Selamat datang di choliknf1998.blogspot.com, blog ini pindahan dari choeliknf75.blogspot.com

Jumat, 28 September 2012

Agar Olahan Daging Kambing Tak Bau Prengus

 
Hari Raya Idul Adha sebulan lagi datang. Kiriman daging kambing yang melimpah tak jarang membuat bingung. Maklum, mengolah daging kambing bukan perkara mudah. Perlu trik agar sajian tak memunculkan aroma prengus. 

Senikmat apapun bumbunya, aroma prengus sanggup merusak citarasa sajian dalam sekejap. Bau tajam yang bisa menghilangkan nafsu makan ini berasal dari feromon yang dihasilkan tubuh kambing, terutama yang jantan. 

Chef Deden Gumilar, seorang pakar kuliner tradisional memberikan beberapa tips sederhana mengolah daging kambing lebih empuk tanpa menimbulkan aroma tak sedap. 

1. Didihkan air di dalam panci.
2. Sembari menunggu air mendidih, siapkan rempah-rempah seperti lengkuas, sereh, daun salam, dan daun jeruk yang telah digeprak.
3. Setelah air mendidih, masukan rempah-rempah bersama daging kambing lalu tutup rapat. Jangan campur daging dan jeroan dalam satu panci rebusan. 
4. Tunggu hinggga muncul buih-buih di atas lapisan air. Buih itu adalah kotoran yang semula menempel di daging kambing.
5. Buang buih-buih berbusa tersebut, lalu angkat daging kambing.
6. Ulangi lima tahap di atas hingga dua atau tiga kali, jika perlu.

Chef Deden menambahkan, jika ingin mengolah daging kambing segar, sebaiknya tidak mencucinya dengan air biasa. Ini akan membuat aroma tak sedap daging kambing semakin tajam. Dan, tetap pisahkan antara daging dan jeroan. 

Setelah aroma prengus teratasi, kini saatnya mengolah daging agar lebih empuk dengan bantuan daun pepaya atau nanas. 

Daun pepaya
Tumbuk atau iris tipis daun pepaya secukupnya, kemudian campurkan ke daging kambing. Remas perlahan namun jangan terlalu lama, karena dapat membuat rasa daging berubah menjadi pahit. Ini adalah cara klasik yang paling sering dipakai untuk membuat daging kambing lebih enak dikonsumsi. 

Nanas
Zat enzim yang terdapat pada nanas dapat membuat daging lebih empuk dan nikmat untuk dikonsumsi. Namun, sebaiknya tidak menggunakan nanas yang masih terlalu muda atau matang. 

Ada dua cara yang dapat Anda gunakan. Pertama, potong cincang nanas hingga halus lalu dicampurkan dengan daging. Kedua haluskan nanas dengan menggunakan blender lalu campur ke daging. Namun, jangan dicampur dengan air.

Cara-cara tersebut memang membutuhkan waktu yang cukup lama. Namun, semua itu akan terbayar dengan sajian daging kambing yang nikmat menggugah selera. "Kalau ingin mendapatkan hasil yang baik, maka kita juga harus sabar menunggu proses pengolahan".
Sumber : VIVAlife


Jangan Lupa Share Agar Olahan Daging Kambing Tak Bau Prengus ke Temenmu :)
Share/Bookmark

Baca Juga :

1 komentar:

hmm.. saya juga suka daging kambing.

Posting Komentar

Mohon laporkan apabila ada gambar rusak, link mati atau salah penulisan sumber di kolom komentar dibawah ini.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More