan dalam Botol Tertua Berhasil Ditemukan

EDINBURGH - Pesan dalam botol tertua berhasil ditemukan Laut Utara, lepas pantai Shetland, Skotlandia. Diungkapkan Guinness World Records, pelaut asal Skotlandia bernama Andrew Leaper, menemukan pesan itu saat mengangkut jaring di laut.

Dilansir dari Dicovery News, Sabtu (8/9/2012), menurut pengakuan Leaper, pesan dalam botol tersebut sudah berusia 97 tahun, 309 hari.  "Saya melihat leher botol mencuat ke luar, dan saya langsung meraihnya sebelum botol tersebut tenggelam kembali di laut," tutur Leaper.

Sebelum Leaper, temannya yang bernama Mark Anderson juga pernah menemukan botol terapung di laut dengan perahu yang sama pada 2006 lalu. "Ini adalah kebetulan yang luar biasa, karena menggunakan kapal ikan Shetland yang sama saat menemukan botol pada enam tahun lalu dan berhasil memecahkan rekor. Ini seperti memenangkan dua kali lotre," ungkap Leaper.

Ternyata, botol itu merupakan salah satu dari 1.890 botol penelitian ilmiah yang dirancang khusus untuk ditenggelamkan dan mengapung di laut. Masing-masing botol berisi kartu pos dan meminta penemunya untuk mencatat tanggal dan lokasi penemuan, serta mengembalikannya.

Dari total botol tersebut, sampai saat ini hanya 315 yang berhasil ditemukan.  Sementara, botol yang ditemukan tersebut dirilis pada 10 Juni 1914 oleh Kapten C H Brown dari Glasgow School of Navigation.

"Sangat menakjubkan karena hampir 98 tahun, tapi masih ada botol yang dikembalikan ke Marine Laboratory. Dengan banyaknya botol yang belum kembali, selalu ada kesempatan bagi botol-botol tersebut akan kembali di tahun-tahun mendatang," kata Sekretaris Lingkungan Skotlandia Richard Lochhead.

Sumber : Okezone


Jangan Lupa Share Pesan dalam Botol Tertua Berhasil Ditemukan ke Temenmu :)
Share/Bookmark

Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon laporkan apabila ada gambar rusak, link mati atau salah penulisan sumber di kolom komentar dibawah ini.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More