Selamat datang di choliknf1998.blogspot.com, blog ini pindahan dari choeliknf75.blogspot.com

Jumat, 23 Maret 2012

10 Makanan Penangkal Batuk dan Pilek

Cuaca yang tidak menentu sangat mempengaruhi kondisi tubuh kita. Muncul beberapa keluhan penyakit seperti batuk dan pilek. Hal itu tentu sangat mengganggu hasil pekerjaan Anda. Selain mengganggu kebugaran Anda, batuk ataupilek membuat mood Anda jadi tak menentu. Anda merasa malas dan tak bergairah untuk melakukan aktivitas. Carin Gorrell, Direktur Nutrisi SELF, memberikan beberapa tips tentang makanan yang ampuh untuk melawan batuk atau pilek. Simak penjelasannya berikut ini.

1. Susu skim
Kekurangan vitamin D dapat mempengaruhi kerja darah putih dalam melawan penyakit. Hal ini membuat darah putih tidak dapat bereaksi atau melawan penyakit secara efektif. Susu skim banyak mengandung vitamin D yang diperlukan tubuh Anda.

2. Paprika merah
Anda sering berpikir bahwa buah-buahan citrus mengandung banyak kandungan vitamin C. Itu tentu benar, namun paprika merah memiliki kandungan vitamin C tiga kali lebih banyak dari jeruk.

3. Teh
Sebuah studi dari Universitas Harvard menyebutkan bahwa peminum teh memiliki sel imun yang lebih kuat melawan penyakit daripada peminum kopi. Teh hijau sangat baik untuk kesehatan Anda, karena mengandung antu-oksidan yang tinggi.

4. Yogurt
Probiotik, bakteri yang terkandung dalam yogurt, mampu meningkatkan sistem imun dan menurunkan risiko penyakit gusi atau bahkan beberapa jenis kanker.

5. Keju dari susu kambing
Keju ini mengandung zat tembaga yang mampu menjaga sistem kekebalan tubuh Anda. Selain itu, keju ini hanya mengandung 76 kalori dan 4 gram lemak jenuh.

6. Blueberries
Sebuah penelitian di USDA Agriculture Research Service di Little Rock, Arkansas, menyebutkan bahwa berries ampuh melawan penyakit sebab sarat akan kandungan anti-oksidan.

7. Kwaci labu
Kwaci yang berasal dari biji labu kaya akan kandungan zinc, sebuah mineral yang baik untuk sistem kekebalan tubuh Anda. Makanan ini ternyata juga mampu mengurangi gejala flu, namun jangan makan berlebihan. Wanita usia 19 tahun ke atas membutuhkan 8 mg per hari, sedangkan pria membutuhkan 11 mg per hari.

8. Jamur
Sebuah studi menyebutkan bahwa jamur mengandung antiviral dan atibakterial. Jamur juga menjadi sumber vitamin D yang baik untuk sistem kekebalan tubuh Anda.

9. Brokoli
Studi dari The Journal of Nutritional Biochemistry menunjukkan bahwa sayur berdaun hijau mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan nutrisi pada brokoli juga dapat membantu tubuh Anda melawan penyakit.

10. Pasta
Hasil penelitian di Universitas Stanford menunjukkan bahwa banyak orang yang melakukan diet dan menjauhi karbohidrat atau lemak. Anda harus memikirkannya sekali lagi. Karbohidrat dan lemak mengandung nutrisi penting seperti zat besi dan zinc yang membantu menjaga sistem imun dan memberi energi.



Jangan Lupa Share 10 Makanan Penangkal Batuk dan Pilek ke Temenmu :)
Share/Bookmark

Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon laporkan apabila ada gambar rusak, link mati atau salah penulisan sumber di kolom komentar dibawah ini.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More