Selamat datang di choliknf1998.blogspot.com, blog ini pindahan dari choeliknf75.blogspot.com

Selasa, 17 Juli 2012

7 Jenis Alergi Makanan yang Tak Biasa

7 Jenis alergi makanan yang tak biasa
Makanan seperti susu, kacang, kedelai, telur, sudah umum diketahui sebagai penyebab alergi pada banyak orang. Berdasarkan data Food Allergy & Anaphylaxis Network, sekitar 90% orang memiliki alergi terhadap makanan-makan tersebut.
Lalu, 10% sisanya alergi terhadap makan apa? Percaya atau tidak, terdapat 10& orang yang memiliki alergi pada makanan-makanan yang tak Anda kira sebelumnya. APa saja makanan-makanan yang 'ternyata' bisa menyebabkan alergi itu? Ini dia daftarnya, seperti dilansir olehHuffington Post (13/07).
1. Daging
Anda mungkin sudah sering menemukan orang yang alergi pada daging ayam, domba, atau sapi. Biasanya alergi pada daging disebabkan oleh protein yang ada di dalamnya. Namun, ternyata tak hanya protein yang bisa memicu reaksi alergi. Kadar gula pada daging juga bisa menyebabkan alergi. Hal ini terutama lebih sering terjadi pada daging merah.
2. Wijen
Biji-biji kecil yang biasa kita temui sebagai taburan di banyak makanan ini rupanya juga bisa menyebabkan alergi. Meski jarang ditemui, rupanya alergi wijen ini telah banyak ditemukan di daerah Timur Tengah.
3. Marshmallows
Marshmallows dibuat dari gula dan gelatin, yang bisa menyebabkan reaksi alergi pada beberapa orang. Jadi, lain kali Anda harus berhati-hati sebelum memakan terlalu banyak makanan manis ini.
4. Apel
Wow, ternyata buah yang bagus untuk diet ini juga bisa menyebabkan alergi. Namun, ilmuwan menjelaskan bahwa bukan kandungan dalam buah apel yang menyebabkan reaksi alergi, melainkan serbuk sari pohon birch yang menempel di kulit buah apel. Jika Anda alergi pada serbuk sari, maka kemungkinan besar Anda bisa mengalami gatal di tenggorokan setelah memakan apel. Selain pada apel, serbuk sari juga sering ditemui pada buah peach dan plum.
5. Melon
Jangan salah, bahkan buah segar yang tak tampak berbahaya seperti melon juga bisa menyebabkan alergi pada beberapa orang. Jika mulut atau lidah Anda gatal setelah makan melon, kemungkinan Anda alergi pada serbuk sari yang ada pada biji melon.
6. Hot dog
Anda mungkin kaget dengan fakta bahwa makanan cepat saji ini bisa menyebabkan alergi. Begitulah, banyak orang berpendapat bahwa nitrat yang terkandung pada daging selama proses memasak bisa menyebabkan reaksi alergi.
7. Buah kering
Seperti wine, buah yang segar bisa jadi tak menyebabkan alergi. Namun bahan kimia yang digunakan untuk membuat buah kering bisa menimbulkan reaksi alergi seperti mulut yang gatal atau wajah yang memerah.
Nah, itu dia tujuh makanan yang terlihat aman, namun ternyata bisa menyebabkan alergi. Lain kali, berhati-hatilah sebelum mengonsumsi makanan tersebut. Mencuci makanan dengan bersih sebelum dimakan bisa mengurangi risiko alergi yang disebabkan oleh serbuk sari.
Selain itu, jika Anda merasa ada reaksi aneh setelah makan makanan di atas, segera periksakan diri Anda. Siapa tahu ternyata Anda memiliki alergi yang tak biasa ini.
Sumber : Merdeka.com


Jangan Lupa Share 7 Jenis Alergi Makanan yang Tak Biasa ke Temenmu :)
Share/Bookmark

Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon laporkan apabila ada gambar rusak, link mati atau salah penulisan sumber di kolom komentar dibawah ini.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More