Selamat datang di choliknf1998.blogspot.com, blog ini pindahan dari choeliknf75.blogspot.com

Jumat, 23 Maret 2012

Tomcat Sudah Hidup Sejak Zaman Dinosaurus

 
Serangan tomcat belakangan membuat heboh masyarakat di Indonesia. Serangga dengan nama latin Paederus littoralis ini menyerang warga di sejumlah daerah.

Di Indonesia, tomcat yang juga dikenal dengan nama Semut Semai ini adalah kelompok utama dari hewan beruas (Arthropoda) yang termasuk dalam keluarga besar Kumbang (Staphylinidae). 

Tomcat memiliki 46 ribu lebih spesies dalam ribuan generasi. Dia masuk dalam jenis serangga kuno. Serangga yang menyukai tempat-tempat terang ini diduga telah hidup sejak zaman Triassic atau pemusnahan Mahluk Hidup di Bumi, 200 juta tahun lalu, seperti dilansir Wikipedia, Kamis (22/3), 

Tubuh tomcat umumnya memanjang dengan ukuran tubuh berkisar 1,5 inci. Sementara badannya berwarna kuning gelap di bagian atas dan kepala berwarna gelap.

Tomcat bukan jenis serangga yang mengigit atau menyengat. Bila bersentuhan dengan kulit manusia ia akan mengeluarkan cairan racun yang dimilikinya secara otomatis. 

Pada jenis tertentu, cairan tomcat diduga 12 kali lebih kuat dari bisa ular kobra. Cairan hemolimf atau toksin ini disebut sebagai 'aederin' (C24H43O9N).

Langkah pertama yang harus dilakukan jika kulit terkena racun tomcat adalah, dengan mencuci kulit yang terkena gigitan dengan air sabun, hal itu untuk menetralisir racun.

Kemudian gunakan salep kulit yang mengandung Hydrocortisone satu persen, salep Betametasone dan antibiotik Neomycin Sulfat tiga kali sehari, atau dengan salep Acyclovir lima persen.

Jika gigitan tomcat menimbulkan infeksi sekunder, jangan sampai terjadi luka, karena kuman akan masuk.

Selain itu, jangan menggaruk luka, karena racun dapat berpindah ke bagian kulit yang lain. Lalu segeralah ke dokter, dengan pengobatan dokter, umumnya luka akan membaik dalam 10 hari hingga tiga minggu.

Selain Indonesia, tomcat juga pernah menyerang sejumlah negara di dunia. Serangan itu terjadi di Jepang pada 1966, Iran pada 2001, Sri Langka 2002, Pulau Pinang Malaysia pada 2004 dan 2007. 

Tomcat juga pernah menyerang India Selatan pada 2007, dan Irak pada 2008.

Salah satu penyebab tomcat menyerang manusia, karena habitat serangga tersebut terganggu oleh manusia.



Sumber : Merdeka


Jangan Lupa Share Tomcat Sudah Hidup Sejak Zaman Dinosaurus ke Temenmu :)
Share/Bookmark

Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon laporkan apabila ada gambar rusak, link mati atau salah penulisan sumber di kolom komentar dibawah ini.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More