Selamat datang di choliknf1998.blogspot.com, blog ini pindahan dari choeliknf75.blogspot.com

Minggu, 30 September 2012

Cotton Bud Dapat Merusak Gendang Telinga

Cotton bud
Cotton bud umumnya digunakan untuk membersihkan telinga. Sayangnya, para peneliti kini mengkhawatirkan adanya kerusakan gendang telinga yang diakibatkan pemakaian alat tersebut.
Sebuah studi yang dilakukan oleh Dr Ilaaf Darrat, seorang otolaryngologist dari Henry Ford Hospital menemukan bahwa cotton buds terkait dengan pecahnya gendang telinga.
Untungnya, dalam kebanyakan kasus, kerusakan gendang telinga dapat dipecahkan tanpa operasi. Dalam penelitian ini, para ilmuwan menganalisis hampir 1.540 catatan medis pasien yang menderita kerusakan gendang telinga dari tahun 2001-2010.
Hasilnya, penelitian tersebut menunjukkan bahwa sebagian besar kasus dapat disembuhkan sendiri. Namun, kondisi tertentu juga menimbulkan kelumpuhan saraf.
“Dulu, banyak otolaryngologists bertanya-tanya apakah operasi benar-benar diperlukan untuk mengobati kerusakan gendang telinga. Hasil penelitian ini menunjukkan 97 persen kasus tersebut sembuh sendiri dalam waktu dua bulan. Itu membuktikan bahwa kebanyakan kasus pecahnya gendang telinga tidak memerlukan operasi,” kata Dr Ilaaf, seperti dilansir Lifemojo.
Menurut peneliti, sebagian besar orang yang pergi ke THT mengaku telah menggunakan cotton bud untuk membersihkan telinga mereka. Kebiasaan itu menjadi semakin berbahaya kalau pasien sering memasukkan cotton bud terlalu dalam.
Kerusakan gendang telinga bisa menyebabkan berbagai komplikasi kesehatan seperti tinnitus, vertigo, dan kelumpuhan wajah. Berkonsultasilah pada spesialis THT tentang kondisi Anda, bila terjadi keluhan di sekitar telinga.


Jangan Lupa Share Cotton Bud Dapat Merusak Gendang Telinga ke Temenmu :)
Share/Bookmark

Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon laporkan apabila ada gambar rusak, link mati atau salah penulisan sumber di kolom komentar dibawah ini.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More