Selamat datang di choliknf1998.blogspot.com, blog ini pindahan dari choeliknf75.blogspot.com

Rabu, 21 November 2012

Jadilah Berguna Sepanjang Usia Seperti Pisang

Jadilah Berguna Sepanjang Usia Seperti Pisang | Choliknf1998.blogspot.com
Pohon pisang,sebagai anggota famili Musaceae banyak terdapat di daerah tropis. Semua bagian tumbuhan ini bisa dimanfaatkan. Mulai dari daun untuk pembungkus makanan, pelepah untuk barang kerajinan, hingga buahnya untuk dikonsumsi.

Pohon pisang memberi manfaat filosofis sekaligus menjadi maha guru bagi manusia. Perlu waktu lebih dari 5 bulan agar kita dapat menikmati manfaat buah pisang. Namun jauh sebelum menghasilkan buah, pohon pisang sejak ukuran kecil telah bermanfaat, yakni kegunaan daun bagi penanamnya.

Kepopuleran buah pisang sendiri karena ia dapat dijumpai sepanjang musim tanpa mengenal waktu. Musim hujan ataupun kemarau, tingkat adaptasi pisang dapat membuatnya berbuah sepanjang tahun. Pohon hanya akan mati setelah menghasilkan buah.

Pada beberapa spesies, batang yang telah dipotong akan tumbuh batang baru pada lingkar tengah. Tunas muda pun akan muncul disekeliling pohon utama, tunas baru yang identik dengan pohon utama. Bahkan ketika ia telah membusuk, di tangan-tangan manusia kreatif, belakangan bonggol pisang diolah menjadi inovasi bahan pangan seperti keripik.

Demikian pula manusia, hendaknya bisa berguna layaknya pohon pisang. Sedari muda, kiranya manusia dapat berguna seperti daun pisang. Memberikan guna dan karya bagi orangtuanya, meskipun belum mencapai umur.

Ketika dewasa, sifat berkarya ini haruslah dilakukan terus-menerus sepanjang tahun untuk masyarakat di mana pun ia berada. Tentu dengan prasyarat pantang menyerah sebelum ia memberikan sesuatu untuk orang lain.

Berkaitan dengan tunas-tunas yang tumbuh di sekitarnya, ibarat manusia yang telah dewasa, ia menularkan ilmu dan sifat pada manusia-manusia muda. Manusia berbibit unggul tentu akan memberikan tunas unggul pula pada lingkungannya.

Ketika manusia tersebut masuk alam baka, seperti kata pepatah, ‘manusia mati meninggalkan nama’. Bagi manusia yang memiliki jasa dan karya, ia akan dikenang dan segala pemikirannya akan tetap bermanfaat bagi mereka yang dapat memanfaatkan.

Sudahkah kita berkarya dan berguna layaknya pohon pisang?.

Selasa, 20 November 2012

4 dari 10 Pilot Mengaku Tidur Saat Terbangkan Pesawat

4 dari 10 Pilot Mengaku Tidur Saat Terbangkan Pesawat | Choliknf1998.blogspot.com
Banyak traveler yang cukup takut untuk naik pesawat mengingat kecelakaan yang mungkin terjadi. Pilot yang harusnya menjaga keamanan dan kestabilan pesawat malah ternyata suka tidur saat sedang menerbangkan pesawat.

Berdasarkan survei dari European Cockpit Association (ECA), 4 dari 10 pilot mengaku suka tidur saat sedang bertugas di udara. Sedangkan 3 di antaranya mengaku sempat bangun untuk mengecek apakah co-pilotnya juga ikut tidur, demikian dilansir dari Telegraph, Senin (19/11/2012).

Survei ini dilakukan kepada 6.000 pilot yang berdomisili di Eropa. Mereka mengaku, kelelahan lah yang jadi masalah utama mereka. 79 Persen mengaku, tidur di pesawat adalah masalah yang sering dilakukan. 

Dari data yang diperoleh dari survei, 70-80 pilot tidak akan mengaku bahwa mereka tidak siap untuk terbang. Mereka akan mengesampingkan rasa mengantuk atau lelah dan cuek untuk kembali menerbangkan pesawat. 

Bagi ECA, hasil survei sama sekali tidak mengejutkan. Menurut mereka, pilot-pilot tersebut sudah berteman baik dengan jam tugas yang panjang, penerbangan malam, dan waktu standby yang lama. Hal-hal inilah yang membuat mereka kerap tertidur saat di pesawat. 

Bukan tanpa alasan, survei ini digelar untuk membuat peraturan untuk menghindari kecelakaan yang mungkin disebabkan oleh kelelahan para pilot. Mereka sedang mengajukan proposal kepada European Aviation Safety Agency (EASA) untuk membuat pembatasan jam terbang.

Ini bertujuan untuk menjaga keamanan para penumpang dan mengurangi kemungkinan kecelakaan yang mungkin terjadi. 

"Lelah membuat para petugas (pilot dan co-pilot) tidak cepat tanggap mengenai masalah yang mungkin terjadi selama di udara. Kita tak bisa menunggu sampai terjadi kecelakaan baru menetapkan peraturan," kata perwakilan dari ECA, Philip von Schoppenthau. 

Proposal peraturan ini sedang dalam proses dan rencananya akan diadopsi dalam hukum Uni Eropa pada pertengahan 2013 mendatang.

Sumber : DetikTravel

Asal-usul Malaysia Berbahasa Melayu

Asal-usul Malaysia Berbahasa Melayu | Choliknf1998.blogspot.com
Bahasa Melayu menjadi identitas bagi bangsa Malaysia. Wisatawan bisa mengetahui asal muasal bahasa Melayu pada sebuah tempat khusus di Kuala Lumpur. Dimanakah itu?

Pertanyaan itu terjawab saat DetikTravel mengunjungi Muzium Negara di Kuala Lumpur, Malaysia, minggu lalu. Beberapa waktu lalu terdapat sebuah pameran di museum itu yang menceritakan awal mula masuknya bahasa Melayu di Malaysia.

Hanya dengan membayar RM 5 atau setara dengan Rp 16 ribu, wisatawan bisa tahu bagaimana sejarah bahasa Melayu. Dalam pameran itu dijelaskan bahasa Melayu sudah ada sejak lampau terbukti dari ditemukannya prasasti Melayu di Dong Yen Chau, Vietnam.

Setelah itu bahasa Melayu pun mulai berkembang dengan pengaruh dari budaya India dan Jawa. Hingga dalam masa-masa itulah bermunculan berbagai macam sastra Melayu. Jenis-jenis sastra yang bermunculan adalah Pantun, Syair hingga Gurindam.

Memasuki abad ke-19, bahasa Melayu mulai dipengaruhi oleh-oleh bahasa penjajah masa itu pun disebut sebagai pramodern. Pada masa itu, Inggris masih berkuasa di Malaysia hingga beberapa bahasa pun mulai 'terkontaminasi' dengan bahasa Inggris.

Hingga memasuki abad ke-20 baru bahasa Melayu modern muncul dan hingga sekarang dipakai. Apalagi diperbaiki dengan keluarnya Sistem Ejaan Rumi Bagaru pada 16 Agustus 1972 yang tak lain mirip Ejaan yang Disempurnakan yang dipakai Indonesia.

Sumber : DetikTravel

Senin, 19 November 2012

NASA: Kiamat di 2012 Cuma Karangan

NASA: Kiamat di 2012 Cuma Karangan | Choliknf1998.blogspot.com
CALIFORNIA - Kalender suku maya yang meramalkan bahwa 2012 menjadi akhir dari di kehidupan di dunia membuat sejumlah orang was-was. Karenanya, NASA pun melakukan penelitian untuk meredam rumor tersebut. 

Hasilnya, NASA pun menampik ramalan yang mengatakan bahwa 21 Desember 2012 merupakan akhir dari dunia. "Seperti kalender yang terdapat pada dinding dapur Anda ketika tidak ada tanggal setelah 31 Desember. Kalender suku Maya habis setelah 21 Desember 2012. Hari itu merupakan perhitungan terakhir dalam kaleder maya - seperti kalender kita yang akan berawal pada 1 Januari lagi," kata peneliti melalui pernyataan dikutip dari situs NASA Senin (19/11/2012). 

Mereka menegaskan bahwa peristiwa yang akan terjadi pada 21 Desember 2012 tidak akan ada perbedaan dari salah satu hari di tahun dan pada tanggal tertentu. 

Pada tanggal itu, matahari memang akan muncul pada siang hari di ketinggian terendah di atas cakrawala, sebuah fenomena yang dikenal sebagai titik balik matahari musim dingin (winter solstice). Tidak ada hubungannya dengan konsekuensi bencana, di mana beberapa pihak mengatakan akan terjadi bencana akibat peristiwa  tersebut. 

Adapun teori mengatakan, pada 2012, bumi mengalami pergeseran kutub yang radikal, dan para peneliti mengatakan bahwa secara alami hal tersebut tidak mungkin. 

Selain itu, para peneliti NASA juga mengatakan, bumi tidak akan mendapatkan ancaman dari terjangan meteor besar pada tahun ini. "Bumi selalu menjadi target dari terjangan komet dan asteroid, namun serangan besar sangat jarang. Terakhir terjadi pada 65 juta tahun yang lalu dan membuat dinosaurus punah," katanya. 

Para peneliti mengatakan bahwa teori yang mengatakan bahwa 2012 menjadi akhir dari dunia merupakan kreasi phantasmagorical. "Banyak hal yang mucul seperti film, tayangan TV yang tidak berdasarkan pada ilmu pengetahuan. Bahkan, di luar sana juga ada rilis NASA yang palsu," tutupnya.

Sumber : Okezone

5 Hal yang Membuat Pria Jadi Bodoh

5 Hal yang Membuat Pria Jadi Bodoh | Choliknf1998.blogspot.com
Manusia menjadi tua itu sudah kodrat alam. Tapi bagaimana jika manusia menjadi bodoh seiring perubahan zaman. Ya, itulah hasil penelitian yang diterbitkan dalam Journal Trends in Genetics, yang menyebutkan manusia kehilangan kecerdasan yang mereka miliki.

Penulis penelitian mengatakan, dulu nenek moyang kita hidup dan mati menggunakan kemampuan mereka untuk mencari makanan dan tempat tinggal. Proses sederhana ini tidak memerlukan banyak kemampuan otak seperti zaman sekarang. Namun, kini majunya teknologi membuat manusia lebih dipermudah.

Mengutip dari MensHealth, Jumat (16/11/2012), lima hal ini tanpa disadari bisa membuat pria menjadi bodoh setiap harinya.

1. Ketergantungan dengan Google

Daripada repot-repot memutar otak mencari ibukota sebuah negara, orang lebih memilih mencarinya di Google. Semua orang bisa membawa perangkat yang bisa mengakses mesin pencari di saku dalam 24/7. Ini membuat seseorang menjadi super-super nyaman. Tapi cara itu juga membuat Anda super pelupa. 

Menurut penelitian dari Universitas Columbia pada 2011, ketika Anda terus-menerus mencari di Google tidak akan membantu diri Anda mengingat sesuatu. Sebenarnya Anda bisa melakukan cara lain, yakni bila ingin mengingat sesuatu, ulangi informasi beberapa kali dengan keras. Anda mungkin terdengar gila, tapi latihan ini merupakan salah satu trik terbaik untuk mengingat.

2. Kemana-mana selalu berkendaraan

Manusia gua mungkin lebih memilih berjalan kaki bermil-mil panjangnya dari kantor ke rumah pada malam hari. Sementara orang zaman sekarang lebih senang mengendarai mobil. Ini bisa membuat orang sedikit berolahraga.

Pada penelitian 2011, bagian otak yang terkait dengan fungsi eksekutif dan ingatan lebih kecil pada orang yang bukan atlet dibanding pemain bola basket. Tapi jangan berkecil hati, penelitian dari University of Illinois menyebutkan, latihan aerobik setahun secara teratur bisa meningkatkan ukuran hippocampus pada orang dewasa sebanyak 2 persen.

Para ahli percaya, olahraga bisa menyeimbangkan bahan kimia dalam otak Anda, memperkuat hubungan, dan meningkatkan kemampuan otak.

3. Lebih memilih goreng-gorengan dibanding salad

Zaman sekarang orang yang obesitas jumlahnya semakin banyak. Padahal obesitas buruk buat otak. Menurut para peneliti di Carnegie Mellon University., otak orang yang gemuk kerjanya lebih keras dibandingkan dengan orang berbobot normal dalam mencapai hasil yang sama. 

Tekanan darah tinggi dan inflamasi menyerang orang gemuk dan mengiritasi jaringan komunikasi di otak. Ini yang membuat otak sulit menerima pesan.

4. Lama di kantor

Dalam sebuah penelitian terhadap 22 orang, peserta diberikan tes pengambilan keputusan saat ruangan penuh karbondioksida. Mereka menemukan, pada saat tingkat karbondioksida meningkat, fokus masyarakat dan kemampuan menyusun strategi anjlok.

Bisa jadi itu disebabkan kelebihan CO2 dalam darah yang mengarah ke kekurangan oksigen di otak. Pada penelitian NASA, beberapa tanaman ditemukan untuk menghilangkan polutan di udara. Namun pilihan terbaik cukup 15 menit mendapat udara segar.

5. Perjalanan bisnis

Perbedaan zona waktu tidak hanya mengubah pola tidur Anda, tapi juga bisa bermain-main dengan kecerdasan Anda.Para peneliti di Berkeley mengubah jam tidur hamster, yang disamakan dengan perjalanan dari New York ke Paris setiap tiga hari dalam sebulan.

Mereka menemukan hamster yang jetlag tidak pintar. Hewan-hewan mungil itu memproduksi neuron 50 persen lebih seidkit dibandingkan ketika hamster tidur normal.

Peneliti berspekulasi bahwa produksi hormon tidur melatonin, stres, dan meningkatnya kematian sel yang disalahkan dari tidur.

Sumber : Liputan6.com

Minggu, 18 November 2012

8 Film Inspiratif untuk Keluarga

8 Film Inspiratif untuk Keluarga | Choliknf1998.blogspot.com
Ilustrasi nonton film. (Sheknows.com).
Film bertemakan keluarga bisanya menginspirasi perasaan cinta, persahabatan, dan optimisme. Adegan dalam film acap memberitahukan pesan moral untuk seluruh anggota keluarga. Lalu film apa saja yang menginspirasi setiap anggota keluarga? Berikut ini ulasannya:

1. Lion King
Film ini memang salah satu film animasi terbaik sepanjang masa, yang sangat direkomendasikan untuk semua orang dari segala usia. Menyaksikan kisah petualangan Simba, seekor anak singa pewaris tahta raja rimba dari sang ayah (Mufasa).

Simba menjadi korban intrik dari adik Mufasa, Scar, yang berambisi menduduki tahta kerajaan rimba dengan menyingkirkan Simba. Untuk itu Scar berkomplot dengan para hyena, untuk meyingkirkan sang pewaris tahta itu.

Sebagaimana ciri khas film-film animasi Walt Disney lainnya, film legendaris ini pun tak lepas dari unsur edukasinya yang berkualitas tinggi tanpa ada unsur menggurui.

2. Mary Poppins
Ceritanya manis, lucu, dan mengajarkan pelajaran juga. Dengan bantuan model komik, film ini mengajarkan Anda bagaimana mengajarkan anak-anak untuk minum obat tanpa memaksa.

3. The Sound of Music
Cerita dan iringan musik dalam film ini menakjubkan. Menceritakan keluarga besar Captain von Trapp dengan anak-anak yang lucu. Meskipun sang ayah sedikit diktator mengajarkan kehidupan anak-anaknya, tapi dia mempunyai hati 'emas'.

4. Finding Nemo
Sangat mengharukan bagi seluruh keluarga untuk menonton, terutama mengingat cara keluarga Nemo dan teman-teman menghabiskan begitu banyak waktu mencari Nemo yang hilang terbawa arus.

5. Up
Film garapan Pixar ini mengajarkan begitu banyak tentang cinta, kesedihan, dan ketekunan. Sangat baik untuk mengajar pelajaran bagi anak-anak.

6. E.T. : The Extra-Terrestrial
Menurut sang sutradara, Steven Spielberg, mengatakan E.T. adalah teman yang dapat menjadi saudara laki laki dan ayah. Menjadi konsep film autobiografikal kecil.

7. The Wizard of Oz
Film ini merupakan film fantasi klasik yang dulu tayang 1939. Mengisahkan penyihir hebat yang mengatasi kekacauan karena terlalu berbangga diri dengan ilmu sihirnya dan selalu memamerkan diri sebagai jagoan.

8. Toy Story
Film yang terlah diproduksi sampai sekuel ketiga ini banyak melibatkan ikatan emosional yang telah terjalin. Karena menempatkan penonton pada posisi sebagai Andy, yang tumbuh dewasa dan harus meninggalkan seluruh kenangan dan kesenangan masa kecilnya. Termasuk koleksi mainannya yang telah menemaninya selama ini, untuk kemudian melanjutkan kehidupannya.

Sumber : Metrotvnews.com

5 Keuntungan Berhubungan Asmara Jarak Jauh

5 Keuntungan Berhubungan Asmara Jarak Jauh | Choliknf1998.blogspot.com
Ilustrasi LDR. (Sheknows.com).
Sebagian orang enggan memiliki hubungan jarak jauh alias long distance relationship (LDR). Alasannya, mereka sulit berkomunikasi satu sama lain. Padahal, hubungan tersebut memiliki banyak keuntungan, lho.

Setiap pasang kekasih pasti ingin saling dekat. Sehingga, mereka dapat berkomunikasi terkait jalinan asmara.

Namun, LDR pun memiliki keuntungan seperti:

1. Hubungan akan lebih menarik
Menjalin hubungan jarak jauh akan tetap memiliki sisi yang menarik. Akan ada banyak hal yang dibicarakan ketika Anda dan pasangan saling berkomunikasi lewat telepon atau media lainnya. Dibanding harus setiap hari bertatap muka dan pada akhirnya akan menimbulkan sedikit kebosanan dalam berpacaran.

2. Memiliki kebebasan lebih banyak
Berhubungan asmara jarak jauh juga memungkinkan Anda untuk memiliki kebebasan lebih. Misalnya, Anda akan lebih banyak waktu untuk berkumpul dengan teman-teman lama, begitupun sebaliknya.

3. Lebih menghargai waktu
Bertatap muka secara langsung merupakan hal langka yang ditunggu-tunggu pasangan LDR. Dengan demikian, waktu bertemu menjadi semakin berkualitas. Dan membuat keduanya semakin menghargai waktu bertemu.

4. Menjadikan pribadi yang mandiri
Berhubungan asmara jarak jauh juga akan menciptakan pribadi yang mandiri dan tidak terbiasa untuk tidak bergantung pada pasangan.

5. Dukungan emosional menjadi lebih penting
Saat Anda jauh dari pasangan, hal yang mungkin terjadi adalah bentuk dukungan akan semakin penting. Hal tersebut merupakan salah satu bentuk untuk menambah rasa sayang antar pasangan.

Sumber : Metrotvnews.com

5 Tips Liburan Murah di Negara Sendiri

5 Tips Liburan Murah di Negara Sendiri | Choliknf1998.blogspot.com
Saat merencanakan liburan, seringkali yang ada di kepala kebanyakan orang adalah mengunjungi destinasi yang jauh untuk menikmati suasana yang masih asri dan belum pernah disaksikan sebelumnya.

Padahal, masih banyak sejumlah destinasi liburan yang tidak terlalu jauh dari tempat tinggal yang bisa menjadi alternatif dan memiliki pemandangan tidak kalah cantiknya.

Selama ini, penyebab biaya liburan terkadang menjadi sangat mahal sebenarnya sangat sepele, yaitu hanya karena rasa malas dari setiap orang untuk membuat rencana. Padahal, jika sedikit saja mau berusaha, maka liburan murah bisa dengan mudah untuk didapatkan.

Kunci utama liburan murah sebenaranya ada tiga yaitu, pemilihan lokasi, kecermatan menyiapkan anggaran dan perencanaan rute liburan.

Nah, kalau mau lebih lengkap lagi, bisa disimak beberapa langkah menyiapkan liburan murah tanpa harus banyak menguras isi kantong.

1. Tentukan biaya liburan yang akan dikeluarkan, kemudian pilihlah destinasi dengan berbagai atraksi menarik, sesuai dengan budget yang telah disiapkan.

Sebagai catatan kecil, destinasi wisata yang lebih dekat dengan tempat tinggal, tentu bisa menekan pengeluaran biaya transportasi.

2. Mulailah untuk mencari tempat akomodasi, tempat makan dan transportasi yang akan digunakan pada destinasi tujuan.

Sebagai catatan kecil, Anda bisa mencarinya lewat dunia maya, sambil melengkapi dari pengalaman dari sejumlah teman atau kerabat yang pernah berkunjung ke tempat tersebut.

3. Setelah semua informasi didapat, mulailah menyusun itinerary yang ingin dilakukan pada saat berada di lokasi tujuan.

Sebagai catatan kecil, usahakan untuk membuat jadwal yang disesuaikan dengan kondisi. Idealnya, dalam sehari dapat mengunjungi tiga sampai empat destinasi. Namun, jika tidak memungkinkan, dua lokasi sudah cukup.

4. Saat membawa anak-anak, siapkan pula aktivitas menarik untuk mereka dan usahakan bersama-sama dapat menikmatinya dengan hati yang riang.

Sebagai catatan kecil, selipkan berbagai aktivitas alternatif yang juga cukup menarik, supaya mereka tidak cepat merasa bosan saat liburan berlangsung.

5. Kurangi jadwal ke lokasi belanja, agar anggaran tetap sesuai budget.

Sebagai catatan kecil,  khusus untuk anggaran belanja, akan lebih baik jika disiapkan pos pengeluaran tersendiri, agar Anda tidak uring-uringan melihat tagihan yang membengkak ketika liburan usai.

Sumber : BeritaSatu.com

Jumat, 16 November 2012

5 Alasan Kenapa Jagoan Selalu Kalah Sebelum Menang

5 Alasan Kenapa Jagoan Selalu Kalah Sebelum Menang | Choliknf1998.blogspot.com
Ilustrasi jagoan.
Berikut ini adalah 5 alasan kenapa jagoan selalu kalah sebelum menang, Selamat menyimak:

1. Menunjukkan Kalau Musuhnya Gak Sembarangan
Menurut kamu Star Wars bakal sekeren itu kalau Darth Vader ternyata cemen dan langsung mati sekali habeg? Ya nggak lah. Semakin hebat musuhnya, maka semakin besar kans untuk terjadinya pertarungan maha epik yang serunya tujuh turunan di akhir cerita. Ini tentunya bakal bikin kamu lebih betah nonton.

2. Memberi Kesempatan Transformasi Karakter
Jadi ceritanya si karakter jagoan ini adalah manusia biasa-biasa aja yang gak punya kelebihan apa-apa. Kemudian dia dihadang penjahat, dan... kalah mengenaskan. Nah, ini memberikan kesempatan bagi si karakter tokoh utama tersebut untuk bertansformasi jadi jagoan beneran. Apakah dengan cara belajar samurai dengan Hattori Hanzo, disengat laba-laba antah berantah, kesamber petir di laboratorium yang benuh dengan zat-zat kimia misterius, atau mendadak mendapat wahyu yang membuat kamu merasa jadi utusan semesta.

3. Underdog Biasanya Lebih Disenangi
Kenapa? Karena ini fantasi semua orang banget. Kamu yang sehari-harinya loser, tiba-tiba bisa jadi jagoan yang keren banget, mengalahkan penjahat, dan disukai banyak cewek. Menyentuh hati dan sanubari penonton yang adalah orang kebanyakan. Kalau dari awal jagoannya udah ekslusif gitu, apa-apa hebat, rasanya kurang greget. Kurang bisa di-relate, begitu.

4. Supaya Lebih Dramatis
Ini perlu, dong. Untuk memainkan emosi penonton emang harus ada adegan sang tokoh utama ditimpa kemalangan terlebih dahulu. Semakin babak belur wajahnya, maka penonton pun akan semakin berempati. Apalagi kalau ditambah dengan rumahnya dibakar, binatang kesayangannya disembelih, dan gadis pujaan hatinya disiksa sampai amnesia. Wuih! Makin besar semangat sang jagoan kita untuk mengalahkan sang penjahat.

5. Pesan Moral
Jagoan juga harus kalah dulu supaya ceritanya ada pesan moralnya. Ini supaya kamu-kamu yang di rumah, yang selama ini selalu kalah dalam apa pun, bisa nonton filmnya dan bilang... OMG, mungkin masih ada harapan bagiku untuk menjadi orang hebat! Berakit-rakit dahulu berenang-renang ke tepian, mamen. Bersakit-sakit dahulu, memenangkan pertarungan kemudian! *tepuk tangan buat jagoan.

Sumber

Kamis, 15 November 2012

Ini Dia Hewan Berkaki Terbanyak di Dunia

Ini Dia Hewan Berkaki Terbanyak di Dunia | Choliknf1998.blogspot.com
Illacme plenipes, hewan berkaki terbanyak di dunia.
Nama kaki seribu mungkin layak disandang hewan bernama Latin, Illacme plenipes, ini. Hewan ini pertama kali ditemukan pada tahun 1928 memiliki kaki mencapai 750 buah.

Meski memiliki ratusan kaki, panjang makhluk ini hanya sekitar 3 centimeter. Hewan ini baru ditemukan lagi oleh entomolog dari Universitas Arizona, Amerika Serikat, Paul Marek, di dekat Silicon Valley, baru-baru ini.

Marek dan koleganya kemudian mempublikasikan temuan ini dalam jurnal ZooKeys, Rabu 14 November 2012. Marek mengupas tuntas deskripsi makhluk ini, termasuk anatomi anehnya.

Umumnya, kata Marek, spesies kaki seribu hanya memiliki antara 80-100 kaki terpisah. Namun, Illacme plenipes ini benar-benar paling mendekati nama julukannya. Betinanya bisa memiliki kaki mencapai 750 buah, sementara yang jantan lebih dari 550. Bukan hanya, dia juga memiliki sutra yang bisa menutupi badannya sehingga mirip seperti pakaian.

Mareka mencari makhluk aneh ini dengan membongkar bebatuan di kawasan sekitar San Fransisco, Amerika Serikat, antara 2005 sampai 2007 lalu. Ada 17 spesimen yang dikumpulkannya.

Karena hidup jauh di bawah tanah, kaki-kakinya ada yang berevolusi memiliki cakar. Cakar ini diduga sebagai alat untuk bisa bergantung di bebatuan.

Artropoda ini juga memiliki antena yang masif jika dibandingkan dengan ukuran tubuhnya. Mulutnya juga memiliki kemampuan melubangi dan menghisap jaringan tanaman.

Sumber : VIVAnews

7 Manfaat Mengejutkan dari Buah Apel

7 Manfaat Mengejutkan dari Buah Apel | Choliknf1998.blogspot.com
Apel, buah yang familiar dan mudah ditemukan di sekitar kita ternyata memiliki banyak manfaat mengejutkan bagi kesehatan. Mau tahu apa saja? Ini dia, seperti dilansir oleh Third Age (12/11/2012).


1. Sistem pencernaan
Serat pada buah apel mampu mencegah penyakit yang berkaitan dengan sistem pencernaan, seperti konstipasi atau diare. Hal ini karena serat dalam apel membantu menyerap air dalam usus dan membuat sistem pencernaan lancar.
2. Kesehatan gigi
Menggigit dan mengunyah apel mampu merangsang produksi air liur dalam mulut. Hal ini akan mengurangi kemungkinan gigi keropos dan menurunkan tingkat bakteri dalam mulut.
3. Sistem kekebalan tubuh
Apel merah mengandung antioksidan yang disebut quercetin. Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa quercetin mampu meningkatkan kekebalan tubuh, terutama ketika Anda sedang depresi.
4. Katarak
Penelitian jangka panjang menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi diet buah kaya antioksidan seperti apel memiliki risiko terkena katarak 10 - 15 persen lebih sedikit.
5. Risiko Alzheimer
Sebuah penelitian pada tikus menunjukkan bahwa mengonsumsi jus apel mampu mencegah penuaan otak. Tikus dalam penelitian yang mengonsumsi apel menunjukkan hasil tes yang lebih baik dalam hal kemampuan kognitif.
6. Kanker
Peneliti di Cornell University telah mengidentifikasi beberapa senyawa bernama triterpenoids yang terdapat pada kulit apel. Senyawa ini diketahui mampu menghambat pertumbuhan sel kanker lever, usus besar, dan payudara. Penelitian sebelumnya menemukan bahwa ekstrak buah apel mampu menurunkan jumlah dan ukuran tumor pada tikus. Apel yang tinggi serat juga diketahui mampu menurunkan risiko kanker usus besar.
7. Diabetes
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa anita yang mengonsumsi setidaknya satu apel sehari memiliki kemungkinan 28 persen lebih sedikit untuk terkena diabetes tipe-2 dibandingkan wanita yang tidak mengonsumsi apel. Hal ini dikarenakan oleh serat pada apel yang bisa mengontrol tingkat gula darah.
Itulah beberapa manfaat mengejutkan apel bagi kesehatan. Apel adalah buah yang mudah didapatkan dan terjangkau. Jadi, tak ada salahnya mulai membiasakan diri mengonsumsi buah ini setiap hari.
Sumber : Merdeka.com

4 Fakta Ilmiah Tentang Tidur

4 Fakta Ilmiah Tentang Tidur | Choliknf1998.blogspot.com
Tidur adalah cara terbaik untuk memulihkan energi tubuh. Namun, sebagian orang kerap mengalami gangguan tidur, terutama insomnia. Efeknya, mereka akan mengalami kesulitan tidur dan bangun lebih dini. Untuk meningkatkan kualitas tidur Anda, maka kenali empat fakta ilmiah tentang tidur versi Live Science.

1. Kurang tidur hanyalah mitos
National Sleep Foundation pernah meneliti apakah benar manusia mengalami kurang tidur. Faktanya, studi itu menemukan bahwa tidak ada perubahan waktu tidur, jika dibandingkan data 40 tahun lalu.

2. Seiring dengan bertambahnya usia, kita perlu mengurangi waktu tidur
Tahun lalu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bahwa pekerjaan shift malam dapat menyebabkan masalah tidur. Sebaliknya, penelitian terbaru menunjukkan bahwa seiring dengan bertambahnya usia, manusia perlu mengurangi waktu tidur.

3. Tipe tidur
Ada beberapa tipe tidur yang harus Anda kenali, seperti tidur polyphasic, monophasic dan biphasic. Tidur polyphasic mengacu pada praktek tidur yang dilakukan lebih dari dua kali dalam sehari, sedangkan biphasic dilakukan sebanyak dua kali (siang dan malam). Terakhir, tidur monophasic dilakukan sekali dalam 24 jam, terutama saat malam.

4. Pergi tidur saat lelah
Ketika Anda merasa lelah, lekaslah pergi tidur. Itulah cara terbaik untuk memulihkan tubuh dari kelelahan. Ikuti pedoman tidur sehat di bawah ini!
  • Pergi tidur di waktu yang sama setiap malam.
  • Sisihkan cukup waktu untuk tidur minimal 7 malam setiap malam.
  • Menghindari kafein, makanan berat atau pedas, dan alkohol. Minimal empat sampai enam jam sebelum waktu tidur.
  • Memiliki kegiatan rutin yang dilakukan sebelum tidur.
  • Matikan lampu atau suara yang bisa menganggu ketika tidur.
  • Olahraga rutin setiap hari. Tetapi, jangan lakukan itu sebelum tidur.
Masalah tidur bukan hal sepele yang bisa Anda abaikan. Kurang tidur bisa menyebabkan berbagai risiko kesehatan, terutama penyakit jantung. Hindari kebiasaan begadang di malam hari!.

Selasa, 13 November 2012

8 Kota yang Penduduknya Wanita-wanita Cantik

8 Kota yang Penduduknya Wanita-wanita Cantik | Choliknf1998.blogspot.com
Saat traveling ke sebuah kota, Anda akan bertemu penduduk setempat yang cantik dan tampan. Di 8 kota ini, para traveler akan menemukan wanita-wanita yang katanya paling cantik sedunia. Kota apa saja ya?

Jangankan pria, traveler wanita seringkali terperangah melihat wanita lain yang rupawan. Eits, bukannya apa-apa, ciri khas seperti inilah yang menambah pengalaman Anda saat traveling. Tiap kota punya karakteristik penduduk masing-masing. Dari warna kulit, bentuk mata, sampai perilaku dominan.

Dari situs Travelers Today yang dikutip DetikTravel, Kamis (8/11/2012), ada 8 kota yang punya penduduk wanita paling cantik di dunia. Berteman dengan mereka, tentu saja bisa!

1. Kiev, Ukraina
Wanita-wanita Ukraina punya ciri-ciri fisik dan perilaku yang bisa bikin iri para traveler wanita. Mereka tinggi, langsing, berkulit putih, berambut pirang, dan bermata biru. Tak hanya cantik, para wanita di Kiev juga pintar. Mereka sangat ramah kepada wisatawan.

Saat musim panas, para wanita ini biasa berjemur di pesisir Laut Hitam. Mereka mengenakan bikini dan berjemur di pinggiran pantainya. Bergabung dengan mereka, boleh juga!

2. Stockholm, Swedia
Sebagai ibukota Swedia, Kota Stockholm dibanjiri wanita cantik ala Skandinavia. Mereka tinggi, cenderung kurus, berkulit putih dan sangat ramah. Para wanita Swedia juga terkenal pintar. Pokoknya saat berkunjung ke Stockholm, wanita-wanita ini akan mencuri perhatian Anda. Mereka juga senantiasa membantu saat wisatawan kebingungan arah.

3. New York, AS
New York adalah 'melting pot'. Suku bangsa dari berbagai belahan dunia berbaur di Kota Liberty ini. Tak heran populasinya juga sangat banyak. Tapi ada satu ciri khas yang melekat pada Kota New York: wanita-wanita cantiknya.

Selain cantik, wanita-wanita di New York juga stylish. Ke manapun mereka pergi, gayanya hampir selalu bak model. Anda bisa menemui mereka di Brooklyn atau Meatpacking District. Semoga dampak topan Sandy cepat rampung dan New York kembali normal ya.

4. Buenos Aires, Argentina
Situs Travelers Today mendeskripsikan Buenos Aires sebagai kota dengan wanita tercantik di Amerika Selatan. Bayangkan saja, para wanita Buenos Aires mengalahkan wanita-wanita asal Brazil, Venezuela, dan Colombia.

Tubuh mereka tinggi, berkulit gelap, dan punya selera fesyen yang tinggi. Datanglah ke Buenos Aires dan temukanlah wanita cantik untuk mengajari Anda berdansa Tango!

5. Moskow, Rusia
Wanita-wanita di Moskow hampir mirip dengan wanita di Kiev. Mereka berkulit putih bersih, tinggi, langsing, dan punya rahang kotak yang membuat wajah mereka tampak 'ningrat'. Rambut mereka pirang dan cokelat, mata mereka biru!

Perbandingan antara wanita dan pria di Moskow adalah 4:1. Bayangkan Anda berjalan-jalan di kota, dikelilingi para 'dewi' yang seperti baru turun dari khayangan! Tapi hati-hati, para wanita Moskow bisa sangat intimidatif. Namun bagi traveler wanita, mereka bisa ramah dan bisa jadi teman yang baik.

6. Tel Aviv, Israel
Tel Aviv adalah kota yang dibanjiri pria tampan dan wanita cantik. Para wanitanya berkulit cokelat, dengan mata indah yang jenaka. Bisa dibilang, Tel Aviv adalah kotanya anak muda. Kehidupan malam di sini berlangsung hingar bingar. Anak-anak muda menari di pinggir pantai, serta memenuhi klub-klub malam.

Mereka yang usianya di atas 18 tahun biasanya masuk tentara. Wanita Israel adalah wanita yang kuat dan pintar!

7. Amsterdam, Belanda
Orang Belanda terkenal dengan pemikiran yang terbuka dan selera humor yang tinggi. Sama seperti Tel Aviv, kota ini juga punya banyak 'stok' pria tampan dan wanita cantik! Cobalah susuri kanal-kanal di Amsterdam untuk mencari para wanita cantik ini. Ssst, mereka biasanya lebih tinggi 12-17 cm dari para pria lho!

8. Montreal, Kanada
Montreal di Kanada terkenal sebagai kota multikultural. Kota ini punya banyak universitas dengan mahasiswa asal berbagai negara. Tak hanya itu, mereka juga sering menggelar beragam pertunjukan di pusat budaya setempat.

Dari musik sampai teater, berbagai pertunjukan ini digelar sepanjang tahun. Jelajahilah kotanya, jangan lupa sempatkan menonton pentas budaya dan musik karya warga Montreal. Temukan wanita-wanita cantik untuk mengajari Anda bicara bahasa Prancis dengan logat seksi mereka!.

Sumber : DetikTravel

5 Mitos Cinta Paling Populer

5 Mitos Cinta Paling Populer | Choliknf1998.blogspot.com 
Mitos cinta kadang-kadang terlihat konyol dan tak masuk akal. Anehnya, masih ada saja yang percaya dengan mitos tersebut. Mengapa kita harus mempercayainya? Anda adalah orang yang bertanggung jawab atas kehidupan cinta Anda. Bukan orang lain. Berikut adalah lima mitos cinta terpopuler versi Allwomenstalk.

1. Kita hanya memiliki satu kesempatan untuk mencintai seseorang
Semua orang berhak mendapatkan kesempatan untuk mencintai seseorang. Kita tentu pernah merasakan sakit ketika diselingkuhi pasangan. Namun, akankah kita menyerah dan berhenti mencintai yang lain?

2. Sepasang kekasih tidak pernah bertengkar
Mencintai seseorang bukan berarti kita tidak akan pernah berselisih paham dengannya. Suatu hari, Anda pasti tidak sependapat dengan pemikirannya dan berdebat mengenai itu. Mungkinkah sepasang kekasih tidak pernah bertengkar sama sekali?

3. Cemburu adalah nama lain dari cinta
Cemburu mungkin bisa berarti cinta atau sebaliknya. Sikap posesif tidak dapat diartikan sebagai cinta, melainkan ego. Sebagian orang terkadang tidak bisa membedakan antara obsesi dan cinta.

4. Mengatakan "Aku cinta kamu" sesering mungkin
Anda mungkin akan terkejut jika tahu berapa banyak orang yang percaya mitos tersebut. Rasa cinta tidak harus selalu disampaikan dengan kata-kata. Namun pada kenyataannya, masih banyak orang percaya bahwa itu harus selalu dikatakan secara lisan. 

5. Cinta itu gairah dan tindakan
Cinta itu misteri yang tidak akan pernah terpecahkan. Tidak ada yang tahu dari mana cinta tumbuh dan layu. Cinta bukan hanya romantisme belaka, tetapi juga pengabdian, rasa hormat, dan kepedulian.

Percayakah Anda dengan kelima mitos cinta di atas? Ataukah Anda pernah merasakan satu di antaranya?.

Sumber : Merdeka.com

Senin, 12 November 2012

Arti Pemindahan Tali Toga Ketika Wisuda

Arti Pemindahan Tali Toga Ketika Wisuda | Choliknf1998.blogspot.com
Toga wisuda. (Sbx-osu.com).
Pemindahan tali toga saat wisuda. Ketika wisuda setiap mahasiswa pasti memakai toga. Tetapi anda semua pada tau gak mengapa pada saat wisuda itu tali toga disampirkan di kepala sebelah kiri, lalu kemudian oleh rektor dipindah ke bagian kanan.

Toga merupakan simbol yang menyatakan bahwa mahasiswa telah lulus dan siap untuk terjun ke masyarakat. Tali toga yang awalnya disampirkan di kepala sebelah kiri lalu kemudian oleh rektor dipindah ke bagian kanan.

Tali toga di sebelah kiri maksudnya adalah selama menjadi mahasiswa, bagian otak yang dipakai mahasiswa kebanyakan adalah otak kiri. Dimana otak kiri itu hanya berhubungan dengan bahasa atau hafalan. Nah, dipindahkannya tali toga dari kiri ke kanan itu dimaksudkan agar setelah lulus para sarjana tidak hanya menggunakan otak kiri, tetapi harus lebih banyak menggunakan otak kanan. Dimana otak kanan ini berhubungan dengan daya imajinasi, kreativitas, dan inovasi seseorang. Hal ini berhubungan dengan jenis pekerjaan yang harus dipilih para lulusan.

Diharapkan setelah lulus, mereka tidak hanya menggunakan otak kiri yang "hanya mengandalkan bekerja pada orang lain" namun "harus mampu berpikir kreatif, imajinatif dan inovatif" yang menggunakan otak kanan dalam menciptakan pekerjaan bagi diri mereka sendiri. Jadi,ini dimaksudkan agar para lulusan dapat berwirausaha secara baik.

Dengan demikian, marilah kita para sarjana berusaha membangun sistem wirausaha yang kuat untuk menguatkan struktur perekonomian bangsa agar lebih merata, serta mengurangi pengangguran yang merajalela di negeri kita tercinta ini.

10 Kebiasaan yang Dapat Merusak Sistem Imun

10 Kebiasaan yang Merusak Sistem Imun | Choliknf1998.blogspot.com
Ada banyak kebiasaan buruk yang tidak Anda sadari dan merusak sistem imun. Hal itu pun membuat Anda mudah terserang penyakit. Seperti apa tepatnya kebiasaan yang mampu merusak sistem kekebalan tubuh? Simak selengkapnya seperti yang dilansir dari Prevention berikut ini.
Tidak bersosialisasi
Kesibukan sering membuat Anda jarang berkumpul dengan teman. Padahal menikmati waktu libur sejenak dan menemui sahabat bisa membuat Anda merasa lebih baik. Jangan malah menghindari sosialisasi karena alasan sibuk karena kebiasaan itu bisa merusak sistem imun Anda.
Suka begadang
Jam berapa jadwal tidur Anda di malam hari? Sebaiknya jangan begadang dan penuhi kebutuhan tidur 7-9 jam per hari. Sebab suka begadang dan kurang tidur berpengaruh buruk bagi sistem kekebalan tubuh.
Mudah putus asa
Perilaku memang cukup susah diubah, terutama jika Anda adalah tipe orang yang mudah putus asa. Namun Anda harus berusaha untuk selalu berpikiran positif. Sebab apa yang ada dalam otak Anda cukup mempengaruhi sistem kekebalan tubuh.
Membiarkan masalah
Jika Anda bertengkar dengan pasangan atau teman, segera selesaikan masalah itu. Sebab membiarkan masalah berlarut-larut hanya akan membebani pikiran dan pada akhirnya merusak sistem imun secara perlahan.
Stres
Inilah salah satu pemicu utama perusak sistem kekebalan tubuh. Untuk menghindarinya, sebisa mungkin tenangkan diri sendiri ketika gejala stres sudah mulai muncul.
Meminjam barang
Lebih baik Anda memakai ponsel, pensil, dan segala barang yang sering Anda gunakan yang Anda miliki. Jangan membiasakan diri meminjam barang. Pasalnya barang tersebut adalah salah satu sarang kuman penyakit yang menganggu sistem imun Anda.
Malas berolahraga
Tidak masalah sebenarnya jika Anda tidak berolahraga. Tetapi setidaknya Anda harus aktif bergerak setiap hari. Jangan tergantung pada kendaraan bermotor saat pergi ke tempat terdekat. Lebih baik berjalan kaki demi memperkuat sistem kekebalan tubuh.
Perokok pasif
Anda mungkin tidak merokok, tetapi coba lihat sekeliling Anda. Apakah teman-teman Anda merokok? Jika iya, Anda patut waspada. Sebab menjadi perokok pasif pun mampu merusak sistem imun dalam tubuh.
Tergantung antibiotik
Antibiotik hanya berfungsi jika Anda mengalami infeksi bakteri. Pemakaiannya pun tidak boleh berlebihan. Jadi jangan sembarangan tergantung pada antibiotik atau efeknya bisa sangat buruk terhadap sistem imun.
Jarang tertawa
Apakah Anda orang yang terlalu serius dan jarang tertawa? Jika iya, berita buruk bagi Anda. Sebab jarang tertawa juga berperan dalam mempercepat kerusakan sistem imun.
Itulah kebiasaan yang merusak sistem kekebalan tubuh. Jangan sampai Anda melakukannya jika tetap ingin hidup sehat dan terhindar dari penyakit.
Sumber : Merdeka.com

7 Fakta Tentang Bintang yang Mungkin Belum Anda Ketahui

7 Fakta Tentang Bintang yang Mungkin Belum Anda Ketahui | Choliknf1998.blogspot.com
Sun, Salah satu bintang yang terdekat dengan bumi,
 sumber: Wikipedia

Langit merupakan hal yang paling menarik untuk diamati. Banyak inspirasi yang muncul dari pengamatan langit, dan manusia tidak perbah kehabisan ide untuk melakukan eksplorasi langit, setiap hari selalu saja ditemukan pengetahuan baru. Tidak akan ada habisnya ilmu pengetahuan tentang langit, mungkin selama kehidupan manusia di bumi, kita akan selalu mencari rahasia-rahasia langit yang belum terungkap.

Tentang rahasia langit dan benda-benda yang terkandung di dalamnya, ada benda langit yang paling sering diamati manusia yaitu bintang. Di semesta ini terdapat bermilyar bintang yang seperti matahari kita. Namun ukuran dan sifat-sifatnya banyak yang memiliki perbedaan dan ciri-ciri khusus. Setelah mengumpulkan dari berbagai sumber, kali ini saya punya beberapa fakta menarik tentang Bintang yang akan saya coba uraikan disini.

Fakta-fakta tersebut adalah:

1. Sebenarnya hanya sedikit sekali jumlah bintang yang dapat kita lihat dengan mata telanjang, selebihnya tidak dapat kita lihat karena jaraknya jauh dan tidak cukup cerah. Dari seluruh bintang yang terlihat ternyata berukuran lebih besar dan lebih terang dari matahari. Lebih dari 5.000 bintang memiliki cahaya yang lebih terang yaitu skala lebih dari magnitudo 6, hanya segelintir bintang yang sangat samar memiliki  ukuran yang sama dengan kecerahan matahari, sisanya semua lebih besar dan lebih cerah. Hanya 50 bintang yang paling terang yang terlihat oleh mata manusia dari Bumi, dan bintang yang paling cerah adalah bintang Alpha Centauri, 1,5 kali lebih cemerlang dari Matahari kita.

2. Bila ada yang mengatakan pada Anda bahwa ia telah menghitung jutaan bintang hanya melihat dengan mata telanjang, segeralah tinggalkan dia, karena apa yang dikatakannya itu suatu kebohongan. Faktanya, Anda tidak mungkin dapat melihat jutaan bintang di malam yang gelap sempurna sekalipun. Anda tidak dapat melihat satu juta bintang di permukaan mana saja di bumi. Pada malam yang benar-benar luar biasa cerah tanpa awan, tanpa bulan dan tanpa cahaya pengganggu sama sekali, seseorang dengan penglihatan yang sangat baik, mungkin hanya dapat melihat 2000-2500 bintang pada satu waktu.

3. Mitos warna merah dari sebuah api adalah warna area yang paling panas, ternyata salah. Warna merah merupakan suhu terendah di mana benda dipanaskan dapat bersinar dalam cahaya tampak. Bila panas terus ditingkatkan perubahan warna menjadi putih dan akhirnya menjadi biru. Jadi bintang merah yang Anda lihat di langit yang terkesan "keren" adalah bintang yang paling tidak panas, bintang-bintang biru adalah bintang yang terpanas.

4. Pada dasarnya semua bintang adalah benda hitam. Secara fisika, sebuah benda hitam adalah obyek yang menyerap 100 persen dari semua radiasi elektromagnetik (cahaya, gelombang radio dan sebagainya). Seperti sebuah oven bata dengan interior yang dicat hitam dan hanya memiliki sebuah jendela kecil. Semua cahaya yang bersinar melalui jendela diserap oleh interior oven dan tidak tercermin di luar oven. Ini adalah penyerap sempurna. Definisi ini sesuai dengan kondisi bintang yang sempurna memiliki sebuah peredam bintang yang sangat baik. Namun, jumlah energi yang diserap oleh bintang tidak sebanding dengan jumlah energi yang dipancarkan. Artinya, bintang adalah sebuah benda hitam yang bersinar dengan kecemerlangan yang besar. Dalam perbandingan terbalik terjadi pada Black hole sun, jumlah energi yang diserap adalah lebih besar, hal tersebut karena bobot bintang sangat masif.

5. Tidak ada bintang hijau, meskipun ada klaim dari pengamat bintang yang tampak hijau, termasuk Beta Librae (Zuben Eschamali). Sebagian besar pengamat tidak lah melihat hijau kecuali sebagai efek optik teleskop. Secara fisika ini dapat dijelaskan dengan teori spektrum yang melalui optik. Faktanya bahwa, bintang memiliki warna umum, dari suhu rendah ke suhu yang lebih tinggi, yaitu merah, oranye, kuning, putih dan biru. Jadi tidak ada bintang hijau.

6. Matahari adalah bintang "kerdil". Bagi kita yang terbiasa berpikir Matahari sebagai bintang "normal", mulailah berubah. Namun kabar baiknya adalah, bahwa matahari kita masih berusia muda. Secara umum ukuran bintang berdasarkan usia dimulai dari "kerdil," "raksasa" dan "super-raksasa" (supergiants). Tahapan selanjutnya adalah meluruh, supernova dan bintang mati. Jadi secara teknis, Matahari adalah bintang kerdil, yang terus mengembang.

7. Lubang hitam tidak "menghisap"? Banyak orang sering menggambarkan lubang hitam sebagai sebuah lubang yang menghisap dan memakan segala hal berada di sekitarnya. Dan itu merupakan kekhawatiran umum bagi manusia, menganggap Lubang hitam sebagai ancaman bagi keberadaan bumi nantinya bila berada terlalu dekat dengannya. Namun faktanya, untuk sejumlah alasan, lubang hitam pada umumnya tidak "mengisap." Ini bukan hanya perbedaan definisi, seperti dalam cara kerja sebuah penyedot debu, tidak sama dengan bagaimana lubang hitam menarik materi. Dalam penyedot debu, kipas menghasilkan vakum sehingga tekanan udara luar menjadi lebih besar, mendorong udara ke dalamnya, membawa bersama kotoran longgar dan debu. Dalam kasus lubang hitam, tidak ada proses hisap yang terlibat. Sebaliknya, materi ditarik ke dalam lubang hitam dengan daya tarik gravitasi yang sangat kuat. Dalam satu cara untuk memvisualisasikan itu, seperti jatuh ke dalam lubang. Gravitasi adalah kekuatan fundamental Alam dan semua materi memiliki itu. Ketika sesuatu ditarik ke dalam lubang hitam, proses ini lebih seperti ikan yang ditarik oleh pemancing. Perbedaannya mungkin terlihat sepele, tetapi dari sudut pandang fisika, hal tersebut merupakan hal yang fundamental. Jadi lubang hitam tidak mengisap.

Sumber

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More