Selamat datang di choliknf1998.blogspot.com, blog ini pindahan dari choeliknf75.blogspot.com

Minggu, 09 September 2012

6 Tips Aman Berkemah di Alam Bebas

Berkemah merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan bersama keluarga. Jika Anda berencana menghabiskan akhir pekan dengan berkemah di alam bebas, ada baiknya simak beberapa tipsnya.

Berikut tips berkemah dengan aman di alam terbuka, seperti diulas Alltraveltips:

Buatlah tenda sebelum gelap

Ada baiknya, Anda memulai perjalanan ketika hari masih pagi. Hal ini akan berpengaruh pada waktu pemasangan tenda, akan lebih baik jika Anda telah selesai memasang tenda sebelum hari menjadi gelap. Hari yang gelap akan menyulitkan Anda karena kurangnya pencahayaan.

Periksa sekeliling tenda
Pastikan tanah tempat Anda mendirikan tenda berada pada kontur yang aman dengan potensi hujan yang lebih kecil. Jauhkan benda tajam, cabang pohon, semut besar, racun, serangga, dan daerah berbahaya dari tenda Anda.

Membuat api unggun
Buatlah api unggun di daerah aman. Api unggun dan alat-alat yang berhubungan harus diletakkan cukup jauh dari tenda untuk mencegah api menjalar ke daerah lain dan menimbulkan rasa panas. Membatasinya dengan batu merupakan salah satu cara yang cukup ideal untuk mencegah api semakin menjalar.

Hati-hati terhadap satwa liar
Gunakan senter di malam hari utnuk membantu pencahayaan Anda. Selain itu, senter berfungsi untuk menghalau satwa liar untuk menjauh dari Anda. Hindari sengatan serangga dengan menggunakan baju berwarna terang dan jangan menggunakan pewangi yang menyengat. Jangan tinggalkan peralatan masak dan makan Anda di ruang terbuka.

Waspada tanaman beracun

Sebisa mungkin perbanyak pengetahuan mengenai tanaman-tanaman liar yang mungkin Anda temui. Hati-hati menyentuhnya, jangan sampai ulah iseng membuat Anda terjebak dalam masalah.

Hati-hati meminum air

Jangan langsung meminum air dari sungai ataupun mata air yang Anda temukan. Walaupun air sungai yang Anda dapatkan terlihat bersih dan bening, sebisa mungkin rebuslah hingga mendidih. Hal ini dilakukan karena kemungkinan air tersebut mengandung parasit dan mikroorganisme yang dapat menyebabkan rasa tidak nyaman atau sakit yang cukup serius.

Selamat berkemah, Nikmatilah udara sejuk dan ketenangan di alam bebas sebelum Anda kembali ke rutinitas!

Sumber : Okezone


Jangan Lupa Share 6 Tips Aman Berkemah di Alam Bebas ke Temenmu :)
Share/Bookmark

Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon laporkan apabila ada gambar rusak, link mati atau salah penulisan sumber di kolom komentar dibawah ini.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More