Selamat datang di choliknf1998.blogspot.com, blog ini pindahan dari choeliknf75.blogspot.com

Kamis, 22 Maret 2012

Sejarah Supporter PSIM (Dari PTLM Hingga BRAJAMUSTI)




Sejarah supporter  PSIM ,,dari PTLM (Paguyuban Tresno Laskar Mataram) hingga BRAJAMUSTI
SEJARAH PANJANG PEJUANG HOOLIGANS
Berdiri sekitar tahun 1998, berawal dari pembicaraan rekan-rekan di Gayam setelah menonton pertandingan di Solo yang pada saat itu PSIM  melawan Arseto Solo di Stadion Sriwedari.
Pada saat itu sebagian rekan-rekan dari Gayam dan para pendukung  PSIM  mendapat perlakuan tidak baik dari supporter Arseto Solo di stadion Sriwedari dan kejadian tersebut di perparah dengan pecah nya kaca mobil milik orang penting di kartosuro oleh Suporter Jogja, sehingga dalam perjalanan pulang suporter itu di belokan di suatu tempat di kartosuro yang tidak perlu di sebutkan disini, Kejadian di Std Sriwedari itu membuat teman - teman yang ikut dalam pertandingan itu sepakat untuk membuat Laskar Pendukung  PSIM  yang solid dan lebih modern. Maka 1998 (saya baru lahir) lahirlah “HOOLIGANS” yang merupakan symbol perlawanan terhadap Arseto dan Suporter Arseto Solo. Dalam masa perkembangan selama 10 tahun ini, kita sudah eksis untuk mendukung  PSIM  secara total apapun yang terjadi “Dengan Darah, keringat dan air mata kami dukung  PSIM”.
Pada tahun tahun pertama dan dalam perjalanan berdirinya Hooligans PSIM  pada saat itu masih di divisi utama menjalani pertandingan terkhir melawan Pelita solo, kala itu Pelita Solo membawa puluhan ribu orang yang tergabung dalam  Pasoepatai  Solo, dan terkenal dengan istilah " SOLO MEMERAHKAN MANDALA " yang menjadi kebanggan orang solo dan   Pasoepatai   sampai detik ini shit , karena Dendam Kesumat beberapa tahun yang lalu saat  PSIM  vs Arseto Solo belum terhapus, dengan energi kemarahan puluhan orang gayam yang suka maupun tidak suka dunia bola di bantu ribuan orang dari berbagai laskar ikut menonton dengan alasan ingin membalas perlakuan bejat orang solo di Sriwedari, dan terjadilah insiden Jogja Kelabu, 2 jam sebelum pertandingan situasi memang mencekam di dalam dan di luar stadion  Mandala Krida , sebelum pertandingan di muali aksi lempar batu, dan pelemparan bom molotov dari luar stadion pun terjadi, pertandingan kala itu hanya berjalan 15 menit, karena situasi yang kurang kondusif, setelah pertandingan di hentikan pun chaos masi terjadi di tandai dengan di rusak nya seluruh kendaraan PLAT AD yang berada di jogja! dan itu mengakibatkan Pasoepatai tertahan di dalam stadion sampe 5 jam, dan membuat hubungan JoGJa - Solo tidak harmonis sampai sekarang.
Pada tahun kedua dimana mulai banyak bermunculan Laskar pendukung  PSIM , kita sudah mengadakan tour ke Bogor dan itu merupakan tour pertama Hooligans untuk mendukung  PSIM .
Pada tahun ketiga  PSIM  yang terdegradasi ke devisi satu membuat Hooligans tidak patah semangat dalam mendukung  PSIM , dan dalam suatu waktu laskar “Hooligans” Gayam diminta tolong untuk mendukung PSS Sleman Remaja di Stadion Tridadi, akan tetapi perlakuan sebagian warga Sleman dilapangan dengan mengejek kami, mencaci kami dan mempersulit kami dalam mencari tempat parkir sepeda motor, Padahal pada saat itu kami datang karena di undang oleh pihakSlemania yaitu laskar bledek ijo yang beberapa waktu sebelumnya bernama Llaskar kalasan dan menjadi Punggawa PTLM, Karena kejadian itulah yang membuat “Hooligans” sangat anti pati dan sangat membenci kepada Slemania sampai sekarang dan entah sampai kapan (sampai kiamat),
Pada tahun keempat “Hooligans” tetap mendukung  PSIM Jogja  yang masih bertahan di devisi satu dan sekali lagi kami mengadakan Tour.
Tahun kelima lahirlah “Brajamusti” di Gayam, Laskar Hooligans bersama laskar-laskar lainnya seperti “Baju Barat, Mataram Grassroot, Dakota, Mataram United dll telah menjadi embrio pembentukan wadah suporter brajamusti wadah suporter  PSIM .. Diawali pertemuan laskar-laskar suporter  PSIM  di wilayah Laskar Mataram grassrot dilanjutkan di Laskar Dakota dan pertemuan terakhir di Balai Kampung Mangkukusuman di tempat markas Laskar Hooligans yang diikuti 21 perwakilan laskar-laskar  PSIM Jogja sepakat untuk membuat wadah organisasi supporter PSIM  melalui sayembara di KR yang diikuti oleh seluruh masyarakat jogja dan sekitarnya.
Seiring waktu dengan selesainya sayembara maka pemenangnya disepakati wadah supporter baru bernama “BRAJAMUSTI” ependekan dari BRAYAT JOGJA MATARAM UTAMA SEJATI. Dan presiden pertama  Brajamusti  yang terpilih secara aklamasi yaitu Bpk.H.Guntur Artamadji(satu kampung dengan saya) dari ketua Laskar Hooligans. Peran besar laskar Hooligans masih berlanjut dari awal-awal berdirinya Brajamusti yaitu dengan dipakainya markas Hooligans Balai kampung Mangkukusuman sebagai tempat rapat-rapat Brajamusti dan rumah Presiden Brajamusti sebagai sekretariat Brajamusti di jalan sutomo 14 Jogja. Seiring perkembangan waktu laskar Hooligans ikut aktif dalam acara-acara yang diadakan oleh Brajamusti seperti tour, kegiatan sosial, aktif kepengurusan DPP dll.
Pada Tahun ke- enam perjalanan panjang Laskar Hooligans, berita yang sangat menyesak kan muncul ke permukaan, Bahwa pada saat itu PSS Sleman ber HomeBase di Mandala krida, setiap pertandingan PSS jl. Gayam selalu di lewati simpatisan berseragam hijau slemania, itulah yang membuat kami sedikit gerah, dalam suatu waktu di saat pertandingan PSS Vs Persib Bandung diMandala Krida, Di kumpulkanlah supporter Bola se area JOGLOSEMAR, dengan maksut ingin mengadakan ikrar damai di  Mandala Krida , Di sana para Pengurus Brajamusti dan sebagian pengurus hooligans tidak di sambut baik oleh para pengurus Slemania dan Slemania , merasa tidak di “uwongke” pengurus Hooligans dan para pengurus Brajamusti ingin meminta klarifikasi, tapi apa lacur, Hooligans dan para pengurus Brajamusti malah di lempari air mineral oleh Slemania di tribun barat, dan tetap di lempari sampai Hooligans dan Brajamusti keluar staidon, dengan Amarah yang sedang di puncak karena merasa di lecehkan, terjadilah insiden bersejarah itu, Sweping Kaos Hijaudi  Mandala Krida dan di seputaran jogja, memakan banyak Korban luka – luka dan banyak motor di rusak di seputaran Gayam dan menurut kabar insiden terjadi hingga Tegal Rejo(kelurahan tempat tinggal saya), Badran dan Jlagran.
Pada Tahun ke- Tujuh, PSIM jogja mendapat tiket playoff di promosi degradasi di stadion manahan solo, dengan gagah berani bersama 10.000 warga Jogja pandemen PSIM mengawal PSIM di sana, pada saat pertandingan melawan PERSIB bandung terjadi kekacauan yang luar biasa gila,Brajamusti Di lempari batu oleh Pasoepatai, padahal kita tahu sendiri  PSIM  di sana melawan PERSIB bandung, apa karena tabiat orang solo yang gak pernah punya team sendiri untuk di dukung sehingga meraka mendukung Persib bandung atau hanya keinginan meraka balas dendam masalah kejadian mandala..?? belasan Bus baker pecah kaca, sempat terjadi perang batu juga di stasion purwosari, kaca kaca manahan di rusak, puluhan warung nasi di rusak, dan sesampainya di jogja sweeping plat ad kembali beraksi
Tahun kedelapan saat itu akhirnya tiba, setelah sekian lama terbenam di divisi satu, PSIM Jogjamenjadlani partai final divisi 1 melawan PERSIWA wamena di jalak harupat, akhirnya PSIM juara dan promosi ke divisi paling atas liga indonesia, ratusan ribu pendukung PSIM berkonvoi keliling kota untuk berpesta..
Itulah sedikit sejarah tentang Laskar Hooligans yang bermarkas di gayam, dan mungkin bisa di jadikan Pelajaran Buat teman – teman Brajamusti yang baru bergabung..!!

udah tau sejarahnya tho mas?piye greget ra?
.AYO KONSISTEN BRAJAMUSTI.
dari dulu sampai sekarang BRAJAMUSTI sudah melekat menjadi suporter PSIM
buat apa pindah menjadi suporter yang pakai kaos hitam hitam.

Sumber:lupa kasih,mau pasang lupa alamatnya.
.Sejarah itulah yang membuat saya bangga menjadi BRAJAMUSTI dan Sejarah itulah yang membuat saya membenci Pasoepatai dan Slewaria.
.....::::: SALAM DARAH DAN KERINGAT - PSIM SAKMODARE:::::.....


Jangan Lupa Share Sejarah Supporter PSIM (Dari PTLM Hingga BRAJAMUSTI) ke Temenmu :)
Share/Bookmark

Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon laporkan apabila ada gambar rusak, link mati atau salah penulisan sumber di kolom komentar dibawah ini.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More