Selamat datang di choliknf1998.blogspot.com, blog ini pindahan dari choeliknf75.blogspot.com

Jumat, 23 Maret 2012

Rokok Bisa Membunuh 1 Miliar Orang di Dunia

 
Rokok berpotensi membunuh 1 miliar orang di dunia abad ini. Rokok juga menyita 1-2 persen Produk Domestik Bruto negara-negara di dunia. 

Fakta ini terungkap dalam buku Tobacco Atlas, karangan Michael Eriksen yang baru diluncurkan di Singapura, kemarin. 

Menurut buku itu, rata-rata perokok menghabiskan uangnya untuk membeli rokok dibandingkan dengan mengalokasikannya untuk dana kesehatan atau berobat dari penyakit yang ditimbulkan rokok. Efek rokok justru dirasakan setelah belasan atau puluhan tahun. "Padahal efek dari rokok justru tak terhingga, tak dapat diukur. Berapa uang yang anda habiskan, belum lagi keluarga terkena dampaknya bahkan rokok menghilangkan daya kreativitas Anda. Ini justru yang tak terpikirkan," jelas Hana Ross, rekan penulis Eriksen dalam menghasilkan buku Tobacco Atlas.

Michael menambahkan, selama abad ke-20, rokok telah membunuh 100 juta orang lebih. Dengan pertumbuhan signifikan jumlah perokok di negara berkembang, bukan tak mungkin benda ini akan membunuh 1 miliar orang di abad 21. Apalagi populasi dunia telah tumbuh 4 kali lebih banyak dalam satu abad terakhir.

Saat ini hampir 1 miliar orang di dunia menjadi perokok aktif dan 600 ribu perokok pasif telah meninggal dunia. Kebanyakan dari mereka adalah wanita dan anak-anak.

Meski 174 negara sudah menandatangani konvensi kerangka bersama WHO tentang pengendalian tembakau, pada prakteknya amatlah sulit. Beberapa negara termasuk AS dan Argentina, ikut menandatangani konvensi ini tetapi tidak meratifikasi. Indonesia, Uzbekistan dan Zimbabwe bahkan tidak ikut teken serta meratifikasi konvensi ini.  

"Perjanjian tersebut tak bergigi. Ketika dilanggar, tak ada sanksi yang jelas," jelas Michael.

Harusnya setiap negara melaksanakan apa yang telah dikonvensikan sebab masalah ini telah menjadi masalah penting dunia. "Ini tentang hidup dan mati," imbuh Michael dikutip reuters. 


Jangan Lupa Share Rokok Bisa Membunuh 1 Miliar Orang di Dunia ke Temenmu :)
Share/Bookmark

Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon laporkan apabila ada gambar rusak, link mati atau salah penulisan sumber di kolom komentar dibawah ini.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More