Selamat datang di choliknf1998.blogspot.com, blog ini pindahan dari choeliknf75.blogspot.com

Rabu, 05 September 2012

4 Cara Sederhana Cegah Osteoporosis Dini

Osteoporosis adalah gangguan tulang yang mengarah ke risiko patah tulang meski hanya akibat trauma ringan. Ini terjadi lantaran tulang mengalami pengeroposan.

Pengeroposan ini terjadi karena kepadatan mineral dalam tulang yang rendah. 

Osteoporosis itu sendiri dapat terjadi karena berbagai faktor. Meskipun kebanyakan keluhan ini terjadi akibat proses penuaan alami, namun pengeroposan tulang juga bisa terjadi karena faktor genetik, menopause dini, dan kurangnya asupan kalsium dalam tubuh.

Lantas, bagaimana cara mencegah osteoporosis dini? Fit Sugar memberikan beberapa tips sederhana untuk mengatasi hal tersebut.

Paparan Sinar Matahari
Dibawah kulit kita, ada vitamin D. Ketika terkena sinar matahari, vitamin ini akan aktif dan berubah menjadi vitamin D3. Bentuk aktif vitamin ini berguna untuk memertahankan kepadatan dan kekuatan tulang.

Tidak butuh waktu lama untuk mengaktifkan vitamin D3 dalam tubuh. Hanya 10 menit sebelum pukul 09.00 WIB dan setelah pukul 15.00 WIB. Kecukupan kalsium dan vitamin D sejak muda menjadi penting untuk dipertimbangkan jika Anda ingin menghindari osteoporosis.

Asupan KalsiumKonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kalsium seperti brokoli, ikan teri, sarden, salmon, sereal, jeruk, sayuran hijau dan susu. Perlu diketahui, asupan kalsium tidak boleh berlebihan, karena dapat menimbulkan gangguan kesehatan seperti batu ginjal, fungsi ginjal terganggu, penuaan dini, kelemahan otot, sulit buang air besar, kelelahan dan masih banyak lagi.

Latihan
Aktivitas kebugaran adalah satu satu kunci untuk menjaga tulang kuat. Pastikan untuk melakukan latihan minimal 30 menit sehari. Pilih jenis latihan fisik yang memiliki efek membuat peregangan tulang untuk meningkatkan kepadatan tulang seperti yoga, berjalan atau latihan kekuatan.

Hindari Minuman Beralkohol dan Soda
Konsumsi minuman beralkohol dan soda juga meningkatkan risiko osteoporosis. Oleh karena itu, Anda harus membatasi kedua jenis minuman ini.

Sumber : BeritaSatu.com


Jangan Lupa Share 4 Cara Sederhana Cegah Osteoporosis Dini ke Temenmu :)
Share/Bookmark

Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon laporkan apabila ada gambar rusak, link mati atau salah penulisan sumber di kolom komentar dibawah ini.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More