Selamat datang di choliknf1998.blogspot.com, blog ini pindahan dari choeliknf75.blogspot.com

Kamis, 30 Agustus 2012

6 Tips Aman Melakukan Perjalanan dengan Kereta Api

 
Kereta api menjadi moda transportasi darat yang banyak dipilih untuk melakukan perjalanan jauh.
Agar perjalanan dengan kereta api aman dan lancar, ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan.
1. Pesan tiket dari jauh-jauh hari
Jelang Idul Fitri atau liburan lain tiket kereta sudah dipastikan hanya sedikit yang tersisa. Selain mesti berebut tempat dengan calon penumpang lain, Anda pun harus bersaing mendapatkan tiket dengan para calo yang tidak kalah gesit dalam berburu tiket. 
2. Hindari calo
Jangan sampai Anda tergoda dengan rayuan para calo. Membeli tiket di calo sama saja dengan menyuburkan praktik kecurangan yang semakin merugikan konsumen. Ingat prinsip ekonomi, ada persediaan karena ada permintaan, ada calo karena masih banyak orang yang mencarinya.
3. Bawa barang seperlunya
Membawa barang dalam jumlah banyak dapat merepotkan Anda selama berada di dalam kereta. Kereta api dibuat dengan ruang yang terbatas untuk penumpang dalam jumlah banyak, sehingga menyimpan barang dalam jumlah banyak atau dengan ukuran besar dapat mengganggu kenyamanan penumpang lain. Selain itu juga akan menyulitkan bagi Anda untuk mengawasi barang satu-persatu. Jika Anda harus membawa oleh-oleh ke kampung halaman, lebih baik kirim sebagian melalui kurir. Sehingga Anda hanya perlu membawa sedikit barang saat berangkat mudik.
4. Perkirakan durasi perjalanan
Hitung waktu tempuh yang harus Anda habiskan jika memakai kereta api. Jika ada yang lebih cepat dan lebih nyaman, mengapa tidak beralih ke transportasi lain? Taka pa jika Anda perlu merogoh kocek lebih dalam, yang penting perjalanan mudik lebih terasa nyaman dan Anda dapat lebih cepat sampai kampung halaman.
5. Waspada aksi kriminal
Selalu menjaga pikiran agar tetap waspada merupakan kunci untuk mencegah timbulnya aksi kejahatan. Pikiran kosong menjadi sasaran empuk kejahatan hipnotis, sedangkan pakaian dan perhiasan yang berlebihan menjadi target para penjambret. Simpan benda berharga di tempat yang aman dan sulit dijangkau para penjahat.
6. Periksa barang sebelum turun
Saat turun dari kereta, Anda mungkin akan panik atau terhalang penumpang lain yang juga tengah menurunkan barang-barang. Untuk itu, perhitungkan kapan Anda harus bersiap-siap turun, sehingga Anda masih sempat memeriksa barang bawaan agar tidak ada yang tertinggal.
Sumber


Jangan Lupa Share 6 Tips Aman Melakukan Perjalanan dengan Kereta Api ke Temenmu :)
Share/Bookmark

Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon laporkan apabila ada gambar rusak, link mati atau salah penulisan sumber di kolom komentar dibawah ini.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More