Selamat datang di choliknf1998.blogspot.com, blog ini pindahan dari choeliknf75.blogspot.com

Jumat, 07 September 2012

8 Tips Aman Bepergian Seorang Diri

Bepergian seorang diri sudah bukan lagi hal yang asing. Sudah banyak orang yang melakukan hal ini. Si pelancong bisa bepergian dengan kecepatan sendiri, pergi ke tempat-tempat yang diingini, dan menjalin teman baru selama perjalanan. Namun, ada satu hal penting yang paling patut diperhitungkan, yakni keamanan. 

Bepergian sendirian bisa membuat seseorang rentan terhadap penipuan, copet, dan hal-hal lain yang tak menyenangkan. Berikut ini beberapa hal yang patut diperhitungkan selama melancong sendirian:

Perencanaan
Selalu pastikan Anda melakukan riset mengenai tempat-tempat yang akan dikunjungi. Selalu ketahui risiko-risiko dan bahaya yang umum terjadi di daerah tersebut atau setidaknya yang pernah masuk ke media. Bagi pelancong perempuan, bepergian ke tempat dengan level kriminalitas yang tinggi adalah hal yang sangat tidak dianjurkan. 

Eksplorasi dengan aman
Rencanakan transportasi Anda begitu tiba di tempat. Pastikan ada alat transportasi yang akan digunakan, terutama bila Anda tiba di tempat tujuan pada malam hari. Hindari berjalan kaki sendirian di malam hari atau tempat yang terlihat tanpa pencahayaan/gelap, dan jangan pernah menumpang transportasi yang tidak memiliki izin maupun tanda pengenal pengemudi. 

Keamanan di tempat penginapan
Mintalah ruangan menginap yang dekat dengan elevator sebisa mungkin. Dengan begini, Anda tak perlu berjalan kaki di koridor yang panjang yang mungkin pencahayaannya buruk bila sesuatu terjadi untuk ke dan dari ruang penginapan. Minta resepsionis untuk tidak menyebut nama dan nomor ruangan saat Anda check in. Anda tak pernah tahu siapa yang akan mengambil kesempatan atau keuntungan dari hal ini. 

Pancarkan percaya diri
Meski Anda tak pernah ke daerah tersebut dan merasa takut, jangan tunjukkan. Banyak kriminal yang secara spesifik merampok turis yang menunjukkan ketakutan. Pancarkan kepercayaan diri seakan Anda biasa ada di tempat itu. Terlebih lagi, saat seseorang takut, ia umumnya akan memegang barang yang ia anggap paling berharga, dan ini memudahkan pencuri mengetahui lokasi barang berharga Anda.

Berdandan sepantasnya dan sopan
Agar tidak menjadi target, cobalah untuk berdandan secara konservatif supaya bisa melebur dengan penduduk lokal. Hindari pakaian atau perhiasan yang mencolok di tempat umum. 

Perhatikan budaya lokal
Negara berbeda punya budaya dan norma sosial yang berbeda. Adalah ide baik untuk mengenali budaya setempat dan mencoba mengikuti kebiasaan lokal saat melancong. Meski terlihat tak berbahaya, namun, ada beberapa negara yang melihat senyuman, kontak mata, bahkan mengenakan rok pendek yang memperlihatkan betis saja bisa menarik perhatian yang tak diinginkan. Jadi, kenali budaya lokal untuk memastikan keamanan Anda. 

Jangan lengah
Memang, adalah hal yang menyenangkan bila bisa menjalin teman baru di perjalanan, namun, mereka tetap orang asing. Jadi, jangan biarkan pengawasan diri Anda lengah. Jangan percayakan barang atau uang Anda pada mereka. Penting diingat, penipu dan pencuri bisa jadi orang yang sangat berkarisma dan terlihat tulus, sehingga sulit untuk mengira ia punya niat jahat. 

Jangan tinggalkan makanan atau minuman tanpa pengawasan
Selalu ada cara dan kesempatan untuk seseorang menaruh obat berbahaya pada makanan atau minuman, bahkan rokok. Jadi, jangan percayakan barang yang akan Anda konsumsi kepada orang lain. Jangan lengah dengan makanan atau minuman Anda. 

Siapkan pula pengobatan, nomor kontak, juga alat keamanan pribadi bila diperlukan.

Sumber : BeritaSatu.com
Baca juga : 5 Manfaat Traveling Sendirian


Jangan Lupa Share 8 Tips Aman Bepergian Seorang Diri ke Temenmu :)
Share/Bookmark

Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon laporkan apabila ada gambar rusak, link mati atau salah penulisan sumber di kolom komentar dibawah ini.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More