Selamat datang di choliknf1998.blogspot.com, blog ini pindahan dari choeliknf75.blogspot.com

Kamis, 27 September 2012

5 Makanan Penangkal Flu

Musim pancaroba mulai menyapa. Perubahan cuaca panas dan dingin yang tak bisa diprediksi membuat kita rentan mengalami berbagai penyakit yang menyerang kekebalan tubuh seperti seperti flu dan radang tenggorokan. 

Saat Anda mengalaminya, jangan buru-buru minum obat. Coba atasi dengan memperbanyak asupan nutrisi penting yang efektif meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Nutrisi yang Anda butuhkan bisa didapat dari sejumlah makanan berikut, seperti dikutip dari laman Health.

Sayuran hijau

Perubahan cuaca kerap mengganggu imunitas tubuh. Jika flu melanda, cobalah untuk lebih banyak mengonsumsi sayuran hijau, seperti selada rocket. Rasa pahit dari jenis selada yang satu ini efektif membantu mengurangi sesak di dada, pilek, dan  batuk. Sayuran ini juga membantu melawan infeksi sel darah putih dalam usus.

Ikan

Jenis ikan yang hidup di laut dalam seperti salmon dan tuna efektif membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Kandungan asam lemak omega 3 yang cukup tinggi juga ampuh mencegah peradangan kronis. Semua ini sangat baik untuk mencegah penurunan sistem kekebalan. Dalam sebuah studi, seseorang yang mengonsumsi suplemen minyak ikan selama tiga bulan akan mengalami penurunan tingkat peradangan atau kecemasanan.

Buah sitrus

Jika Anda sudah merasakan gejala akan terserang flu, Anda dapat segera mengatasinya dengan mengonsumsi buah-buahan dalam keluarga sitrus, seperti jeruk dan lemon. Makan banyak jeruk dan irisan lemon untuk membuat tubuh kembali bugar dan berenergi. 

Jamur

Jamur putih, portobello, shiitake, dan maitak adalah beberapa jenis jamur yang mudah ditemukan di beberapa toko swalayan atau pasar tradisional. Hampir semua jenis jamur, mengandung beberapa bentuk nutrisi yang dapat meningkatkan kadar antioksidan, kalium, vitamin B, dan serat. Sup jamur hangat bisa menjadi alternatif meningkatkan kekebalan tubuh yang melemah. 

Coklat hitam

Mengandung 70 persen kakao murni dan antioksidan yang mampu membantu menangkal penyakit terkait kekebalan tubuh. Kandungan gula dalam coklat ini juga tidak terlalu banyak dengan kadar lemak jenuh yang tak berlebihan. Cukup konsumsi seperempat ons cokelat sehari untuk meningkatkan kekebalan tubuh.
Sumber : VIVAlife


Jangan Lupa Share 5 Makanan Penangkal Flu ke Temenmu :)
Share/Bookmark

Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon laporkan apabila ada gambar rusak, link mati atau salah penulisan sumber di kolom komentar dibawah ini.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More